Ingin Tetap Berolahraga Saat Puasa? Begini Caranya

05 June 2018, pada 08:14
2
0
Ingin Tetap Berolahraga Saat Puasa? Begini Caranya

Ibadah puasa di bulan Ramadan wajib dijalankan bagi setiap umat Muslim. Menahan lapar dan haus sejak matahari terbit hingga tenggelam, atau kurang lebih selama 13 jam tentunya mempengaruhi metabolisme tubuh kita. Bagaimana tidak, selama kurun waktu tersebut, tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman. Padahal, banyak di antara kita yang tetap berolahraga saat berpuasa. Olahraga memang dipercaya dapat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh kita. Lalu, bagaimana seharusnya kita berolahraga saat puasa?

 

pexels.com

 

Pertama, perhatikan waktu berolahraga. Olahraga sebaiknya dilakukan setelah berbuka puasa karena perut sudah dalam keadaan terisi makanan. Melakukan kegiatan olahraga saat perut dalam keadaan kosong tidak disarankan. Namun, ada juga pendapat yang mengatakan bahwa berolahraga 30-60 menit sebelum berbuka sah-sah saja dilakukan. Tapi perlu diingat, kenali keadaan tubuhmu sebelum berolahraga, ya. Kalau kamu merasa pusing, lemas, bahkan pingsan, hentikan aktivitas olahragamu.

Kedua, lakukan olahraga yang biasa kamu lakukan. Namun, ada baiknya kamu berolahraga ringan seperti berjalan kaki, jogging dan bersepeda saat berpuasa. Jika kamu memaksakan untuk berolahraga dengan intensitas tinggi, bisa-bisa tubuhmu tidak mampu melakukannya.

Ketiga, perhatikan asupan makananmu. Saat berpuasa, umumnya banyak orang makan lebih dari biasanya. Jika kamu aktif berolahraga saat puasa, penting untuk tetap makan dengan porsi biasa dan mengonsumsi sayur dan buah. Selain itu, karbohidrat kompleks seperti roti gandum dan kentang juga dapat menjadi pilihan sumber energimu saat berolahraga di bulan Ramadan karena dapat membuat perutmu kenyang lebih lama. Jangan lupa untuk selalu sertakan protein seperti telur, ikan dan daging dalam menu sahur dan berbuka, ya. Karena, protein akan membangun sel-sel yang rusak saat kamu berolahraga.

Keempat, minum banyak air putih saat sahur dan berbuka. Usahakan untuk tetap minum sebanyak 1,5 hingga 2 liter per hari untuk menjaga tubuhmu dari dehidrasi.

Terakhir, istirahat yang cukup. Jika kamu kurang istirahat saat berpuasa, tubuh tentu akan menjadi lemas. Padahal, untuk berolahraga dibutuhkan kondisi tubuh yang bugar. Jadi, pastikan kamu tidur cukup selama 7-9 jam per hari supaya dapat tetap berolahraga, ya. Tenang, kamu juga bisa menyempatkan tidur siang untuk memenuhi kebutuhan istirahatmu.

0 Komentar