Ibu Menyusui, Lakukan Tips Ini untuk Menyimpan ASI Supaya Nggak Cepat Basi

04 September 2019, at 17:00
0
0
Ibu Menyusui, Lakukan Tips Ini untuk Menyimpan ASI Supaya Nggak Cepat Basi

ASI atau air susu ibu merupakan sumber nutrisi utama yang sangat dibutuhkan oleh bayi. Maka dari itu, kualitas ASI harus selalu dijaga demi keamanan dan kebaikan buah hati.

Akan tetapi, pekerjaan dan beberapa alasan lain terkadang membuat ibu nggak bisa menyusui secara langsung sehingga harus memerahnya terlebih dahulu dalam wadah-wadah sebagai cadangan.

Buat kamu yang juga sering melakukan hal tersebut, berikut ini beberapa tips menyimpan ASI supaya kualitasnya tetap terjaga dan nggak cepat basi.

1. Pastikan Tangan Bersih Saat Memompa ASI

mencuci tangan
shutterstock.com

Dilansir dari Babycenter, salah satu hal yang harus dilakukan sebelum memompa ASI adalah memastikan bahwa tangan dalam keadaan bersih.

Cucilah tangan terlebih dahulu menggunakan sabun dan air mengalir sampai tuntas untuk mencegah kontaminasi bakteri dan kotoran ke dalam ASI yang akan disimpan.

Selain dapat membuat ASI jadi lebih cepat basi, bakteri dan kotoran tersebut juga berpotensi menyebabkan masalah kesehatan pada si kecil lho.

2. Sterilkan Pompa ASI Sebelum Digunakan

pompa asi
litlestuff.com

Nggak hanya memastikan tangan dalam keadaan bersih, kamu juga perlu mensterilkan pompa ASI sebelum digunakan. Alasannya sama, yaitu mencegah bakteri dan kotoran mengontaminasi makanan utama buah hati.

Maka dari itu, pastikan bahwa kamu selalu mencuci dan mensterilkan pompa ASI menggunakan alat sterilisasi sebelum menggunakannya.

3. Simpan ASI dalam Wadah Kedap Udara yang Sudah Disterilkan

tips menyimpan asi
vitasi.net

Untuk menjaga kualitas ASI setelah dipompa, kamu perlu menempatkannya di wadah yang juga bersih dan steril ya.

Selain itu, pastikan bahwa wadah yang kamu gunakan cukup keras dan bisa tertutup dengan rapat alias kedap udara.

Baca Juga: Benarkah Nonton Drama Korea Bisa Tingkatkan Produksi ASI?

4. Simpan ASI di Lemari Pendingin atau Freezer

menyimpan asi
hellosehat.com

Tips menyimpan ASI yang satu ini pasti sudah kamu ketahui kan? Iya, salah satu yang perlu kamu lakukan untuk menjaga kualitas makanan utamai si kecil tersebut adalah dengan memasukkannya ke dalam lemari pendingin atau freezer.

ASI bisa bertahan tiga sampai empat jam apabila diletakkan pada ruangan yang sejuk (suhu di bawah 25 derajat celcius), bisa bertahan selama tiga sampai delapan hari apabila disimpan di kulkas bagian dalam, dan bisa sampai tiga bulan jika dimasukkan ke dalam freezer.

5. Tandai ASI Sesuai dengan Waktu Memompa

memompa asi
hellosehat.com

Sati lagi tips menyimpan ASI yang perlu kamu perhatikan, yaitu memberi tanda terkait kapan ASI tersebut dipompa pada masing-masing wadah.

Hal tersebut akan membuat ibu menyusui lebih mudah untuk memilih ASI yang akan diberikan terlebih dahulu kepada buah hati.

Setelah menerapkan 5 tips di atas, semoga Sobat Qupas nggak lagi khawatir dengan kualitas ASI yang telah dipompa ya!

0 Comment