Ini Alasan Tisu Toilet Tidak Boleh Digunakan di Muka atau Meja Makan

21 December 2018, at 07:00
2
0
Ini Alasan Tisu Toilet Tidak Boleh Digunakan di Muka atau Meja Makan

Kamu pasti sering melihat fenomena tisu toilet yang nangkring di atas meja makan, kan? Biasanya hal ini dilakukan di warung-warung atau rumah makan. Memang ada-ada saja orang Indonesia.

Mungkin banyak yang berpikir bahwa tisu ya tisu, semua sama saja. Akan tetapi, ternyata anggapan tersebut salah, lho.

Tidak semua tisu sama. Itulah mengapa ada yang namanya facial tissue untuk mengelap wajah, toilet tissue untuk pengganti air saat BAB, napkin tissue untuk membersihkan mulut seusai makan dan multi purpose tissue untuk membersihkan segala hal.

tisu toilet
wikihow.com

Kalau kamu sering menggunakan tisu toilet yang seharusnya digunakan untuk mengelap kotoran, sebaiknya kamu segera menghentikan kebiasaan tersebut. Atau jika menemui tisu toilet di meja makan, lebih baik jangan digunakan.

Menggunakan tisu toilet untuk wajah, bibir, dan lain sebaginya bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan, lho. Begini penjelasannya.

1. Tidak Menyerap Minyak

tidak menyerap minyak
tampilcantik.com

Berbeda dengan tisu makan yang dirancang khusus untuk mneyerap minyak, tisu toilet ternyata tidak bisa menyerap minyak dengan maksimal.

Hal ini disebabkan karena tisu toilet memang seharusnya difungsikan untuk dipakai sedikit saja karena lebih menyerap air.

tisu toilet bab
hellosehat.com

Jika kamu menggunakan tisu toilet setelah makan, maka minyak bekas makanan tidak akan terserap dengan benar.

Hal ini justru akan menjadikan muka dan kulitmu menjadi sarang kuman karena minyak yang dilap tidak bersih maksimal. Begitu juga jika kamu menggunakannya untuk mengelap keringat.

2. Mudah Hancur Jika Terkena Air

tisu toilet mudah hancur
asset.winnetnews.com

Kamu pasti pernah menggunakan tisu toilet yang disediakan di warung atau kedai makan, kan? Ketika menggunakannya untuk mengelap meja atau tangan yang basah, tisu toilet pasti mudah hancur.

tius toilet mudah hancur jika terkena air
diva.aktuality.sk

Hal tersebut memang wajar terjadi. Pasalnya, tisu toilet memang dibuat agar mudah hancur saat terkena air agar tidak menyebabkan mampet ketika dibuang di saluran pembuangan.

Jadi, penggunaan tisu toilet tentu tidak cocok untuk wajah dan tempat makan, kan? Jika serpihan tisu masuk ke mulut, hal ini akan menyebabkan gangguan pencernaan.

3. Permukannya Kasar

permukannya kasar
voith.com

Sadar tidak kalau kulit wajah berbeda dari kulit bagian tubuh lainnya? Kulit muka lebih sensitif dan memperlukan banyak penanganan khusus daripada kulit badan.

Sabun badan dan sabun muka saja berbeda mulai dari komposisi dan lain sebagainya.

memegang tisu toilet
grid.id

Begitu pula dengan tisu, kamu sebaiknya tidak menggunakan tisu toilet untuk mengelap wajah. Tisu toilet tidak ramah untuk kulit wajah yang sensitif. Bisa-bisa kulitmu menjadi iritasi dan tergores karena permukaannya yang kasar.

Baca Juga: 8 Benda di Kantor yang Menyimpan Kotoran dan Bakteri, Sudah tau?

4. Terbuat dari Bahan-Bahan Daur Ulang

menarik tisu toilet
thinkstock.com

Kamu tahu nggak sih kalau banyak tisu toilet yang terbuat dari bahan-bahan daur ulang? Memang tidak semuanya, tetapi kebanyakan seperti itu.

Hmm, masih mau menggunakannya untuk wajah atau mulut?

dampak tisu toilet bagi wajah
meramuda.com

Jika kamu menggunakannya untuk mengelap mulut setelah makan, hal ini bisa meningkatkan risiko keracunan.

Tisu toilet mengandung bakteri bacillus yang dapat menyebabkan keracunan makanan, infeksi mata, paru-paru, darah dan sistem saraf pusat.

5. Tidak Praktis

tisu toilet tidak praktis
inovasee.com

Tisu wajah atau tisu serbaguna biasanya sudah dirancang atau memiliki porsi yang pas dalam setiap pemakaian. Kamu bisa mengambilnya satu per satu dengan mudah tanpa khawatir tisu lainnya akan ikut terambil.

tisu toilet di menja makan
potretnews.com

Berbeda dengan tisu toilet yang berbentuk gulungan dan harus disobek ketika diambil. Hmm, cukup ribet ya? Hal ini membuat tisu toilet tidak praktis dan tidak cocok digunakan untuk digunakan di wajah atau penggunaan normal sehari-hari (kecuali di toilet).

Ternyata meskipun bahayanya tidak terlalu terlihat, akan tetapi menggunakan tisu toilet untuk mengelap wajah atau mulut merupakan hal yang memberi dampak negetif. Terutama bagi kesehatan.

Kamu bisa terserang berbagai penyakit jika terus melakukan kebiasaan buruk tersebut. Sebaiknya kamu selalu menyiapkan tisu pribadi ketika pergi keluar rumah agar tidak terpaksa menggunakan tisu toilet untuk wajah dan mulutmu.

0 Comment