Indonesia jadi Dewan Keamanan PBB, apa saja Keuntungannya?

03 July 2018, at 13:00
2
0
Indonesia jadi Dewan Keamanan PBB, apa saja Keuntungannya?

Indonesia dipercaya menjadi anggota tidak tetap dewan keamanan perserikatan bangsa-bangsa. Hal ini tentunya dapat meningkatkan kepercayaan dunia kepada Indonesia.

Dewan Keamanan merupakan badan utama PBB yang bertugas untuk menjadi perdamaian dan keamanan internasional. Tentu sangat serasi dengan Indonesia yang memiliki diplomasi baik dengan berbagai negara.

Apa saja ya keuntungannya untuk Indonesia? yuk simak!

 

1. Menunjukkan bahwa Indonesia memiliki diplomasi yang bagus kepada negara-negara pemilih

Okezone.com

Seperti yang dilansir oleh bbc.com, Wirya Adiwena, Kepala Divisi Hubungan Internasional menyatakan bahwa dengan terpilihnya Indonesia menjadi anggota tidak tetap DK PBB, itu menunjukkan bahwa Indonesia memiliki diplomasi yang sangat baik kepada negara pemilih.

Di DK PBB terdapat 144 negara yang mempercayakan Indonesia dapat membangun jembatan perdamaian dunia dengan cara yang diplomatis. Indonesia terpilih sebagai perwakilan Asia Pasifik di PBB. Hal itu yang dapat meningkatkan kepercayaan diri Indonesia di mata dunia. Indonesia memang diakui memiliki diplomatis yang efektif dan praktis.

 

2. Indonesia dapat mengusung isu yang paling krusial seperti terorisme dan pembangunan negara

voaindonesia.com

Dengan terpilihnya Indonesia menjadi anggota tidak tetap DK PBB, Indonesia dapat mengangkat beberapa isu penting seperti terorisme dan pembangunan negara dalam setiap pertemuan DK PBB. Mengusung isu terorisme menjadi isu yang akan dibahas nantinya karena Indonesia memiliki perhatian penting terhadap isu tersebut.

 

3. Indonesia dapat mewakili banyak suara dari negara muslim, namun tetap tidak ada keberpihakan terhadap negara muslim di dunia

kanali6.com.cy

Indonesia sudah aktif berdiplomasi untuk mewakili suara Muslim seperti menolak pemindahan ibu kota Israel ke Yerusalem. Dengan terpilihnya Indonesia, bukan berarti Indonesia mewakili suara negara Muslim namun lebih pada dapat dipercaya negara Muslim di Dunia untuk membawakan yang terbaik di forum global.

Tentunya, Indonesia akan membawa isu Palestina sebagai perhatian Indonesia. Ini adalah kali keempat Indonesia menjadi anggota tidak tetap DK PBB. Selain Indonesia, ada negara lainnya seperti Jerman dan Belgia, Republik Dominika, dan Afrika Selatan.

Selamat untuk Indonesia, semoga bisa mengemban amanah!

 

Sumber : bbc.com

0 Comment