Qupas Food

Ikan dan 4 Bahan Makanan ini Seharusnya Nggak Dimasak dengan Cara Dibakar lho!

07 September 2020, at 04:02
Ikan dan 4 Bahan Makanan ini Seharusnya Nggak Dimasak dengan Cara Dibakar lho!

Seperti yang kita tahu, ada banyak cara memasak yang bisa dilakukan untuk mengolah bahan masakan. Salah satunya adalah dibakar.

Ada beberapa bahan yang memang lebih enak kalau diolah dengan cara dibakar. Misalnya saja, daging ayam atau daging sapi.

Tapi, sobat Qupas tahu nggak sih kalau ternyata ada beberapa bahan makanan yang seharusnya nggak dibakar biar nggak kehilangan kenikmatan rasa. Kira-kira bahan makanan apa saja ya?

1. Ikan

Membakar Ikan (Foto: rachaelraymag.com)
rachaelraymag.com

Beberapa jenis ikan memang lebih enak kalau dibakar, seperti jenis ikan gurame, bawal, dan kakap. Tapi, pastikan kulit ikan nggak menempel pada besi panggangan.

Pasalnya kalau menempel, bukan hanya kulit ikan saja yang hancur tapi juga daging ikan yang ikut hancur sebelum disantap. Untuk mencegah kulit ikan menempel, olesi kulit ikan dengan air perasan lemon.

2. Sayuran Hijau

Membakar Sayuran Hijau (Foto: shopee.co.id)
shopee.co.id

Menikmati selada dalam hidangan salad memang sudah biasa. Tapi ada cara lain menikmati selada yaitu dengan cara dibakar.

Ada menu bernama Grilled Romaine Lettuce yang menyajikan selada bakar di atas piring saji. Selada jenis ini memang enak untuk dibakar.

Namun, menurut salah satu executive chef di Avena Downtowm, New York, orang-orang banyak membakar sayuran hijau seperti selada Boston, daun merah, dan daun hijau yang mengandung banyak air sehingga sayur justru lebih mudah layu.

Baca juga: 5 Tips Menghilangkan Pasir dalam Kerang Ini Bikin Masak jadi Nggak Repot Lagi

3. Hati Ayam

Membakar Hati Ayam (Foto: youtube.com/andasukafood)
youtube.com/andasukafood

Biasanya hati ayam memang disajikan untuk isian sate daging. Tapi biasanya ada menu sate khusus yang berisikan hati ayam saja.

Hati ayam memiliki tekstur yang basah sehingga lebih cepat gosong kalau dibakar. Tentu saja, hati ayam yang gosong bisa memicu adanya penyakit kolesterol dalam tubuh.

Sebaiknya olah hati ayam dengan cara lainnya, seperti ditumis agar lebih sehat.  

4. Udang Kupas

Membakar Udang Kupas (Foto: thedailymeal.com)
thedailymeal.com

Buat kamu yang suka mengadakan pesta BBQ di rumah, sebaiknya ganti menu sate udang kupas dengan bahan makanan yang lebih sehat lainnya ya.

Alasannya, membakar udang yang sudah dihilangkan kulit dan cangkangnya ini ternyata rentan membuat daging udang menjadi cepat mengering.

5. Bacon

Membakar Bacon (Foto: johnsonssausage.com)
johnsonssausage.com

Bacon biasanya dijadikan isian sandwich dengan irisan tomat dan selada. Tapi, jangan coba-coba untuk membakar daging tipis ini ya.

Sebab, daging bacon bisa mengeluarkan minyak dan memicu api menjadi lebih besar jika dimasak dengan cara dibakar.

Agar makanan yang kamu masak terasa lebih nikmat, lebih baik olah kelima bahan di atas itu dengan cara lain ya. Kamu bisa menikmati hidangan dengan bahan-bahan tersebut dengan cara memasak yang tepat.