Ini Lho Alasan Mencengangkan dari Tulisan 'Ambulance' yang Terbalik, Sudah Tahu?

04 December 2019, at 09:00
0
0
Ini Lho Alasan Mencengangkan dari Tulisan 'Ambulance' yang Terbalik, Sudah Tahu?

Sebagian pengguna jalan, baik itu sepeda motor atau mobil. Pasti pernah bertemu dengan ambulans ya.

Nah, sebagian dari pengguna itu pasti pernah merasa bingung dengan kata 'Ambulance' yang ditulis terbalik di bagian depan mobil.

Buat kamu yang penasaran tentang penulisan terbalik itu, Qupas akan mengupas alasan kata tersebut ditulis terbalik yang ternyata ada penjelasan singkat mengenai hal tersebut.

kereta ambulans
gazeteuzay.com

Ambulans pertama kali muncul bukan menggunakan mobil seperti saat ini lho. Melainkan menggunakan gerobak yang ditarik oleh seekor kuda.

Tepatnya pada tahun 1487 pada saat perang yang ada di daerah Granada. Karena banyaknya korban yang berjatuhan, Jean Larrey yang merupakan dokter bedah menciptakan sebuah kereta.

Kereta beroda empat itu berisi alat-alat kesehatan dan beberapa stok obat. Seiring dengan berjalannya waktu, ambulans dikembangkan menjadi berbagai versi yang lebih modern.

tulisan ambulance
ayopurwakarta.com

Di Indonesia sendiri, ambulans menggunakan sebuah mini bus yang didesain khusus untuk membantu orang-orang yang sedang membuthkan pertolongan.

Tapi tahu nggak sih, kalau ambulans di Indonesia memiliki enam suara sirine yang punya fungsi berbeda-beda?

Dilansir dari healthdetik.com, ada enam jenis suara sirine yang memiliki fungsi berbeda-beda. Hanya saja, ada dua jenis suara sirine yang biasanya digunakan saat ambulans berjalan, yaitu Sirine nomor 1 dan sirine nomor 2. Sedangkan ntuk sirine nomor 3 sampai 6 jarang digunakan.

Baca juga: 5 Inovasi Nyeleneh Driver Ojol Ini Bikin Penumpang Serasa di Kelas Eksekutif, Keren!

Nah, kalau sirine nomor 1 digunakan untuk pasien emergency. Kalau sirine nomor 2 hanya digunakan untuk mengantarkan orang meninggal.

Nggak hanya jenis dari sirine saja yang memiliki fungsi berbeda-beda, tapi juga armada ambulans juga ada jenisnya.

ambulans di indonesia
acendustri.com

Ada ambulans transportasi, ambulans advance, ambulans rumah sakit lapangan, dan mobil jenazah. Diantara armada mobil ambulans ini pasti kamu pernah menemui tulisan yang terbalik.

Kata 'Ambulance' yang tertulis terbalik itu bukan karena salah penempatan, melainkan karena memang disengaja ditulis seperti itu.

Jawaban paling sederhana dari pertanyaan tulisan AMBULANCE yang terbalik itu adalah, agar jika dilihat di kaca spion terlihat kata dengan benar.

ambulans
versiya.info

Namun, Luke Stein yang merupakan Assistant Professor yang juga Emergency Medical Technician (EMT) mengatakan ada alasan lain yang mendasari tulisan terbalik itu.

Itu karena tulisan tersebut sebagai penanda identitas kendaraan. Untuk seseorang yang terlalu fokus dalam berkendara seringkali abai terhadap sirine atau kedipan lampu mobil.

Dengan begitu, tulisan terbalik ini diharapkan bisa menjadi penanda kalau di belakang mobil sedang ada kendaraan lewat kaca spion.

Baca juga: 7 Potret Garasi Mobil yang Nyeleneh, Anti Panas dan Nggak Ganggu Jalan Umum!

tulisan ambulans terbalik
otomotifmagz.com

Selain itu, sebuah studi keselamatan di Australia juga pernah menyebutkan kalau tulisan terbalik dari kata AMBULANCE dinilai lebih komunikatif dibandingkan dengan lambang tulisan biasa.

Gimana, Sobat Qupas jadi semakin tahu bukan? Nah, kira-kira hal kecil apalagi sih yang mungkin kamu belum tahu dan ingin kamu ketahui?

0 Comment