Ini Alasan Mengapa Kurma Disarankan Sebagai Makanan Berbuka Puasa

05 June 2018, at 09:02
1
0
Ini Alasan Mengapa Kurma Disarankan Sebagai Makanan Berbuka Puasa

Bulan Ramadan merupakan bulan yang dinanti-nantikan oleh para umat Muslim. Bulan ini merupakan bulan yang special karena banyaknya hal yang hanya muncul saat Ramadan. Di antaranya, ngabuburit, buka puasa bersama, dan makanan-makanan khas yang hanya ada saat bulan puasa. Kalau diperhatikan, ada beberapa makanan dan minuman yang identik dengan bulan Ramadan. Makanan dan minuman tersebut di antaranya kolak, sirup dingin, es kopyor, serta kurma. Ngomong-ngomong soal kurma, biasanya banyak orang berbuka puasa dengan buah yang berasal dari Timur Tengah ini. Setelah berpuasa makan dan minum selama kurang lebih 13 jam lamanya, kurma jadi salah satu makanan utama untuk berbuka puasa karena kaya manfaat. Lantas, apa saja sih manfaat berbuka puasa dengan kurma?

 

 

Mengembalikan energi dengan cepat

 

Setelah beraktivitas seharian sambil berpuasa, tentu badan akan terasa lemas. Hal ini dikarenakan oleh terbuangnya energi untuk beraktivitas yang tidak langsung digantikan dengan asupan energi yang baru. Kurma adalah buah yang mengandung glukosa yang tinggi sehingga baik untuk mengembalikan energi yang terbuang. Dengan mengonsumsi kurma saat buka puasa, energimu akan cepat kembali dan siap beraktivitas kembali. Namun bagi penderita Diabetes, tidak disarankan untuk mengonsumsi kurma terlalu banyak karena akan meningkatkan kadar gula yang justru akan membahayakan.

 

Membuat perut kenyang terlalu lama

 

Mengonsumsi kurma memang membuat perut cepat merasa kenyang. Tiga buah kurma saja sudah cukup untuk mengenyangkan perut. Hal ini dapat menahan hawa nafsu kamu untuk mengonsumsi banyak makanan setelah memakan kurma, sehingga, perut akan kenyang lebih lama dan tentu saja kamu akan terhindar dari bahayanya makan tidak terkontrol.

 

Mencukupi kebutuhan nutrisi

 

Kandungan nutrisi dalam kurma memang beragam. Di dalam sebuah kurma terdapat kalsium, zat besi, fosfor, sodium, potassium, magnesium, serta beragam vitamin seperti thiamin, riboflavin, asam folat, vitamin A dan K. Dengan beragamnya kandungan nutrisi dalam kurma, tentu akan memenuhi kebutuhan nutrisi selama berpuasa.

 

Menjaga pencernaan

 

Kurma tergolong makanan laksatif yang baik untuk menghentikan konstipasi. Kurma juga kaya akan serat yang menyehatkan pencernaan. Selama berpuasa makan dan minum, bukan tidak mungkin pencernaan akan terganggu. Dengan mengonsumsi kurma, perut menjadi nyaman dan puasa pun akan lancar.

Nah, ternyata ada alasan ilmiah di balik saran mengkonsumsi kurma sebagai menu berbuka puasa. Semoga info ini berguna untukmu ya, dan selamat menjalankan ibadah puasa!

0 Comment