Ingin Sedot Lemak Seperti Salmafina Sunan? Kenali Dulu Efek Sampingnya!

04 October 2019, at 10:00
0
0
Ingin Sedot Lemak Seperti Salmafina Sunan? Kenali Dulu Efek Sampingnya!

Nama Samafina Sunan kembali ramai diperbincangkan oleh pengguna media sosial. Pasalnya, gadis cantik tersebut baru-baru ini melakukan liposuction atau biasa disebut sebagai sedot lemak.

Sedot lemak sendiri merupakan metode yang bertujuan untuk memperbaiki area tubuh dengan membuang sel-sel lemak yang berlebih.

Meskipun demikian, prosedur yang satu ini ternyata juga memiliki risiko kesehatan atau efek samping seperti berikut lho.

1. Kontur Kulit yang Nggak Rata

kontur kulit yang nggak rata
hellosehat.com

Dikutip dari laman MayoClinic, pembuangan lemak yang nggak merata pada prosedur sedot lemak dapat menyebabkan kontur kulit yang terlihat bergelombang.

Efek sedot lemak yang satu ini kemungkinan besar akan terjadi secara permanen. Selain itu, hal tersebut juga bisa disebabkan oleh elastisitas kulit yang buruk.

2. Embolik Lemak

serangan jantung
depositphotos.com

Berbeda dengan kontur kulit yang nggak rata, efek samping sedot lemak yang satu ini cukup menakutkan dan berbahaya bagi kesehatan.

Embolik lemak merupakan kondisi adanya benda asing seperti gumpalan darah, gumpalan lemak, atau gelembung gas yang tersangkut dalam pembuluh darah sehingga menyumbat aliran darah dan menyebabkan serangan jantung.

3. Akumulasi Cairan

salmafina sunan sedot lemak
instagram.com/salmafinasunan

Efek samping sedot lemak yang sering terjadi lainnya adalah akumulasi cairan. Meskipun nggak parah, namun dampak tersebut cukup menganggu penampilan.

Pasalnya, seroma atau kantung cairan di bawah kulit tersebut memiliki penampakan yang mirip dengan kulit melepuh dan terasa sakit. Namun kamu nggak perlu khawatir, masalah kesehatan ini hanya bersifat sementara dan dapat dihilangkan dengan metode tusuk jarum.

Baca Juga: Jangan Pernah Curang Saat Diet, Akibatnya Fatal!

4. Komplikasi Anestesi

kompilasi anastesi
reference.com

Selain itu, sedot lemak juga berisiko menyebabkan komplikasi anestesi. Kondisi tersebut dapat terjadi apabila prosedur menerapkan anastesi lidocaine yang dicampur dengan cairan infus.

Dilansir dari Hellosehat, lidocaine dapat menurunkan detak jantung sehingga nggak bisa memasok darah ke seluruh tubuh. Nggak cuma itu, suntikan cairan dalam jumlah banyak juga menyebabkan penumpukan cairan di paru yang dapat berakibat fatal.

5. Infeksi Luka

infeksi luka
klikdokter.com

Meskipun operasi sudah dilakukan sesuai dengan prosedur, akan tetapi infeksi luka tetap bisa muncul. Hal tersebut biasanya disebabkan oleh bakteri.

Gejala yang akan kamu rasakan apabila mengalami infeksi luka pascaoperasi biasanya adalah demam, ruam merah, luka terasa panas, muncul nanah, berbau, dan nggak sembuh-sembuh.

Nah, jadi itu dia Sobat Qupas beberapa dampak sedot lemak yang sering terjadi. Sebaiknya kamu berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu sebelum menjalani prosedut tersebut ya!

0 Comment