Indahnya Pantai Mandorak, Wisata Pesisir Sumba yang Tersembunyi di Antara Tebing

01 December 2019, at 11:00
0
0
Indahnya Pantai Mandorak, Wisata Pesisir Sumba yang Tersembunyi di Antara Tebing

Keindahan Sumba rasanya nyaris nggak bisa didefinisikan. Pulau di Nusa Tenggara Timur ini memang memukau, terutama wisata alamnya. Seperti Pantai Mandorak. Pernah dengar?

Pantai di Pulau Sumba ini mungkin jarang digaungkan oleh traveler biasa. Beda lagi dengan mereka yang hobi berselancar. Yap! Itu karena gelombang Pantai Mandorak Sumba sangat kuat, namun relatif aman.

Selain menjadi primadonanya para peselancar, wisata Sumba ini juga memiliki beberapa keistimewaan. Simak deh ulasan di bawah ini biar nggak makin penasaran!

1. Pantai di Sumba yang tersembunyi di balik tebing

pantai mandorak
instagram.com/hansontjung

Surga tersembunyi sepertinya menjadi julukan yang cocok untuk Pantai Mandorak. Itu karena keindahan pesisirnya seolah dikepung oleh tebing-tebing.

Bahkan yang paling ikonik adalah dua tebing dengan ketinggian sedang dan seakan saling berhadapan. Di sekitarnya, kamu bisa melihat hamparan pasir putih dan laut yang berwarna kebiruan.

2. Pantai sepi di Sumba

pantai mandorak kodi
instagram.com/theexoticman

Pantai Mandorak memang terletak di daerah terpencil. Fasilitas dan akomodasi di tempat wisata Sumba ini pun terbatas. Nggak heran kalau destinasi ini cukup sepi dibanding pantai di Sumba lainnya.

Jadi selama di sini, kamu bisa bebas menikmati suasana khas pantai tanpa berdesak-desakan. Ingin kegiatan lebih menantang? Kamu bisa lho menaiki beberapa tebingnya. Tapi harus tetap hati-hati karena harus melewati banyak karang.

Di atas tebingnya, kamu bisa mendapatkan banyak spot foto. Salah satu yang paling favorit adalah area menjorok kurang lebih satu garis lurus dengan bangunan beratap khas Sumba yang terlihat di seberangnya. Dari situ, kamu akan mendapatkan hasil potret sempurna.

Baca juga: Mengintip Indahnya Waikelo Sawah, Konsep Surga Dunia Sesungguhnya di Sumba

3. Water blow Pantai Mandorak

water blow pantai mandorak
instagram.com/sharoncicerio7

Jangan keburu beranjak dari tebing. Karena kalau beruntung, kamu bakal melihat water blow seperti yang bisa kamu saksikan di Nusa Dua, Bali.

Water blow sendiri adalah peristiwa ketika ombak menggulung dan masuk ke celah karang. Lalu, 'ia' akan menyembur keluar dan ke arah atas.

Nah, di Pantai Mandorak sendiri, kamu bisa melihat fenomena indah itu di area parkir dan pendopo. Siapin kameramu deh! Tapi jangan terlalu dekat dan tetap waspada ya!

4. Cara ke Pantai Mandorak

pantai mandorak sumba
instagram.com/jennyhejenny

Pantai Mandorak berlokasi di Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Dari Bandara Tambaloka, kamu punya dua alternatif transportasi, yaitu menggunakan mobil atau sepeda.

Akses dari jalan utama Bandara Tambaloka ke Desa Kalenarongo cukup baik. Tapi kamu juga akan menjumpai jalur yang berkelok.

sunset pantai mandorak
instagram.com/elysewoanders

Kemudian kamu juga perlu melewati jalan setapak yang lebarnya hanya 1,5 meter dan dipenuhi kerikil maupun batu. Beberapa tanaman liar juga bakal kamu temui di sepanjang perjalanan.

Well, Pantai Mandorak memang cukup sulit dijangkau. Namun, tempat wisata di Nusa Tenggara Timur ini pantang banget kamu lewatkan saat jalan-jalan ke wilayah Sumba Barat Daya.

0 Comment