Indahnya Gili Putih Sumberkima, Pulau Mungil yang Jadi Primadona Baru di Bali Utara

06 June 2019, at 04:00
1
0
Indahnya Gili Putih Sumberkima, Pulau Mungil yang Jadi Primadona Baru di Bali Utara

Gili Putih Sumberkima (GPS) adalah salah satu kejutan lain yang ditawarkan Pulau Dewata. Tepatnya di Kabupaten Buleleng, tempat ini siap membius para traveler dengan kecantikannya.

Tempat ini awalnya cuma persinggahan para wisatawan yang akan menyeberang ke Pulau Menjangan, Taman Nasional Bali Barat. Tapi sekarang ini sudah menjelma jadi objek wisata di Pulau Dewata yang nggak kalah keren.

Baca juga: Wisata di Buleleng Ini Bikin Liburanmu Makin Sempurna

Jangankan hamparan pasir putih, destinasi satu ini juga punya beberapa fakta dan keistimewaan lain. Mau tahu apa saja? Lanjut baca yuk, Sobat!

1. Wisata baru di Bali Utara

pulau pasir putih sumberkima buleleng
instagram.com/mao.amore

Gili Putih Sumberkima bisa dibilang adalah salah satu wisata terbaru di Bali. Kini pengelolaannya pun menjadi perhatian pemerintah.

Nantinya kawasan ini bakal dikembangkan menjadi lebih baik lagi. Salah satu upaya untuk mengembangkan GPS ini adalah dilakukannya pelestarian terumbu karang melalui Yayasan Metamorfosa yang dibentuk oleh masyarakat Sumberkima dan bekerja sama dengan pengusaha owner Sumberkima Hill.

2. Luasnya senantiasa berubah

gili putih sumberkima
instagram.com/wahyuxsaputra

Wilayah pesisir ini sejatinya adalah pulau kecil yang sudah terbentuk cukup lama. Tapi seiring berjalannya waktu, ukurannya jadi semakin meluas. Menariknya lagi, semua itu terjadi secara alami dan tanpa campur tangan manusia, lho.

Seperti dataran yang ada di tengah lautan, luas Gili Putih ini pun senantiasa berubah sesuai dengan keadaan pasang maupun surutnya air laut.

Saat sedang pasang, luasnya cuma sekitar 600 meter persegi. Sebalinya, saat air laut surut, luas daratan bisa bertambah sampai berkali-kali lipat.

3. Fenomena unik lain di Gili Putih Sumberkima

pulau pasir putih sumberkima
instagram.com/anachekom

Gili Putih Sumberkima juga punya fenomena unik lain, yaitu munculnya daratan yang menghubungkan pulau kecil ini dengan Pantai Penggambetan. Jaraknya pun lumayan jauh, sekitar 1,5 kilometer.

Di sisi lain, saat air laut sedang pasang, jalanan tersebut bakal tertutup total. Sebagai gantinya, akses menggunakan perahu adalah cara yang bisa digunakan untuk liburan di Gili Putih.

Baca juga: Wisata ala Savana di Afrika Ini Ada di Bali, Lho!

4. Aktivitas seru di Gili Putih

gili putih sumberkima bali
instagram.com/francescomancinistyle

Bukan cuma bisa menikmati pemandangan alamnya saja. Saat di Gili Putih, kamu juga bisa melakukan beragam aktivitas seru. Salah satunya adalah memancing ikan yang biasa dilakukan oleh warga lokal di zaman dulu.

Selain itu, kamu juga bisa menghabiskan waktu untuk menikmati keindahan bawah laut di Sumberkima atau sekedar hunting foto di daratan mungilnya.

5. Cara ke Gili Putih Sumberkima

gili putih
instagram.com/oky_rianto

Secara administratif, lokasi Gili Putih Sumberkima ada di Desa Sumberkima, Grokgak, Kabupaten Buleleng. Untuk bisa sampai ke destinasi wisata ini, kamu bisa menyewa perahu.

Keberangkatan dimulai dari Pelabuhan Bangsal. Lama perjalannya sekitar 10 sampai 15 menit. Sementara untuk tarif sewa perahunya mulai dari Rp350.000,00 hingga RpRp400.000,00 dengan kapasitas kurang lebih 5 orang.

Jadi, sudah siap liburan ke Gili Putih Sumberkima? Ingat, kalau kamu ingin merasakan sensasi berjalan di atas air, waktu terbaik untuk berkunjung adalah pagi atau sore. Soalnya kalau siang atau malam, air laut secara alami sedang pasang. Meski begitu, waktu tersebut juga bisa berubah sesuai dengan fase bulan.

0 Comment