Ibu Bijak, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Menyapih Anak

17 September 2019, at 17:00
0
0
Ibu Bijak, Perhatikan 5 Hal Ini Saat Menyapih Anak

Menyusui merupakan salah satu momen emosional antara ibu dan anak. Namun, kegiatan pemberian ASI tersebut memang harus berakhir seiring bertambahnya usia si kecil.

ASI eksklusif biasanya diberikan selama 6 bulan atau sampai anak berusia 2 tahun. Setelah itu, ibu mau nggak mau harus menyapih anak agar nggak menyusu lagi.

Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan saat menyapih anak agar si kecil tetap marasa dicintai dan nggak kehilangan.

1. Sadari Bahwa Menyapih Butuh Waktu

tips menyapih anak
klikdokter.com

Salah satu yang perlu kamu perhatikan dan sadari adalah bahwa menyapih anak merupakan proses yang membutuhkan waktu. Bisa berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan tergantung pada kesiapan si kecil.

Memang nggak ada aturan pasti usia berapa yang tepat untuk menyapih anak, namun jika dirasa sudah waktunya kamu bisa memulainya secara perlahan dan bertahap. Menghentikan proses menyusui secara total dan tiba-tiba akan berdampak negatif bagi ibu dan buah hati.

Usahakan untuk mengurangi frekuensi menyusui dan berikanlah pengertian kepada anak sejak beberapa minggu sebelumnya agar nggak terkejut.

2. Pertahankan Sentuhan Fisik

ibu dan anak
shutterstock.com

Selain memperhatikan kesiapan buah hati, kamu juga harus memastikan bahwa anak nggak merasa kehilangan ibunya saat sudah nggak menyusu atau mendapatkan ASI.

Oleh sebab itu, ibu harus mempertahankan sentuhan fisik seperti memeluk, mencium, dan mencurahkan kasih sayang pada buah hati. Sehingga, nggak ada perbedaan antara sebelum dan sesudah anak disapih selain nggak lagi menyusu.

3. Kenali Kebiasaan Menyusu Anak

menyusui
medium.com

Saat menyapih anak, sangat penting bagi ibu untuk mengenali kebiasaan menyusunya. Hal ini akan sangat membantu proses tersebut lho.

Mengetahui kebiasaan atau jadwal anak biasanya menyusu akan mempermudah ibu untuk mengalihkan perhatian buah hati dengan melakukan kegiatan lain sebelum ia meminta untuk disusui.

Baca Juga: Ibu Menyusui, Lakukan Tips Ini untuk Menyimpan ASI Supaya Nggak Cepat Basi

4. Penuhi Kebutuhan Cairan dan Nutrisi Anak

mpasi
babymozart.org

Secara perlahan, ibu bisa mengganti ASI eksklusif dengan susu formula yang memiliki kandungan nutrisi penting bagi buah hati. Biasakan anak minum dari botol susu atau gelas biasa.

Selain itu, kamu juga bisa memberikan makanan pendamping atau MPASI kepada buah hati (yang sudah berusia 6 bulan atau lebih) supaya nutrisinya tetap terpenuhi meskipun sudah nggak menyusu lagi.

5. Konsisten

cara menyapih anak
ibupedia.com

Satu hal lagi yang sangat penting untuk diperhatikan oleh ibu saat sedang menyapih anak, yaitu konsistensi.

Sebagai seorang ibu, sangat wajar apabila kamu merasa kasihan dan nggak tega melihat si kecil merengek minta susu. Akan tetapi, ada baiknya jika kamu menahan perasaan tersebut dan nggak menuruti keinginannya demi kelancaran proses penyapihan.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa tips menyapih anak yang perlu kamu perhatikan. Sebenarnya nggak terlalu sulit, kan?

0 Comment