Ingin Tandingi Tuhan, China Bikin Bulan Buatan! Wah, untuk apa ya?

19 October 2018, pada 04:11
0
0
Ingin Tandingi Tuhan, China Bikin Bulan Buatan! Wah, untuk apa ya?

China adalah salah satu negara yang tidak pernah henti melakukan terobosan baru dalam bidang teknologi. Setelah beberapa waktu lalu dihebohkan dengan terobosan terbarunya yang mengembangkan koneksi 5G, kali ini Negari Tirai Bambu ini kembali membuat heboh publik.

Dikabarkan jika saat ini China akan memulai mega proyek yang menarik perhatian netter di dunia maya. Mega proyek itu adalah bulan buatan yang diklaim sebagai satu-satunya di dunia dan belum ada yang bisa membuatnya.

Memang terdengar sedikit berlebihan, tapi itulah faktanya. Dilansir dari laman People’s Daily, dikatakan jika bulan buatan ini sengaja dirancang untuk melengkapi satelit bumi saat malam hari. Namun hanya sebagai pelengkap, bukan pengganti.

Ingin Tandingi Tuhan, China Bikin Bulan Buatan! Wah, untuk apa ya?
apod.nasa.gov

Lebih dari itu, Wu Chunfeng selaku ketua kontraktor swasta Chengdu Aerospace Science and Technology Microelectronics System Research Institute Co (Casc), mengatakan kalau cahaya dari bulan buatan ini akan lebih terang hingga delapan kali lipat daripada bulan.

Tapi ada satu visi besar yang menjadi landasan kenapa China membuat terobosan baru ini, yakni sebagai penerangan. Jadi nantinya bulan buatan tersebut akan difungsikan untuk menerangi kota Chengdu yang lokasinya di barat daya China.

Baca juga : Ngeri, Inilah 8 Makhluk Misterius yang Pernah Terdampar Di Pantai

Untuk jaraknya sendiri, diperkirakan bulan buatan ini bisa menerangi area dengan diameter 10 sampai 80 km. Mengingat ketika malam kota ini cukup gelap sehingga butuh penerangan lebih, maka dari itu muncullah gagasan yang fenomenal ini.

Ingin Tandingi Tuhan, China Bikin Bulan Buatan! Wah, untuk apa ya?
newsapi.com.au

Kabar punya kabar, bulan buatan akan diluncurkan ke antariksa pada tahun 2020 mendatang. Jadi, waktu penggarapannya memakan waktu kurang dari dua tahun jika terhitung dari sekarang.

Namun rencana mega proyek ini tetap saja menuai berbagai reaksi publik, ada yang merasa kagum, ada pula yang mengkritik. Bahkan ada sebagian pihak yang merasa khawatir akan imbas atau efek yang akan dihasilkan oleh bulan buatan tersebut.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, bulan buatan yang sangat terang ini akan berimbas pada ekosistem dan kehidupan hewan yang berterbangan di malam hari. Selain itu, pembiasan cahaya matahari juga akan terganggu.

Oleh karenanya tim pengembang saat ini masih terus menyempurnakan konsepnya sehingga bulan buatan ini benar-benar layak dan aman untuk diterbangkan.

0 Komentar