Ibu Menyusui Berpuasa Sebabkan Diare Hingga Demam pada Bayi? Ini Faktanya

28 May 2019, at 00:00
0
0
Ibu Menyusui Berpuasa Sebabkan Diare Hingga Demam pada Bayi? Ini Faktanya

Perempuan yang sedang menyusui biasanya ragu untuk ikut menjalankan ibadah puasa. Pasalnya, saat berpuasa mereka akan cenderung kehilangan banyak cairan tubuh karena pola makan dan tidur yang berubah.

Selain itu, banyaknya kasus tentang bayi yang demam, diare, atau mengalami sakit yang lainnya hingga beberapa harus dilarikan ke rumah sakit karena ibunya berpuasa juga membuatmu semakin ragu untuk melakukannya, kan?

Namun, benarkah hal tersebut akan terjadi? Apakah ibu menyusui yang berpuasa dapat berdampak buruk bagi kesehatan si kecil?

Baca Juga: Ibu Muda Wajib Tahu, Begini Cara Memperbanyak ASI untuk Buah Hati

Memasuki minggu ke empat bulan Ramadan, kamu yang merupakan ibu menyusui tentu saja telah mencoba berpuasa dan membuktikan sendiri apa yang terjadi terhadap bayi.

bayi
honestdocs.id

Mungkin di antara kamu ada yang bayinya jatuh sakit, akan tetapi ada juga yang tetap sehat meskipun ibu menjalankan ibadah puasa.

Lalu, apa yang membuat hasilnya berbeda pada masing-masing bayi? Mengapa ada bayi yang tetap sehat, mengalami demam, diare, dan lain sebagainya?

Berikut ini fakta tentang ibu menyusui yang berpuasa serta hubungannya dengan kesehatan bayi yang wajib kamu ketahui.

ibu dan bayi
awalbros.com
  • Puasa nggak mengubah kualitas dan kuantitas ASI

Pada kenyatannya, puasa nggak akan mengubah kualitas serta kuantitas ASI yang diproduksi oleh ibu menyusui. Adapun jika kandungan gizi ASI berubah, hal tersebut bukanlah sesuatu yang signifikan dan berdampak pada buah hati.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa saat berpuasa, tubuh ibu menyusui akan menyesuaikan pola metabolisme sehingga tetap bisa memproduksi ASI dengan kualitas terbaik dan bergizi tinggi.

ibu menyusui
centredailytimes.org

Ibu menyusui juga nggak perlu khawatir bayi akan mengalami penurunan berat badan karena sebuah penelitian sudah membuktikan dan menyebutkan bahwa hal tersebut nggak berhubungan.

Oleh sebab itu, berpuasa pada saat menyusui dapat dikatakan aman untuk bayi dan ibunya. Dokter mengatakan bahwa si kecil bisa sakit bukan karena ibunya berpuasa, melainkan asupan makanan yang salah saat dikonsumsi.

Baca Juga: Awas! Kebiasaan Buruk Ini Bisa Turunkan Produksi ASI-mu Lho!

Misalnya, bayi bisa mengalami diare karena ibu menyusui mengonsumsi sesuatu yang mengandung kafein atau bergas ketika berbuka dan sahur.

Intinya, selama ibu menyusui mengonsumsi makanan yang bergizi, maka kesehatan bayi nggak akan terusik karena berpuasa.

  • Tips menyusui saat berpuasa

makan sehat
purelyinspired.com

Meskipun berpuasa aman bagi ibu dan bayi, namun kamu tetap perlu memerhatikan 2 hal, yaitu menjaga asupan gizi saat berbuka dan sahur serta mencegah dehidrasi.

Seperti yang telah dikatakan di atas, makanan yang dikonsumsi oleh ibu menyusuilah yang berpengaruh pada kesehatan si kecil. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga asupan nutrisi ketika sedang berpuasa.

minum air
besthealthmag.ca

Sedangkan mencegah tubuh agar nggak dehidrasi juga sangat penting untuk dilakukan karena hal tersebut bisa berbahaya bagi ibu yang menyusui.

Oleh sebab itu, apabila merasa pusing, lemas, mulut kering, dan lain sebagainya silakan segera membatalkan puasa untuk menghindari sesuatu yang nggak diinginkan.

Baca Juga: Nggak Cuma Menjalakan Ibadah Saja, Begini Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Jadi, berpuasa saat menyusui sebenarnya nggak menyebabkan diare atau demam pada bayi ya Sobat Qupas. Asalkan kamu memerhatikan asupan gizi dari makanan yang dikonsumsi dan tetap menerapkan pola hidup sehat.

Maka, kamu nggak perlu ragu lagi untuk berpuasa. Tetapi kamu juga nggak boleh memaksakan diri ya!

0 Comment