Ingin Tubuh Ramping dengan Korset Pelangsing? Cari Tahu Dulu Yuk Efek Sampingnya

03 December 2018, pada 02:00
4
0
Ingin Tubuh Ramping dengan Korset Pelangsing? Cari Tahu Dulu Yuk Efek Sampingnya

Tubuh langsing dan terbebas dari lemak adalah dambaan setiap wanita. Alih-alih menggunakan cara alami seperti berolahraga atau menjaga pola makan, banyak yang memilih cara instan untuk mendapatkan tubuh ideal idamannya.

Salah satunya dengan korset pelangsing. Apakah kamu salah satu orang yang tertarik dengan barang ini?

Beberapa nama produk berlomba-lomba untuk membeberkan keunggulan korset pelangsing mereka. Hal itu wajar karena mereka memang berjualan agar produknya laris manis.

Namun sebagai konsumen, kamu perlu hati-hati. Jangan terlena dengan ‘hal ajaib’ yang ditawarkan.

Ada bahaya dari korset ini yang bisa merugikan kesehatanmu, lho. Nah berikut ini adalah efek samping dari korset pelangsing yang patut untuk kamu waspadai.

1. Menyebabkan Pusing

korset pelangsing menyebabkan pusing
googleusercontent.com

Korset pelangsing sengaja didesain dengan tampilan yang ketat. Karena memang bertujuan untuk membentuk tubuh supaya ramping, khususnya pada bagian dada hingga perut bagian bawah.

Pemakaian korset yang ketat dapat membuat napas terasa sesak. Hal ini karena asupan udara ke paru-paru menjadi terhambat.

Terhambatnya udara ke paru-paru akan membuat napas lebih pendek. Apabila korset pelangsing digunakan dalam waktu yang cukup lama, pemakai akan mengalami pusing atau sakit kepala.

Menurut ahli kesehatan, untuk menghindari efek samping yang tidak baik korset hanya boleh digunakan dalam waktu 4 hingga 5 jam setiap harinya.

2. Alergi pada Kulit

korset dapat menyebabkan alergi
walmartimages.com

Efek samping dari korset yang sering dialami oleh pemakainya adalah masalah pada kulit. Meski banyak produk yang mengklaim memiliki bahan dengan penyerapan yang kuat, mampu membunuh bakteri dan kelembaban.

Panas yang ditimbulkan oleh korset untuk membakar lemak bisa membuat kulit alergi. Apalagi bagi kamu yang memiliki kulit sensitif.

Penggunaan pakaian pelangsing yang ketat akan menimbulkan gesekan yang bisa meninggalkan bekas. Contohnya seperti ruam merah ataupun peradangan pada kulit.

Baca juga: 6 Gerakan Yoga untuk Menurunkan Berat Badanmu yang Berlebih

3. Melemahkan Otot

infrared slimming suit
belitar.com

Seiring dengan perkembangan teknologi, kebanyakan korset pelangsing saat ini dilengkapi dengan sinar infrared. Sinar inilah yang katanya akan bekerja untuk menghilangkan lemak. Sehingga kamu tidak perlu lagi banyak bergerak.

Tak hanya membakar lemak, radiasi dari sinar infra merah teryata bisa melemahkan otot. Hal ini karena otot secara terus menerus dipanaskan. Apalagi ketika memakai korset pelangsing dalam waktu yang lama.

4. Kerusakan Saraf

penggunaan korset dapat menekan saraf
bustle.com

Pemakaian korset yang ketat akan menekan saraf pada tubuh dan dapat mengakibatkan mati rasa.

Seorang dokter dan konsultan kesehatan dari New York, Dr Orly Avitzur mengatakan, ia pernah merawat seorang pasien yang mengalami kerusakan pada sarafnya dan infeksi kandung kemih karena penggunaan korset pelangsing.

Padahal usia pasien yang terobsesi pada tubuh langsing ini baru menginjak 15 tahun. Wah, ngeri ya?

5. Kerusakan Organ Vital

korset pelangsing menekan organ vital
aolcdn.com

Selain menekan saraf, korset yang ketat juga menekan berbagai organ vital. Khususnya hati, ginjal, dan paru-paru. Hal ini dapat menyebabkan organ penting tersebut rusak karena terdorong ke daerah yang tidak semestinya.  

6. Tumbuhnya Miom

tumbuhnya miom pada rahim
alghad.com

Salah satu bahaya dari tekanan yang diberikan korset pada area perut adalah memicu tumbuhnya miom. Miom adalah tumor jinak yang tumbuh di sekitar rahim.

Pertumbuhan tumor ini diakibatkan oleh sel otot rahim yang tumbuh secara tidak normal.

Baca juga: 4 Diet Paling Menakutkan yang Sebaiknya Nggak Kamu Coba!

7. Gangguan pada Tulang

kerusakan tulang akibat korset pelangsing
cbsistatic.com

Tekanan yang diberikan korset pelangsing pada tubuh bisa mengakibatkan cedera pada tulang, khususnya tulang belakang dan tulang rusuk.

Tulang rusuk bisa retak bahkan menekan organ vital didalamnya. Selain itu penggunaan korset dalam jangka waktu yang lama bisa menyebabkan ngilu pada bagian tulang belakang.  

8. Berbahaya bagi Pengguna Spiral

alat kontrasepsi spiral
businessinsider.com

Efek panas yang dihasilkan korset pelangsing bisa berbahaya bagi yang menggunakan alat kontrasepsi spiral.

Aliran panas yang bertemu logam bahan pembuat spiral bisa mengakibatkan jaringan pada rahim rusak.

Selain itu, alat kontrasepsi bisa bergeser dan kehilangan fungsinya sehingga beresiko pada kehamilan.

Sekarang sudah tahu kan bahaya yang bisa ditimbulkan dari penggunaan korset pelangsing. Jangan sampai hanya untuk mengejar tubuh langsing, kesehatan tubuh harus kamu korbankan ya.

0 Komentar