Ingin Liburan ke Karimun Jawa? Ini Wisata Keren dan Tipsnya

28 September 2018, pada 07:09
0
0
Ingin Liburan ke Karimun Jawa? Ini Wisata Keren dan Tipsnya

Karimun Jawa menyajikan pesona alam yang begitu memikat. Surga tersembunyi, sebutan ini memang pantas untuk kepulauan di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini.

Pantai-pantainya memiliki gradasi warna biru kehijauan dan airnya super jernih. Bahkan keindahan alam bawah lautnya juga nggak kalah memesona.

Nggak heran banyak wisatawan melakukan kegiatan snorkeling. Apalagi nyaris di seluruh wilayah Karimun Jawa, kamu bisa melakukan aktivitas menyenangkan ini.

Satu hal penting lainnya, kamu juga akan menemukan banyak spot foto di beberapa lokasi di Karimun Jawa. Tempat bersantai pun tentu juga ada. Penasaran dimana saja lokasinya? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini!

1. Pulau Cilik

Ingin Liburan ke Karimun Jawa? Ini Wisata Keren dan Tipsnya
instagram.com/arief_ridho

Pulau ini letaknya di sebelah timur laut Karimun Jawa. Luasnya pun hanya sekitar 2 hektar. Di sini kamu bisa menemukan dermaga kayu tempat kapal merapat. Menariknya lagi, saat berjalan di atas jembatan ini, kamu akan menemukan beragam jenis ikan.

Tentu hal ini karena jernihnya air laut yang tersajii dan ngggak heran wilayah ini juga kerap dijadikan tempat snorkeling. Perlu diingat, saat melakukan snorkeling di sini, kamu perlu waspada.

Pasalnya ada wilayah dangkal yang memungkinkan pengunjung bisa menginjak hingga mematahkan terumbu karang tanpa sengaja.

2. Pulau Cemara Besar

Ingin Liburan ke Karimun Jawa? Ini Wisata Keren dan Tipsnya
instagram.com/fashlizannuahhad

Pulau Cemara Besar terletak di sisi timur Kepulauan Karimun Jawa. Saat berada di wilayah dengan luas 3,5 hektar ini, hamparan pasir putih serta birunya air laut akan tersaji di hadapanmu.

Jernihnya air laut pun semakin memesonamu. Selain itu deretan cemara di sepanjang pesisir pantai akan kamu jumpai di sini.

Selain keindahan pantai, alam bawah lautnya juga memikat. Jadi jangan sampai melewatkan kegiatan diving atau snorkeling di Pulau Cemara Besar ini.

3. Pulau Cemara Kecil

Ingin Liburan ke Karimun Jawa? Ini Wisata Keren dan Tipsnya
instagram.com/ambar_adi_winarso

Pulau Cemara Kecil memiliki luas 1,5 hektar saja dan nggak berpenghuni. Bahkan kamu hanya butuh waktu 15 menit untuk berkeliling di wilayah ini.

Meski lokasinya terbatas, panorama yang akan kamu nikmati sungguh memikat. Terlebih lagi, di sini kamu pun bisa melakukan kegiatan snorkeling hingga diving. Cocok banget nih untuk penggemar wisata bawah laut.

4. Pulau Menjangan Besar

Ingin Liburan ke Karimun Jawa? Ini Wisata Keren dan Tipsnya
kesiniaja.com

Pulau Menjangan Besar letaknya paling dekat dengan Karimun Besar. Butuh 15 menit saja untuk sampai ke sini dari Pelabuhan Sahbandar. Daya tarik dari wilayah yang luasnya 50 hektar ini adalah adanya penangkaran hiu.

Bahkan kamu juga bisa berenang bersama hiu saat berada di sini. Ngeri sekaligus menantang ya? Kalau takut, ada juga lokasi untuk mengembangbiakkan penyu di sini. Siap mencoba?

5. Pulau Menjangan kecil

Ingin Liburan ke Karimun Jawa? Ini Wisata Keren dan Tipsnya
instagram.com/arisyusufm

Pulau Menjangan Kecil termasuk wilayah nggak berpenduduk dan dikelola oleh PT Awani Dream. Di sini kamu akan menemukan deretan pohon kelapa yang tumbuh di area pesisir pantai.

Selain itu hamparan pasir putih hingga air laut yang super jernih akan tersaji di hadapanmu. Jadi jangan sampai melewatkan kegiatan snorkeling dan diving saat di sini.

Kamu pun perlu menyediakan budget senilai sepuluh ribu rupiah untuk bisa masuk ke sini. Tapi kamu akan bebas biaya kalau menggunakan jasa travel.

Baca juga: 5 Penginapan di Karimun Jawa dengan Pemandangan Surgawi

6. Pantai Tanjung Gelam

Ingin Liburan ke Karimun Jawa? Ini Wisata Keren dan Tipsnya
instagram.com/hariantosaputra

Di Pulau Utama Karimun Jawa, ada Pantai Tanjung Gelam yang juga sayang untuk dilewatkan. Apalagi area wisata ini menyajikan panorama super cantik.

Lokasinya pun menjadi tempat sempurna untuk menyaksikan sunset. Hamparan pasir putih hingga air laut birunya juga bisa kamu dapatkan di sini.

Tentu saja kegiatan diving hingga snorkeling juga bisa dilakukan di sini. Dijamin taman bawah laut hingga biota yang ada di dalamnya akan membuatmu berdecak kagum.

7. Akses Menuju ke Karimun Jawa

Ingin Liburan ke Karimun Jawa? Ini Wisata Keren dan Tipsnya
instagram.com/ujee11

Diperlukan transportasi laut unuk bisa berkunjung ke beberapa wisata di Karimun Jawa. Tepatnya di Pelabuhan Kartini, Jepara, kamu bisa menggunakan kapal jenis KPM Muria.

Tarifnya mulai dari empat pulu ribu sampai delapan puluh ribu (PP). Dengan menggunakan kapal jenis ini, waktu tempuhnya mencapai 4,5 jam.

Perlu diingat, kapal ini hanya beroperasi pada hari Senin, Rabu, Jumat dan Sabtu. Tapi jangan khawatir nggak kebagian transportasi.

Sebab ada pula Kapal Ekspress Cantika 89 yang akan beroperasi di hari Senin, Selasa, Jumat, dan Sabtu. Tarifnya mulai dari delapan puluh sembilan ribu (eksekutif) sampai 104 ribu rupiah (VIP).

8. Transportasi di Karimun Jawa

Ingin Liburan ke Karimun Jawa? Ini Wisata Keren dan Tipsnya
instagram.com/gazaega

Untuk bisa menuju beberapa pulau di area Karimun Jawa, kamu bisa menggunaan perahu motor. Tarifnya pun mencapai 300 sampai 500 ribu rupiah per hari atau tergantung destinasi.

Selain itu ada pula angkutan darat berupa ojek dengan tarif rata-rata lima belas ribu hingga dua puluh ribu rupiah. Bahkan di sini juga ada becak, lho.

Kamu pun perlu menyediakan budget mulai dari sepuluh ribu sampai lima belas ribu rupiah. Terjangkau kan?

Baca Juga: 5 Inspirasi Fashion Hijab Untuk ke Pantai Ala Selebgram, Tetap Ceria dan Tertutup

9. Tips Liburan ke Karimun Jawa

Ingin Liburan ke Karimun Jawa? Ini Wisata Keren dan Tipsnya
instagram.com/misbahullum

Sebelum berkunjung ke Karimun Jawa, sebaiknya tentukan dulu pulau mana yang akan kamu kunjungi. Lebih baik lagi kalau kamu menggunakan jasa pemandu wisata supaya nggak kebingungan.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah bulan Mei dan Agustus. Pasalnya saat itu hembusan angin nggak terlalu kencang dan ombaknya juga terbilang aman.

Satu hal penting lainnya, listrik di Karimun Jawa hanya menyala dari pukul 18.00-06.00 WIB. Jadi pastikan baterai semua alat elektronik, seperti handphone hingga kamera terisi penuh.

Pasnya nggak mau menyesal karena alat untuk membidik gambarmu nge-drop kan?

10. Penginapan Murah di Karimun Jawa

Ingin Liburan ke Karimun Jawa? Ini Wisata Keren dan Tipsnya
booking.com

Untuk yang ingin liburan hemat, di Karimun Jawa ada kok penginapan dengan harga terjangkau. Bukan hanya dekat dengan pantai, desainnya pun unik, namanya Bunga Jabe.

Di sini tarif menginapnya dimulai dari 180 ribu sampai 315 ribuan rupiah saja. Beragam fasilitas mulai dari kamar yang nyaman, wifi gratis hingga akses pantai pribadi juga akan kamu dapatkan. Dijamin nggak bosan saat menginap di penginapan di Karimun Jawa ini.

Nah, itu dia beberapa wisata Karimun Jawa yang bisa kamu kunjungi. Beragam informasi, mulai dari akses, tips liburan hingga hotel di sini juga sudah Qupas rekomendasikan.

Jadi sudah siap liburan ke pantai maupun pulau yang ada di wilayah Jawa Tengah ini?

0 Komentar