Ingin Bebas dari Kecanduan Junk Food? Gunakan 8 Tips Ampuh ini!

17 September 2018, pada 03:18
0
0
Ingin Bebas dari Kecanduan Junk Food? Gunakan 8 Tips Ampuh ini!

Bukan sebuah hal yang aneh lagi jika gaya hidup kebanyakan orang saat ini memang sudah melampaui batas. Maksudnya, orang-orang di zaman ini sudah tidak begitu memerhatikan kesehatannya sendiri, ditandai dengan menerapkan pola makan yang terkesan sembarangan serta malas berolahraga.

Bicara tentang pola makan yang sembarangan, mungkin kamu sudah tahu sendiri kalau begitu banyak orang yang rutin dan sangat gemar mengonsumsi junk food. Kebiasaan ini berlaku bagi semua usia, terutama pada anak muda.

junk food
myupdatestudio.com

Mereka kalangan muda sangat gemar mengonsumsi makanan siap saji dengan berbagai alasan, misalnya faktor rasa. Memang benar, makanan siap saji memiliki rasa yang sangat nikmat, namun lebih dari itu ternyata ada temuan baru yang mengatakan bahwa alasan utama seseorang hobi mengonsumsi junk food adalah karena gaya hidup, alias gengsi.

Junk food disebut-sebut sebagai makanan yang rendah gizi. Tidak ada manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan mengonsumsi junk food. Bahkan, para pakar kesehatan pun menyarankan kepada setiap orang untuk tidak terlalu sering mengonsumsi junk food.

Sebab, tidak sedikit orang yang mengalami masalah kesehatan akibat tidak menjaga pola makannya. Walau sudah rutin berolahraga sekalipun, tetap saja faktor makanan adalah hal utama yang memengaruhi kesehatan. Jadi, menjaga pola makan yang baik dan sehat adalah sebuah kebiasaan yang tidak bisa ditawar.

Jika kamu tergolong sebagai orang yang telah kecanduan junk food, berikut adalah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk terbebas dari makanan rendah gizi tersebut.

Baca juga : Macam-Macam Diet yang Lagi Hits 2018, Anak Zaman Now Harus Tahu!

1. Sadar Akan Kesehatan

makan sehat
pexels.com

Hal pertama yang harus kamu tanamkan dalam diri adalah sadar akan kesehatan yang mahal harganya. Kamu harus mengakui kalau terlalu sering mengonsumsi junk food bisa berpotensi membuat organ dalam tubuh, khusnya organ cerna menjadi rusak. Dengan sadar akan pentingnya kesehatan, kamu akan berpikir dua kali saat ingin mengonsumsi junk food lagi.

2. Membuat Jadwal Makan

jadwal makan
linisehat.com

Mulai sekarang, jika kamu benar-benar ingin terbebas dari junk food, buatlah jadwal makan yang baik dan benar. Sebaiknya kamu menentukan jadwal makan tiga kali sehari, yaitu pagi, siang, dan menjelang malam. Dengan menjaga jadwal itu, kamu tidak akan mudah lapar sehingga terhindar dari camilan-camilan tidak sehat layaknya junk food.

3. Berhenti Stok Camilan

stok camilan
bustle.com

Keinginan ngemil makanan tak sehat juga bisa bermula karena kamu memiliki stok yang banyak. Sebab, otak akan berpikir bahwa kamu masih memiliki stok, jadi sayang kalau tidak dihabiskan. Untuk itu, jangan menyimpan camilan tak sehat atau junk food di dalam kulkas karena bisa meningkatkan hasrat untuk menyantapnya. Kalau kalu memang terbiasa ngemil, lebih baik siapkan makanan sehat seperti buah atau yoghurt.

4. Perbanyak Minum Air

minum air
orami.co.id

Hasrat serta keinginan ngemil memang sering muncul saat perut sedang lapar. Namun, bagaimana jika rasa lapar itu sering datang? Tidak mungkin jika harus terus makan. Nah, untuk mengatasinya, kamu bisa memperbanyak minum air putih. Sebab, minum air putih adalah salah satu cara penunda lapar yang paling aman dan menyehatkan.

5. Tidur yang Cukup

tidur
pexels.com

Semakin baik kualitas tidurmu, maka kamu akan terhindar dari rasa lapar yang sering. Bisa kamu buktikan, ketika begadang pasti perut menjadi sangat lapar, bukan? Untuk itu, jaga agar kualitas dan kuantitas tidurmu tetap dalam keadaan baik agar terhindar dari keinginan ngemil junk food.

6. Perbanyak Olahraga

olahraga
pexels.com

Tips terbebas dari junk food selanjutnya adalah memperbanyak aktivitas olahraga. Seperti yang kamu ketahui, olahraga memang merupakan aktivitas yang menyehatkan dan bisa memberi segudang manfaat, salah satunya adalah menghindarkanmu dari makanan siap saji. Sebab, saat kamu rutin olahraga, maka kamu akan lebih sayang dengan tubuhmu dan tak ingin membuatnya sakit dengan mengonsumsi junk food.

7. Ganti dengan Jus Buah

jus buah
pexels.com

Tips yang satu ini telah banyak dilakukan dan terbukti ampuh dalam membuat seseorang terbebas dari kecanduan junk food. Sebab, jus buah memiliki rasa manis yang bisa mengurangi keinginanmu untuk ngemil makanan gurih yang mengandung MSG tinggi.

8. Mengelola Stres

stres
pexels.com

Salah satu penyebab keinginan mengonsumsi makanan rendah gizi atau junk food adalah karena faktor stres. Untuk itu, kamu harus bisa mengelola stres dengan baik agar terhindar dari keinginan makan junk food.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk terbebas dari kecanduan junk food. Selamat mencoba dan selalu ingat bahwa kesehatan itu mahal harganya!

0 Komentar