Indahnya Air Terjun Tukad Cepung, Wisata Bali yang Tersembunyi di Balik Gua

28 April 2019, at 16:00
0
0
Indahnya Air Terjun Tukad Cepung, Wisata Bali yang Tersembunyi di Balik Gua

Bukan cuma pantai, air terjun di Bali juga selalu sukses memesona para turis. Seperti wisata Tukad Cepung Waterfall atau Air Terjun Tukad Cepung yang ada di Kabupaten Bangli.

Sebagian mungkin sudah tahu, tapi banyak juga yang belum tahu tentang wisata cantik di Bali ini. Nah, untuk kamu yang masih dengan destinasi ini atau baru pertama kali ke Bali, yuk simak info dari Qupas berikut!

Baca juga: Air Terjun di Bali Ini Tersembunyi dan Jadi Favoritnya Bule!

1. Wisata Unik di Bali

tukad cepung waterfall bali
instagram.com/santyocta

Salah satu yang menarik dari air terjun di Bali ini adalah letaknya yang tersembunyi di balik bebatuan menyerupai gua. Bosan dengan keriuhan kota? Maka tempat ini juga cocok untuk dijadikan destinasi pilihanmu untuk liburan.

Menariknya lagi, kamu juga akan disambut oleh beberapa pemuda. Mereka ini nanti akan melakukan Upacara Mesirat, yakni memberi percikan air suci sebelum memasuki lokasi wisata. Tujuannya untuk pembersihan diri.

2. Air Terjun Bali Favoritnya Petualang

tukad cepung waterfall
instagram.com/persepro89

Memang nggak mudah untuk mencapai Air Terjun tukad Cepung. Lokasinya tersembunyi dikelilingi tebing bebatuan, belum lagi aksesnya juga sedikit sulit.

Kamu perlu menyelinap di antara bebatuan mirip gua supaya bisa sampai di lokasi air terjun. Belum lagi ada jalanan berundak ke bawah yang harus kamu lewati.

air terjun tukad cepung bali
instagram.com/jarresingh

Tapi tenang, pemuda-pemuda yang tadinya melakukan Upacara Mesirat akan memandumu menyusuri anak tangga tersebut.

Sepanjang perjalanan pun kamu akan disuguhi pemandangan alam hijau karena banyak pohon tumbuh di sana. Inilah yang akan meminimalisir rasa lelahmu karena menempuh perjalanan panjang.

Baca juga: Liburan ke Bali Timur? Yuk Mampir ke Wisata-wisata yang Masih Sepi Ini!

3. Wisata Gratis di Bali

air terjun tukad cepung bangli
instagram.com/donzsy

Kabar baiknya lagi, Tukad Cepung adalah salah satu wisata gratis di Bali. Ini artinya kamu nggak perlu mengeluarkan biaya untuk tiket masuk resmi.

Eits! Meski begitu, penjaga objek wisata yang terdiri dari pemuda Desa Banjar dengan pakaian adat di sana akan menerima punia alias donasi seikhlasnya. Jadi tetap sediakan dana untuk masuk ke sini ya!

air terjun tukad cepung
instagram.com/seeshots

Meski masih dikelola secara swadaya oleh warga lokal, tapi fasilitas di destinasi Bali ini cukup bagus. Bahkan dari waktu ke waktu selalu ada perbaikan.

Contohnya seperti jalan masuk ke lokasi air terjun yang ada di dasar lembah. Sekarang sudah cukup baik dan aman untuk dilewati. Akses tersebut berupa jalan setapak yang nantinya kamu juga akan melewati jembatan dari batang kayu dan bambu.

4. Cara ke Air Terjun Tukad Cepung

tukad cepung
instagram.com/yokowirawan

Lokasi Tukad Cepung Waterfall ini ada di Banjar Penida Kelod, Desa Tembuku, Kecamatan Tembuku. Dari pusat Kota Bangli, jaraknya sekitar 8 kilometer ke arah timur.

Arahkan kendaraanmu ke Dusun Penida Kelod dan cari tugu jam dinding. Lalu beloklah ke kanan dan ikuti terus jalan tersebut sampai ketemu tugu batas bertuliskan br dinas Penida Kelod.

tukad cepung bali
instagram.com/noviyantiria

Selanjutnya jalanterus sampai menemukan pura. Nah, dari sinilah nanti akan ada pemuda yang akan mengantarmu ke air terjun. Bahkan ada beberapa petunjuk arah untuk bisa sampai ke sana.

Gimana, tertarik untuk menjadikan Air Terjun Tukad Cepung sebagai destinasi liburanmu ke Bali nanti? Jangan ragu lagi deh ke sana, soalnya tempat wisata ini keren banget!

0 Comment