Ibu Muda Harus Tahu, Begini Cara Memperbanyak ASI Ekslusif untuk Si Buah Hati

08 February 2019, pada 05:00
0
0
Ibu Muda Harus Tahu, Begini Cara Memperbanyak ASI Ekslusif untuk Si Buah Hati

Semua orang tentu menginginkan yang terbaik untuk buah hatinya. Salah satunya yaitu dengan memberikan ASI ekslusif bagi anak mereka.

Namun sayangnya, tidak semua ibu bisa memproduksi air susu yang banyak setelah melahirkan. Produksi ASI yang tidak lancar ini merupakan masalah utama ibu menyusui.

Banyak diantara mereka yang lantas putus asa dan memberikan susu formula pada anaknya. Padahal, cairan apapun tidak ada yang bisa menggantikan ASI bagi si kecil.

Baca Juga: Hati-Hati, Kebiasaan Berikut Ini Bisa Turunkan Produksi ASI

Mungkin belum banyak yang tahu, tetapi ada cara memperbanyak ASI yang bisa kamu lakukan untuk mencukupi kebutuhan bayi, seperti berikut ini.

1. Belajar Memompa ASI

belajar memompa asi cara memperbanyak asi
momma.id

Menjadi orang tua baru tentunya tidak semudah yang dibayangkan. Akan ada banyak kendala yang membuatmu kesulitan, termasuk ketika memberikan susu kepada anak.

Tidak semua ibu memiliki produksi susu yang bisa memenuhi ASI ekslusif bagi si buah hati.

Maka dari itu, kamu perlu belajar cara pompa ASI untuk mencukupi kebutuhan bayi. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk memperbanyak jumlah air susu ibu yang dikeluarkan.

Memompa ASI akan memberikan rangsangan dan stimulasi serta membantu mengosongkan payudara agar bisa memproduksi ASI kembali.

2. Mencoba Posisi Menyusui yang Benar

asi eksklusif mencoba posisi menyusui yang benar
orami.co.id

Ibu-ibu baru mungkin sedikit canggung ketika menyusui anaknya. Selain itu, hal tersebut juga akan menimbulkan rasa sakit di payudara.

Inilah yang membuat sebagian orang memilih beralih ke susu formula untuk sementara sembari menunggu luka sembuh.

Kondisi ini kemudian menyebabkan berkurangnya produksi ASI. Kamu bisa mencoba mengatur posisi menyusui yang baik dan benar untuk mengurangi rasa sakit.

Ada beberapa posisi yang bisa kamu terapkan, yaitu reclining (menyusui sambil rebahan), cradding (menyusui sambil menopang bayi dengan lengan), cluth (menopang bayi di bawah lengan), lying down (berbaring dan saling berhadapan).

3. Memberi ASI Terus Menerus

air susu ibu memberi asi terus menerus
hellosehat.com

Beberapa waktu setelah anak lahir ke dunia, pemberian ASI tidak dapat ditentukan secara teratur. Kamu harus selalu siap siaga apabila si kecil membutuhkannya.

Jika tidak, kamu bisa memberikan air susu ibu tersebut setiap 2 sampai 3 jam sekali. Bayi yang baru lahir perlu minum susu sebanyak 8 sampai 12 kali dalam sehari.

Memberi ASI terus menerus kepada bayi akan meningkatkan jumlah produksinya. Ini disebabkan oleh hormon prilaktin yang menstilmulasi saat terus menyusui.

4. Tidur dengan Cukup

cara menyimpan asi tidur dengan cukup
microdental.com

Tidur dengan cukup merupakan salah satu cara meperbanyak ASI yang bisa kamu terapkan. Meskipun biasanya orang tua baru akan kesulitan karena buah hati yang rewel.

Namun kurang tidur akan membuat produksi ASI berkurang. Kamu harus mempergunakan waktu dengan sebaik-baiknya agar bisa cukup tidur dan beristirahat.

Kurangi kegiatan yang tidak perlu karena kesehatan bayi adalah yang nomor satu.

Baca Juga: Bunda, Jaga Kesehatan Bayi dengan Menghindari Beberapa Penyebab Pilek Ini

5. Banyak Minum Air Mineral

makanan pelancar asi banyak minum air mineral
healthline.com

Untuk memenuhi kebutuhan susu si kecil, ibu juga tidak boleh kekurangan cairan tubuh. Itulah sebabnya banyak minum air mineral merupakan salah satu cara memperbanyak ASI.

Tidak hanya air mineral, jus tanpa gula, buah-buahan dan sayur-sayuran juga merupakan makanan pelancar ASI. Sebaiknya hindari minuman yang mengandung kafein atau bahan kimia karena akan berdampak pada anak.

6. Hindari Gaya Hidup Tak Sehat

manfaat asi hindari gaya hidup tak sehat
pexels.com/@megan-forbes-347998

Mengingat manfaat ASI yang luar biasa bagi si buah hati, kamu harus menghindari gaya hidup tidak sehat. Kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi alkohol sebaiknya dihentikan terlebih dahulu selama menyusui.

Kedua hal tersebut akan berpengaruh pada produksi ASI dan kesehatan bayi jika terus-menerus dilakukan.

7. Menghindari Stres

kandungan asi menghindari stres
pexels.com/@katlovessteve

Produksi air susu ibu yang sedikit bisa membuat ibu muda mengkhawatirkan si jabang bayi yang bisa saja tidak merasakan manfaat kandungan ASI dengan maksimal.

Hal ini akan membuatmu bingung dan mengalami stres berkepanjangan. Kondisi tersebut tidak akan memperbaiki keadaan, justru akan membuat jumlah keluarnya ASI semakin berkurang.

Apabila terlalu stres dan banyak yang dikerjakan, sebaiknya mintalah bantuan pasangan untuk meringankan beban. Kelola kesehatan mental dan fisikmu dengan baik untuk kebaikan si buah hati.

8. Kompres Payudara

pompa asi kompres payudara
littlebossworld.com

Memberikan ASI ekslusif kepada buah hati merupakan impian semua wanita. Namun, terkadang payudara bisa terasa keras dan tidak bisa mengeluarkan air susu.

Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa memijatnya dan mengompresnya. Pijatlah mulai dari bagian tengah lalu ke atas mengelilingi payudara. Setelah itu kamu bisa mengompresnya dengan kain hangat selama 2 menit.

Baca Juga: Awas Ini Penyebab Bayi Lahir Telat

Itulah beberapa cara memperbanyak ASI yang bisa kamu terapkan di rumah. Menjaga kesehatan dengan menerapkan pola hidup sehat akan membantu melancarkan produksi ASImu.

Jangan terburu-buru memberikan susu formula pada si kecil, coba dulu cara-cara tersebut.

Untuk tips dan informasi kesehatan lainnya, kamu bisa mengunduh aplikasi Qupas melalui Google Play Store atau Apple App Store secara gratis.

0 Komentar