Ibu Hamil Boleh Olahraga? Simak Faktanya Berikut ini!

07 October 2018, pada 01:00
0
0
Ibu Hamil Boleh Olahraga? Simak Faktanya Berikut ini!

Kehamilan adalah suatu momen yang paling dinanti-nanti oleh pasangan suami istri, terutama yang baru saja menikah, alias pengantin baru. Hal itu dikarenakan banyak yang beranggapan bahwa sebuah keluarga tidak akan sempurna tanpa hadirnya anak. Maka, tidak heran jika berbagai macam usaha dan program kehamilan akan dilakukan oleh pengantin baru agar segera dikaruniai momongan.

Setelah akhirnya kehamilan itu datang, kebanyakan wanita yang masih belum berpengalaman menjadi bingung dengan apa yang harus dilakukan. Mereka cenderung salah dalam memutuskan pilihan karena pengetahuan dan pengalaman yang minim.

Ibu Hamil Boleh Olahraga? Simak Faktanya Berikut ini!
japantimes.co.jp

Salah satu keputusan yang diambil seperti enggan berolahraga dan lebih memilih beristirahat di rumah. Hal tersebut mereka lakukan karena sering mendengar mitos bahwa jika olahraga ataupun melakukan aktivitas berat bisa membahayakan bagi bayi yang dikandungnya, alias keguguran.

Padahal anggapan itu tidak sepenuhnya benar dan tidak bisa ditelan mentah-mentah. Jangan mengira kalau lagi hamil itu tidak bisa melakukan aktivitas apapun. Justru tanpa beraktivitas, malah akan membuat kondisi tubuh menjadi tidak sehat yang akhirnya akan berimbas pada bayi yang sedang di kandung.

Nah, agar lebih jelas, simak fakta-fakta tentang kehamilan di bawah ini yuk!

Baca juga : Tanda Kehamilan Muda, Jangan Jangan Kamu Merasakannya?

1. Jangan Hanya Diam Saja

Ibu Hamil Boleh Olahraga? Simak Faktanya Berikut ini!
orami.co.id

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah jangan pernah berdiam diri saja di rumah atau bermalas-malasan di atas kasur. Memang benar, saat sedang hamil, seorang wanita akan menjadi lebih lemas dan mengalami ketidakstabilan emosi sehingga membuatnya menjadi ingin istirahat terus. Namun, banyak pakar yang menganjurkan untuk tetap aktif bergerak, walau hanya berjalan kaki atau membereskan rumah.

2. Perhatikan Olahraga yang Dipilih

Ibu Hamil Boleh Olahraga? Simak Faktanya Berikut ini!
abbottnutrition.com.my

Olahraga memang boleh dan cukup dianjurkan untuk setiap wanita hamil. Namun, kendati demikian, kamu harus tetap memerhatikan jenis olahraga yang dipilih. Pastikan bahwa kamu memilih olahraga yang ringan-ringan saja, jangan yang terlalu berat dan membuat tubuh sangat lelah. Adapun beberapa jenis olahraga ringan tersebut seperti berjalan kaki, senam, dan gerakan peregangan lainnya yang tidak memerlukan banyak tenaga.

3. Gunakan Pakaian yang Sesuai

Ibu Hamil Boleh Olahraga? Simak Faktanya Berikut ini!
blog.fitnesia.com

Berolahraga bagi wanita hamil memang susah-susah gampang. Dikatakan susah karena ruang gerak terbatas, dikatakan gampang karena olahraga yang dilakukan tidak terlalu berat. Namun, kesalahan yang sering dilakukan adalah salah memilih kostum. Padahal, penting bagi wanita hamil untuk mengenakan kostum yang sesuai saat olahraga. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi tekanan pada perut ataupun membatasi gerak.

4. Perbaiki Nutrisi Setelah Olahraga

Ibu Hamil Boleh Olahraga? Simak Faktanya Berikut ini!
brooksidebabies.com

Olahraga adalah sebuah aktivitas kebugaran yang akan menguras energi serta cairan di dalam tubuhmu. Hal ini mungkin terdengar biasa saja bagi kebanyakan orang, namun berbeda kondisi bagi wanita hamil. Sebab, ketika cadangan energi dan cairan sampai terkuras, akan berdampak kurang baik pada bayi yang sedang dikandung. Untuk itu perbaiki nutrisi dan perbanyak minum air putih setelah berolahraga.

5. Perhatikan Usia Kandungan

Ibu Hamil Boleh Olahraga? Simak Faktanya Berikut ini!
telegrafi.com

Selanjutnya, kamu harus memerhatikan usia kandungan. Olahraga dianjurkan bagi usia kehamilan tri semester pertama. Dengan bertambahnya usia kandungan, maka intensitasnya semakin dikurangi pula. Ketika kamu merasa bahwa tubuh semakin berat karena usia kandungan bertambah, maka kamu harus mengurangi intensitas olahraga agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

6. Yoga Adalah Pilihan Terbaik

Ibu Hamil Boleh Olahraga? Simak Faktanya Berikut ini!
ibudanmama.com

Dari sekian banyak olahraga yang bisa kamu lakukan, ternyata ada satu jenis olahraga yang diklaim menjadi pilihan terbaik, yaitu yoga. Olahraga yang satu ini tidak hanya bisa membuat fisik bugar, tapi juga bisa menstabilkan emosi, mengingat wanita hamil akan mengalami gangguan emosional. Jadi, dampak baik itu juga akan berpengaruh pada perkembangan bayi yang dikandung.

Itulah seputar fakta olahraga tentang wanita yang sedang hamil. Jadi, mulai sekarang kamu tidak perlu takut lagi, ya!

0 Komentar