Ibu Hamil Bisa Dapatkan 8 Fasilitas yang Hampir Gratis Ini di Pelayanan Kesehatan, Sudah Tahu?

15 February 2019, at 07:00
0
0
Ibu Hamil Bisa Dapatkan 8 Fasilitas yang Hampir Gratis Ini di Pelayanan Kesehatan, Sudah Tahu?

Banyak orang, khususnya pasangan muda yang menganggap bahwa biaya yang dibutuhkan selama kehamilan hingga melahirkan sangatlah banyak. Tentunya, akan menyita dan mengurangi anggaran belanja yang biasanya.

Mulai dari periksa kehamilan, USG, vitamin, melahirkan, hingga kebutuhan bayi, semuanya membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Akan tetapi, tidak banyak orang yang tahu bahwa kamu bisa mendapatkan hal-hal tersebut dengan hampir cuma-cuma.

Baca Juga: Kamu Harus Tahu, Begini Tanda-Tanda Kehamilan

Kamu hanya akan dikenakan biaya administrasi atau pendaftaran yang tidak seberapa. Berikut ini beberapa fasilitas kesehatan untuk ibu hamil yang bisa kamu dapatkan secara hampir gratis di pelayanan kesehatan.

1. Pemeriksaan Pertama Kehamilan di Puskesmas Gratis

layanan kesehatan gratis pertama kali periksa kehamilan di puskesmas
drugcenter.com

Mungkin tidak banyak yang tahu, namun kamu bisa menjalani pemeriksaan pertama kehamilanmu di Puskesmas secara gratis. Ini merupakan solusi terbaik untuk menghemat biaya kehamilan.

Barangkali kamu hanya akan dikenai biaya pendaftaran yang hanya sekitar belasan ribu. Jangan khawatir dengan kualitasnya, ya.

Saat ini Puskesmas yang sering dianggap merupakan pelayanan kesehatan kelas bawah sudah banyak berkembang dan bisa diandalkan.

2. Buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Gratis

layanan kesehatan gratis buku kesehatan ibu dan anak
depkes.go.id

Selain pemeriksaan gratis, ibu hamil juga akan mendapatkan buku KIA sampai anak berada di Sekolah Dasar (SD). Bentuknya menyerupai buku rapor yang memuat informasi dan rekam medis perkembangan ibu dan anak.

Mulai dari mengandung, melahirkan, menyusui, hingga anak berusia SD. Di dalamnya juga terdapat beberapa panduan sederhana tentang bagaimana cara menjaga kesehatan ibu saat hamil dan menyusui.

3. Vitamin Kehamilan Gratis

layanan kesehatan gratis vitamin kehamilan
youtube.com

Bisa hemat, kamu juga akan mendapatkan berbagai vitamin kehamilan gratis. Ini merupakan salah satu program pemerintah untuk menghindari adanya kecacatan pada bayi atau ketidakwajaran pada ibu hamil.

Maka dari itu, ibu hamil harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup dan tepat dengan kebutuhan.

4. Cek Darah Gratis

layanan bpjs cek darah gratis ibu hamil
parents.com

Fasilitas lain yang bisa kamu dapatkan dengan gratis yaitu cek darah. Bayangkan batapa biaya yang akan kamu keluarkan jika fasilitas ini tidak gratis? Pasti akan lumayan banyak, kan.

Puskesmas dapat memberikan pemeriksaan darah lengkap, termasuk kadar glukosa, HB, bahkan HIV dan lain sebagainya yang terkait dengan kesehatan ibu hamil.

Baca Juga: Makanan yang Wajib Dikonsumsi Ibu Hamil Muda

5. Cek Gigi, Gizi dan Psikologi

layanan bpjs cek gigi gizi psikologi gratis ibu hamil
tourtooth.com

Selain itu, layanan gratis bagi ibu hamil lainnya adalah periksa kesehatan gigi, gizi, dan psikologi. Ketiganya sangat penting untuk kesehatan ibu hamil dan janin yang ada dikandungannya.

Apabila kamu tidak mendapatkan penawaran atas fasilitas ini, kamu bisa menanyakannya. Hal ini sangat penting untuk mengontrol gizi dan nutrisi yang akan masuk ke dalam tubuh.

6. Biskuit Tambahan Makanan Ibu Hamil

layanan bpjs makanan tambahan gratis ibu hamil
flickr.com

Selain obat-obatan, vitamin, dan pemeriksaan kesehatan, Puskesmas ternyata juga menyediakan makanan tambahan untuk ibu hamil. Berbentuk biskuit, makanan ini ternyata sangat enak untuk dikonsumsi.

Selain itu, di dalamnya terkandung gizi yang cocok untuk ibu hamil seperti asam folat dan zat besi.

7. Rujukan USG

ibu hamil rujukan usg
parents.com

Apabila terjadi sesuatu yang aneh atau terdapat indikasi tertentu pada kehamilan, kamu bisa mendapatkan rujukan USG pada dokter SPOG.

Biasanya, fasilitas ini diberikan sebanyak sekali atau lebih tergantung apa yang kamu alami. Kondisi kehamilan kembar juga bisa mendapatkan pelayanan ini.

8. Minimalisir Biaya Melahirkan dengan BPJS

ibu hamil melahirkan dengan bpjs
usatoday.com

Bagiamana pun, biaya persalinan memang tidaklah murah. Akan tetapi, kamu bisa menghemat biaya dengan menggunakan BPJS.

Dengan mengikuti prosedur rujukan yang telah ditentukan melalui faskes 1, kamu bisa mendapatkan biaya yang relatif murah pada klinik atau rumah sakit lanjutan dari faskes.

Nah, itu dia 8 fasilitas hampir gratis atau layanan kesehatan Puskesmas yang bisa ibu hamil terima. Sekarang, jangan khawatir lagi mengenai biaya dan tidak perlu takut untuk pergi ke pelayanan kesehatan Puskesmas, ya.

Bagaimana pun, kesehatan ibu hamil dan janin adalah hal yang utama.

0 Comment