Ingin Berhenti Merokok Secara Permanen? Ikuti 8 Cara Mudah dan Cepat Ini

12 March 2019, at 01:00
0
0
Ingin Berhenti Merokok Secara Permanen? Ikuti 8 Cara Mudah dan Cepat Ini

Semua orang pasti sudah tahu bahwa merokok adalah kegiatan yang tidak baik bagi kesehatan. Dampak buruknya bisa berupa penyakit-penyakit mematikan seperti kanker, serangan jantung, paru-paru, dan lain sebagainya.

Ada banyak perokok berdalih bahwa mereka mengalami kesulitan apabila ingin berhenti melakukan kebiasaan tersebut. Meskipun sudah mengetahui tentang bahayanya, namun berhenti merokok memang tidak semudah yang dibayangkan.

Bukan hanya orang dewasa, kebiasaan buruk tersebut juga dilakukan oleh remaja bahkan anak-anak. Kondisi tersebut tentu saja dipengaruhi oleh lingkungan sekitar dan kemudaan akses seseorang untuk mendapatkan rokok.

Baca Juga: 8 Makanan yang Bisa Membantu Berhenti Merokok

Namun, sebenarnya ada cara menghentikan kebiasaan merokok dengan mudah dan cepat seperti berikut ini.

1. Berolahraga

berolahraga
pexels.com/@rawpixel

Apabila kamu ingin berhenti merokok, mulai lah untuk berolahraga secara rutin dan teratur. Hal ini akan membantumu terhindar dari stres yang membuat seseorang ingin merokok.

Tidak perlu terlalu keras, cobalah melakukan olahraga ringan seperti jogging atau berjalan kaki dengan rutin setiap hari.

2. Rutin Menyikat Gigi

rutin menyikat gigi
pexels.com/@moose-photos-170195

Cara berhenti merokok selanjutnya adalah dengan rutin menyikat gigi. Hal ini dilakukan untuk menyingkirkan aroma tidak sedap yang tersisa karena kabisaan buruk tersebut.

Seseorang akan terus merasa ingin merokok apabila napasnya masih menyisakan bau. Rajinlah menggosok gigi agar napas lebih segar dan menjadi lupa untuk merokok.

3. Ngemil

ngemil
pexels.com/@jean-papillon-89500

Ngemil merupakan salah satu cara yang tepat ketika seseorang berusaha untuk berhenti merokok. Memasukkan makanan ke mulut, misalnya mengunyah permen karet akan membuatmu sibuk dan mengalihkan dari keinginan untuk merokok.

Meskipun demikian, jangan ngemil sembarangan ya! Konsumsilah makanan yang sehat dan rendah kalori seperti buah-buahan.

4. Kelola Stres

kelola stres
pexels.com/@mastercowley

Pada umumnya, stres merupakan salah satu pemicu utama seseorang untuk merokok. Hal itu terjadi karena kebiasaan buruk tersebut dapat mengelabui otak seolah-olah menjadi tenang setelah melakukannya.

Mengelola stres agar tubuh selalu rileks dapat dilakukan dengan hal-hal sederhana seperti mendengarkan musik, pijat, atau yoga. Menghindari hal-hal yang membuat tertekan juga bisa dilakukan.

Baca Juga: Begini Cara Agar Stres Bisa Membuat Hidupmu Lebih Baik

5. Hindari Alkohol

hindari alkohol
pexels.com/@chris-f-38966

Dalam alkohol, terdapat zat yang mampu memperkuat daya kecanduan rokok dan membuat seseorang ingin terus melakukannya.

Sebaiknya, hindari mengonsumsi minuman keras agar keinginan untuk merokok tidak datang kembali.

6. Membersihkan Rumah

membersihkan rumah
pexels.com/@chris-f-38966

Ketika sudah berniat untuk berhenti merokok, sebaiknya bersihkan rumah dari sisa-sisa bau asap rokok dan lain sebagainya.

Hal tersebut akan membantumu untuk tidak selalu menghirup udara yang akan membuatmu ingin merokok lagi.

Jika perlu, bersihkanlah rumah dan gunakan pengharum ruangan untuk mengatasinya.

7. Kuatkan Diri di 2 Minggu Pertama

kuatkan diri di 2 minggu pertama
pexels.com/@olly

Memang, memutuskan untuk berhenti merokok pasti adalah hal yang sulit. Begitu pula dengan proses yang harus ditempuh dan dialami.

Dua minggu pertama adalah masa paling menyulitkan bagi pecandu rokok yang sedang berusaha untuk berhenti. Akan tetapi apabila momen tersebut telah terlewati maka selanjutnya akan menjadi lebih mudah.

8. Tempuh Langkah Medis

tempuh langkah medis
pexels.com/@pixabay

Apabila sudah benar-benar berniat dan melakukan segala cara untuk berhenti merokok namun gagal. Sebaiknya cobalah untuk melakukan hal yang lebih serius dengan menempuh langkah medis.

Dokter mungkin akan meresepkan obat yang bisa memengaruhi proses kimia di otak untuk berhenti merokok dan meredakan kecanduan.

Praktis dan mudah dilakukan, bukan? Setelah mengetahui cara di atas, tidak ada alasan lagi untuk tidak berhenti merokok.

0 Comment