Inilah 5 Cara Alami Memutihkan Gigi Agar Senyummu Lebih Cerah

20 August 2018, at 02:54
0
0
Inilah 5 Cara Alami Memutihkan Gigi Agar Senyummu Lebih Cerah

Gigi menguning adalah salah satu permasalahan yang menjadi keluhan beberapa orang. Bagaimana tidak, permasalahan ini tentu akan mengganggu penampilanmu. Sebenarnya bisa saja datang ke dokter untuk mengembalikan gigi menjadi putih, tapi tentu hal ini membutuhkan biaya yang nggak sedikit. Jangan terlalu khawatir, karena ada kok cara alami memutihkan gigi supaya kamu lebih percaya diri. 

Memang cara terbaik agar gigi nggak menguning adalah dengan melakukan pencegahan. Kebiasaan seperti merokok, minum teh ataupun kopi sebaiknya dihindari agar gigi nggak menguning. Tapi, kalau sudah terlanjur menguning, bisa juga pakai cara alami dan dilakukan di rumah.

Tentunya bahan-bahan yang digunakan untuk memutihkan gigi mudah didapat. Nggak hanya itu, kamu pun bisa melakukannya di rumah tanpa perlu ke dokter gigi. Penasaran? Ini, lho beberapa cara alami memutihkan gigi agar senyummu lebih menawan!

Baca juga: 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menggosok Gigi

1. Menggunakan Baking Soda

gigi putih karena baking soda
stemjar.com

Gigi putih cemerlang dapat didapatkan dengan menggunakan baking soda. Baking soda memang dipercaya bisa membersihkan noda pada gigi. Tentu saja, kamu juga nggak perlu mengeluarkan biaya lebih untuk membuat gigimu terlihat lebih cantik.

Nah, cara aplikasinya mudah, cukup campurkan baking soda dengan sedikit air hingga menjadi pasta. Kamu juga bisa mengganti air menggunakan jeruk nipis atau lemon. Selanjutnya, gosokkan pasta pada permukaan gigi dan diamkan selama satu menit. Kalau sudah, bilas menggunakan air bersih, maka gigimu akan terlihat lebih cerah.

baking soda untuk memutihkan gigi
toothstars.co.uk

Ada satu hal yang sebaiknya kamu ingat. Kamu nggak bisa menggunakan baking soda terlalu sering karena bisa merusak lapisan gigimu. Untuk itu, kamu cukup menggunakannya selama satu sampai dua kali dalam sebulan. Selain itu, kamu juga bisa berkonsultasi pada dokter gigi terlebih dahulu sebelum menggunakan baking soda.

2. Menggunakan Lemon dan Garam

gigi putih dengan lemon dan garam
fineartamerica.com

Gigi kuning yang bisa membuat kamu kurang pede ternyata bisa 'diusir' menggunakan campuran lemon dan garam, lho. Dengan menggunakan bahan-bahan ini, tentunya kamu akan mendapatkan dua keuntungan sekaligus. Kamu bisa mendapatkan gigi putih cemerlang sekaligus menghemat biaya.

Garam ini dipercaya sebagai bahan alami untuk menyingkirkan noda pada gigi. Sementara kandungan asam dalam lemon juga bisa memaksimalkan garam untuk membuat gigi lebih cemerlang. Tapi ingat, kalau gigimu sensitif, sebaiknya lebih hati-hati, ya!

lemon dan garam untuk memutihkan gigi
musely.com

Cara penggunaannya gampang kok. Campur saja satu sendok garam dan perasan lemon hingga menjadi pasta. Selanjutnya, gosokkan pasta campuran kedua bahan itu ke permukaan gigimu dan diamkan selama beberapa menit. Kalau sudah, kamu bisa membilasnya menggunakan air hangat. Jangan lupa juga, hasil maksimal bisa didapatkan kalau kamu melakukannya secara teratur, yakni dua kali dalam seminggu.

Baca juga: 5 Cara Alami Untuk Memutihkan Lutut dan Siku Kamu yang Menghitam

3. Menggunakan Stroberi

gigi putih pakai stroberi
lorensworld.com

Cara alami memutihkan gigi yang juga bisa kamu praktekkan di rumah adalah dengan menggunakan buah stroberi. Selain segar dimakan, ternyata buah cantik ini bisa juga digunakan untuk membuat gigi jadi putih bersih. Tentu saja, kamu juga nggak perlu rogoh kocek berlebih untuk mendapatkan buah satu ini.

Dilansir dari Daily Mail, ternyata, buah stroberi ini mengantung jenis asam, yakni malic acid yang bisa menjadikan gigi jadi putih. Zat ini juga bisa memutihkan gigi secara lembut tanpa merusak gigi. Selain malic acid, kandungan citric acid juga ada dalam buah ini. Tapi, kandungannya lebih kecil daripada malic acid sehingga resiko gigi rapuh bisa diminimalisir.

stroberi untuk putihkan gigi
dewda.com

Untuk memutihkan gigi, kamu bisa memilih buah stroberi yang telah matang. Semakin matang, ternyata kandungan malic acid juga lebih tinggi. Caranya, tumbuk stroberi matang sampai halus, kemudian gosokkan pada permukaan gigi. Tunggulah beberapa saat sebelum membilasnya dengan air bersih. kalau ingin hasilnya maksimal, lakukan secara rutih selama dua minggu, ya!

4. Menggunakan Kulit Jeruk

gigi putih dengan kulit jeruk
kristinandco.com

Siapa sangka, bahan bekas makananmu juga bisa, lho digunakan untuk memutihkan gigi. Contohnya adalah kulit jeruk. Meskipun meragukan, ternyata memang kulit jeruk bisa membuat penampilan gigimu lebih cerah alami. Dengan begitu, tentu saja kamu akan lebih hemat untuk membuat gigimu jadi cantik.

Jadi, kenapa kulit jeruk bisa membantumu untuk memutihkan gigi? Ternyata pada bagian putih kulit jeruk ini mengandung vitamin C, pektin, limonene, glutarate dan serat larut. Nah, karena kandungan beberapa zat ini, gigimu tentu akan jadi semakin cantik menawan.

kulit jeruk untuk memutihkan gigi
hungryforever.com

Caranya gampang banget kok. Cukup gosokkan bagian dalam kulit jeruk yang berwarna putih pada gigi yang menguning dan biarkan selama 3-4 menit. Selanjutnya, kamu bisa membersihkan sisa kulit jeruk yang ada di gigimu menggunakan sikat. Jangan lupa, lakukan hal ini secara teratur agar hasilnya lebih maksimal, ya!

5. Menggunakan Arang Aktif

gigi putih dengan arang aktif
trustdentalcare.com

Kedengarannya memang meragukan saat arang digunakan untuk memutihkan gigi. Pada kenyataannya, memang bahan ini bisa membuat gigimu jadi putih bersih. Tapi ingat, bahan yang digunakan adalah arang aktif atau karbon aktif (activated charcoal).

Apa sih arang aktif itu? Ternyata, arang ini sudah diproses sedemikian rupa sehingga punya daya serap tinggi terhadap bahan berbentuk larutan maupun uap. Jangan khawatir, kamu nggak perlu susah-susah bikin arang aktif ini. Pasalnya, arang aktif dalam bentuk tablet bisa kok dibeli di apotek kesayanganmu.

arang aktif untuk putihkan gigi
bulldognutrition.com

Cara penggunaannya mudah, cukup ambil arang aktif dan campur dengan air hingga menjadi pasta. Taruh pasta arang aktif di atas sikat gigi, kemudian gosokkan pada gigimu. Tahan beberapa menit, kemudian bilas menggunakan air bersih. Hasilnya, gigimu akan lebih cerah dari sebelumnya. Yuk, dicoba!

Itulah beberapa cara alami memutihkan gigi agar penampilanmu lebih menawan. Nggak perlu pergi ke dokter gigi atau melakukan perawatan yang bisa menguras kantongmu, beberapa bahan di pasaran juga bisa kok dimanfaatkan. So, cobalah beberapa rekomendasi cara yang Qupas rekomendasikan buat kamu, ya!

0 Comment