Indah dan Sakralnya Kelabba Maja di NTT, Secantik Bukit Warna-warni Zhangye Danxia China!

25 July 2019, at 11:00
0
0
Indah dan Sakralnya Kelabba Maja di NTT, Secantik Bukit Warna-warni Zhangye Danxia China!

Keindahan alam Indonesia memang nggak ada habisnya. Mulai dari pantai, laut, ait terjun, danau, hutan, gunung, tebing, dan lain sebagainya.

Tuhan seolah menciptakan lukisan sempurna yang siap membuat mata siapa saja terpana karena keindahan alam Indonesia.

Salah satu yang terbaik adalah Kelabba Maja, sepotong surga tersembunyi yang masih jarang diketahui namun menyimpan banyak keindahan seperti berikut ini.

Baca Juga: Bumi Pelangi Jalaksana, Wisata Baru di Kuningan yang Eksotis

1. Serupa dengan Zhangye Danxia di China dan Painted Hills di Oregon

keindahan kelebba maja
instagram.com/tiyyak_

Melihat Kelabba Maja mungkin mengingatkanmu pada bukit warna-warni di Zhangye Danxia (Zhangye National Geoprak) di China atau Painted Hills di Oregon.

Perbukitan dengan tebing-tebing tinggi tersebut seolah menjadi kanvas yang disapu dengan kuas dan cat berbagai warna oleh Tuhan.

kelebba maja
instagram.com/novemlawalata

Pemandangan geomorfologis petrografis yang unik tersebut terbentuk secara alami sejak jutaan tahun lalu. Hal tersebut menyebabkan terbentuknya berbagai jenis batu dengan beberapa lapisan.

Pesona yang tak terbantahkan tersebut membuat Kelabba Maja menyabet penghargaan dari Anugerah Pesona Indonesia (API) dalam kategori Surga Tersembunyi pada tahun 2018 lalu.

2. Batu Keseimbangan

batu keseimbangan
instagram.com/triadi.dju

Saat datang ke objek wisata unik ini, kamu nggak hanya akan terpesona dengan tebingnya yang warna-warni, namun juga beberapa batu keseimbangan yang membuat tempat tersebut semakin magis dan artistik.

Menurut warga sekitar, batu keseimbangan yang berdiri kokoh di pucuk tebing yang meruncing tersebut merupakan perlambangan dari ayah, ibu, dan anak.

3. Tempat yang Sakral

sakralnya kelabba maja
instagram.com/agathanovell

Selain itu, keindahan alam yang luar biasa membuat masyarakat setempat terutama warga Desa Gelanalalu menganggap bahwa Kelabba Maja merupakan tanah suci atau tempat tinggal Dewa Maja.

Di sana kamu juga bisa menemukan batu yang digunakan sebagai altar pemujaan bagi sang dewa. Ritual adat tersebut berupa penyembelihan hewan kurban sebagai permohonan perlindungan yang dilakukan setiap tahunnya.

Oleh sebab itu, seperti halnya tempat-tempat wisata alam dan sakral lainnya pengunjung dilarang melontarkan kata-kata kotor demi kenyamanan dan keamanan bersama.

Baca Juga: Hilangkan Stres dengan Berendam di Celebes Canyon, Bikin Nggak Mau Pulang!

4. Masih Sangat Alami

alaminya kelabba maja
instagram.com/novemlawalata

Meskipun sudah pernah mendapatkan penghargaan, namun pengunjung Kelabba Maja masih belum sebanyak objek wisata populer lainnya. Oleh sebab itu, kondisi alam tempat tersebut masih sangat asli dan belum terjamah oleh tangan manusia.

Selain itu, kondisi alami Kelabba Maja juga sangat dijaga dan dipertahankan oleh warga sekitar yang menganggapnya sakral.

5. Cara ke Kelabba Maja

rute ke kelabba maja
instagram.com/ru_dimu

Lokasi Kelabba Maja tepatnya berada di Pulau Sabu, Kecamatan Hawu Mehara, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur.

Bagi kamu yang ingin liburan di Kelabba Maja, perjalanan dimulai melulai dengan akses pesawat ke Kupang. Kemudian dilanjutkan dengan pesawat kecil atau kapal laut ke Pulau Sabu bagian Barat yang merupakan pusat keramaian di sana.

cara ke kelabba maja
instagram.com/fahri_frpotret

Setelah itu, kamu masih harus menempuh perjalanan dengan akses yang nggak mudah dengan cara menyewa mobil atau motor. Usahakan untuk meminta bantuan pemandu agar lebih mudah.

Meskipun cukup panjang dan melelahkan, namun semua hal tersebut akan terbayar saat kamu melihat pemandangan indah di Kelabba Maja kok!

Setelah mengetahui tentang keindahan sepotong surga tersembunyi di NTT ini, Sobat Qupas yakin nggak ingin mengunjunginya?

0 Comment