Hukum Penggunaan Obat-obatan dari Berbagai Negara, Ketahui Sebelum Pergi

26 June 2018, at 04:00
1
0
Hukum Penggunaan Obat-obatan dari Berbagai Negara, Ketahui Sebelum Pergi

Setiap negara tak hanya memiliki budaya yang berbeda, tapi juga aturan dalam penggunaan obat-obatan. Pil atau kapsul yang biasanya kamu konsumsi di rumah kala pilek atau batuk, mungkin saja dilarang di belahan dunia lain. Itulah mengapa, penting sekali mengetahui informasi mengenai hal tersbeut sebelum menuju ke sana.  Berikut ini adalah beberapa aturan dari berbagai negara dilansir dari The Foreign and Commonwealth Office UK.

 

1. Jepang

www.chicagotribune.com

Obat-obat yang mengandung pseudoephedrine tidak boleh dibawa masuk ke Jepang. Kamu bisa ditangkap pihak keamanan jika nekat melakukannya. Pseudoephedrine sendiri adalah obat yang digunakan untuk mengobati gejala hidung tersumbat yang menyerang penderita flu atau pilek. Begitu juga dengan penyakit pernafasan lainnya.

 

2. Singapura

www.straitstimes.com

Negara tetangga Indonesia yaitu Singapura  terkenal memiliki aturan yang ketat. Beberapa di antaranya bahkan tergolong aneh menurut pandangan orang Indonesia. Bagaimana tidak, berbagai hal yang berhubungan dengan permen karet dianggap sebagai pelanggaran dan akan mendapat ganjaran yang berat. Begitu juga dengan jenis obat tidur, tablet penenang, hingga anti nyeri dosis tinggi membutuhkan perizinan khusus di Singapura. Tidak bisa dibawa masuk atau digunakan sembarangan.

 

3. Qatar

visioglobe.com

Negara Timur Tengah seperti Qatar adalah salah satu destinasi wisata yang keren untuk dikunjungi. Untuk ke sini para turis juga harus mematuhi aturan yahng berlaku. Obat-obatan dengan bahan-bahan untuk mengobati penyakit ringan seperti batuk dan pilek saja dikendalikan dengan sangat ketat. Penggunanya harus menggunakan resep dari dokter. Padahal di Indonesia, obat-obatan dengan bahan yang sama dijual bebas.

 

4. Tiongkok

www.scmp.com

Di Negeri Tirai Bambu atau Tiongkok juga tidak kalah ketat. Ada hukuman yang berat untuk siapapun yang menggunakan atau membawa obat-obatan terlarang. Untuk masuk ke negara ini dengan membawa obat-obatan pribadi harus disertai juga dengan catatan resmi dari dokter.

Itulah beberapa aturan mengenai penggunaan obat-obatan di berbagai negara. Indonesia sendiri juga menerapkan aturan mengenai hal tersebut. Salah satunya adalah obat-obatan yang mengandung kodein benar-benar ilegal. Cara membawa obat saat naik pesawat pun harus diperhatikan agar pihak keamanan tidak menganggapnya sebagai bahan berbahaya.

0 Comment