Qupas Travel

Indahnya Danau Gunung Tujuh, Wisata Jambi yang Konon Adalah 'Rumah Sepasang Naga'

23 October 2019, at 05:00
Indahnya Danau Gunung Tujuh, Wisata Jambi yang Konon Adalah 'Rumah Sepasang Naga'

Danau Gunung Tujuh mungkin sudah nggak asing bagi para traveler. Salah satu destinasi epik di Provinsi Jambi ini memang cukup populer, terutama bagi mereka yang menyuaki petualangan.

Didapuk sebagai danau tertinggi se-Asia Tenggara, wisata Jambi ini ternyata juga punya cerita mitos yang masih dipercayai beberapa orang. Jadi di balik keindahannya, ternyata Danau Gunung Tujuh juga menyimpan misteri.

Gimana, kamu juga penasaran dengan 'apa' yang ada di dalam danau cantik di Jambi ini? Scroll ke bawah deh biar nggak makin penasaran!

1. Pesona danau tertinggi di Asia Tenggara

gunung tujuh jambi
instagram.com/addinnoorikhsan

Berada di ketinggian 1.950 mdpl, danau ini punya hawa sejuk seperti Telaga Sarangan yang berada di Pulau Jawa. Terlebih lagi karena destinasi ini berada di kawasan pegunungan.

Selain itu, danau yang terbentuk akibat letusan Gunung Kerinci ini punya air yang sangat jernih dan bersih. Suasana tenangnya pun kadang menjadikan tempat wisata di provinsi yang terletak di pesisir timur di bagian tengah Pulau Sumatera ini sebagai lokasi favorit mencari ikan oleh warga setempat.

2. Kenapa namanya Danau Gunung Tujuh?

danau gunung tujuh
instagram.com/yudakharsana

Mungkin sebagian dari kamu penasaran kenapa namanya Danau Gunung Tujuh. Ternyata bukan tercipta secara asal-asalan lho.

Dibeti nama Gunung Tujuh, karena wisata danau ini dikelilingi oleh barisan pegunungan yang jumlahnya ada tujuh, yaitu:

  • Gunung Tujuh dengan ketinggian 2.735 mdpl
  • Gunung Jar Panggang dengan ketinggian 2.469 mdpl
  • Gunung Madura Besi dengan ketinggian 2.418 mdpl
  • Gunung Hulu Tebo dengan ketinggian 2.525 mdpl
  • Gunung Lumut dengan ketinggian 2.350 mdpl
  • Gunung Hulu Sangir dengan ketinggian 2.330 mdpl
  • Gunung Selasih yang memiliki ketinggian 2.230 mdpl

3. Mitos Danau Gunung Tujuh

danau gunung tujuh jambi
instagram.com/iqbal_hagi

Bukan cuma cantik, Danau Gunung Tujuh ternyata juga menyimpan kisah yang diceritakan secara turun temurun dan masih dipercaya oleh sebagian warga.

Dilansir dari laman Indonesia Travel, konon ada dua makhluk halus yang menjaga danau tersebut, yaitu Lbei Sakti dan Saleh Sri Menanti beserta sang pengikut yang berwujud harimau.

Selain itu, ada pula cerita yang menyebut bahwa Danau Gunung Tujun ini dihuni oleh sepasang naga. Dimana sang naga jantan menghuni danau, sedangkan naga betina menghuni hulu sungainya.

Baca juga: Pesona Danau Kaco di Jambi yang Air Beningnya Menyimpan Sejuta Misteri

4. Camping di Danau Gunung Tujuh

camping danau gunung tujuh
instagram.com/azizahannah

Menariknya, di sekitar danau ini ada hamparan pasir layaknya di pantai. Biasanya, tempat tersebut digunakan untuk mendirikan tenda oleh beberapa wisatawan.

Mereka sengaja bermalam di tempat tersebut. Tujuannya, supaya bisa melihat pesona matahari terbit atu sunrise di Danau Gunung Tujuh.

Di sekitar danau, terdapat beberapa tempat dengan hamparan pasir layaknya berada di pantai. Tempat tersebut, biasanya digunakan oleh wisatawan untuk mendirikan tenda dan bermalam di danau ini. Mereka sengaja bermalam 

5. Akses ke Gunung Tujuh

gunung tujuh
instagram.com/juliettadw

Danau Gunung Tujuh berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Tepatnya di Desa Pelompek, Kecamatan Kayu Aro, Jambi.

Danau seluas 960 hektar ini bisa dijangkau dengan melakukan pendakian terlebih dahulu. Yaitu dimulai dari gerbang pos Taman Nasional Kerinci Seblat menuju Danau Gunung Tujuh, dimana estimasi waktunya sekira 2 sampai 3 jam perjalanan.

pendakian gunung tujuh
instagram.com/muhammad_al.ikhsan

Dari gerbang tersebut, ada dua pilihan jalur pendakian. Ada jalur lebih landai, tapi jarak tempuhnya lebih jauh. Terdapat pula jalur dengan tanjakan curam, tapi jaraknya lebih dekat.

Keduanya akan bertemu di satu titik dan setelah itu para pendaki harus melewati jalur menurun yang cukup tajam sebelum akhirnya sampai di Danau Gunung Tujuh.

Itu dia Sobat Qupas, ulasan singkat tentang Danau Gunung Tujuh memang memesona. Layaknya seorang petualang sejati, alangkah baiknya untuk tetap menjaga kelestarian dan kebersihan di kawasan wisata Jambi ini ya!