Ikut Les atau Kursus Sejak Kecil, Baikkah untuk Perkembangan Anak?

23 September 2019, at 15:00
0
0
Ikut Les atau Kursus Sejak Kecil, Baikkah untuk Perkembangan Anak?

Setiap orang tua pasti ingin memberikan yang terbaik bagi anaknya. Hal tersebut dapat diwujudkan dengan berbagai cara, termasuk mendaftarkan si kecil untuk kursus atau les sejak dini.

Orang tua mungkin bermaksud untuk memfasilitasi atau mengembangkan kemampuan anak sejak kecil, namun benarkah hal tersebut baik untuknya atau adakah dampak negatif bagi perkembangannya? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Waktu yang Tepat untuk Mendaftarkan Anak Les atau Kursus

anak main piano
istockphoto.com

Sebenarnya, nggak ada patokan waktu yang jelas atau ideal bagi anak untuk mulai mengikuti les atau kursus. Sehingga, orang tua boleh saja mengikutkan anak pada kegiatan tambahan tersebut sejak kecil.

Akan tetapi, sebaiknya les atau kursus diseimbangkan dengan usia dan kemampuan anak. Jangan memberikan kegiatan yang terlalu berat bagi anak usia dini di bawah 6 tahun karena masih ada di tahap perkembangan motorik dan kognitif yang membutuhkan waktu bermain lebih.

2. Apa yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Mendaftarkan Anak Les atau Kursus?

perkembangan anak
flickr.com

Pada dasarnya, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan oleh orang tua sebelum mendaftarkan anaknya pada les atau kursus tertentu seperti berikut.

  • Kesiapan anak

Orang tua perlu memastikan bahwa anak memang sudah siap mendapatkan kegiatan tambahan di luar jam sekolah (apabila sudah sekolah), baik secara fisik maupun mental. Usahakan untuk nggak memaksakan anak apabila ia menolak.

anak balet
istockphoto.com
  • Tujuan Les atau Kursus

Selain kesiapan anak, hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah tujuan dari les atau kursus tersebut. Apabila nggak memiliki banyak dampak positif pada si kecil dan justru membuat waktunya banyak terbuang, sebaiknya jangan dilanjutkan.

  • Minat dan Bakat

Orang tua juga perlu mempertimbangkan apakah kursus atau les yang akan diikuti oleh si kecil sudah sesuai dengan minat dan bakatnya sehingga menjadi kegiatan yang menyenangkan.

3. Manfaat Les atau Kursus untuk Anak

manfaat les atau kursus
trulia.com

Mengikutikan buah hati pada les atau kursus memang memiliki banyak manfaat, terutama jika kegiatan tambahan tersebut sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak.

Apabila anak mengikuti les atau kursus yang berhubungan dengan pelajarannya di sekolah, maka kegiatan tersebut akan membantu si kecil untuk lebih memahami dan mendalami materi.

Sedangkan apabila buah hati mengikuti kursus atau les yang nggak berhubungan dengan pelajaran sekolah, maka hal tersebut akan membantunya menggali minat sejak dini dan mengembangkannya.

Baca Juga: Kenali Macam-macam Gaya Belajar Anak Agar Bisa Diarahkan dengan Tepat

4. Adakah Dampak Negatif Bagi Perkembangannya?

anak bermain
todaysparent.com

Lantas, adakah dampak negatif mengikutkan anak dalam berbagai les atau kursus sejak kecil? Apakah hal tersebut berpengaruh pada perkembangannya?

Dampak negatif bisa saja muncul pada anak apabila ia sebenarnya nggak siap dan kursus atau les yang diikuti nggak sesuai dengan usia serta minatnya.

anak marah
shutterstock.com

Pada usia balita, anak masih membutuhkan banyak waktu untuk bermain sehingga mengikutkannya pada les atau kursus tertentu (yang nggak sesuai dengan usianya) bisa saja mengurangi waktu bermainnya sehingga stimulasi fisik menjadi kurang maksimal.

Selain itu, mengikutkan anak dalam kursus atau les sejak kecil juga bisa membuat anak mudah lelah, kurang bersosialisasi dengan temannya sehingga sulit mengolah emosi, dan merasa tertekan karena terlalu banyak kegiatan.

5. Cara Memaksimalkan Bakat Anak Tanpa Les atau Kursus

anak bermain cat
freepik.es

Selain mengikutkan buah hati pada kegiatan tambahan seperti kursus dan les, orang tua bisa memaksimalkan bakat anak di rumah lho.

Cobalah untuk menggali lebih dalam apa yang anak suka dan buatlah kegiatan menarik yang berhubungan dengan hal tersebut. Misalnya, menonton film kartun tentang balerina apabila si kecil hobi menari, membelikan cat air dan kanvas apabila ia suka menggambar, dan lain sebagainya.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang perlu kamu ketahui sebelum mendaftarkan anak untuk les atau kursus di usianya yang masih kecil.

0 Comment