Inilah 6 Kebiasaan Sepele Penyebab Kanker Payudara, Kamu Pernah Melakukannya?

05 October 2018, at 07:18
0
0
Inilah 6 Kebiasaan Sepele Penyebab Kanker Payudara, Kamu Pernah Melakukannya?

Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang sangat ganas dan telah memakan banyak korban nyawa. Penyakit yang satu ini tergolong sebagai penyakit paling mematikan sehingga perlu diwaspadai kemunculannya sedini mungkin.

Ada banyak jenis kanker yang bisa menyerang, mulai dari kanker usus, kanker paru, kanker rahim, kanker prostat, kanker darah, dan sebagainya. Semua jenis kanker ini bisa menyerang siapa saja tanpa kompromi, baik anak kecil hingga dewasa.

kanker payudara
hellosehat.com

Namun, dari semua jenis kanker tersebut, ada satu lagi jenis kanker yang cukup mengerikan dan ditakuti oleh kebanyakan wanita. Kanker tersebut adalah kanker payudara. Yap, mendengar kata kanker payudara memang bisa membuat semua wanita menjadi gemetar, sebab semua wanita berisiko mendapatinya.

Ketika sudah terkena kanker payudara, maka kehidupan akan berubah drastis. Sebab, tidak hanya fisik saja yang akan diserang, melainkan mental juga. Oleh karenanya, sebelum menderita penyakit ganas ini, setiap wanita harus mencegah dengan cara mengetahui apa saja penyebab utamanya.

Sebab, dari penelitian terbaru mengatakan bahwa ternyata ada beberapa kebiasaan sepele yang memicu terjadinya kanker payudara pada wanita. Apa saja kebiasaan tersebut? Simak informasinya berikut ini.

Baca juga : 6 Ciri-Ciri Darah Rendah yang Harus Diwaspadai Sebelum Terlambat

1. Pemalas

wanita pemalas
40plus.co.in

Kebiasaan yang satu ini terkesan sepele, bukan? Bermalas-malasan di rumah adalah sebuah kebiasaan yang paling umum dilakukan oleh kebanyakan orang. Tapi, ternyata di balik kebiasaan ini ada banyak dampak buruk, salah satunya adalah kanker payudara. Sebab, virus akan semakin betah bersarang pada tubuh seorang pemalas dan akhirnya menyerang sistem imun. Jadi, hindari kebiasaan yang satu ini, lebih baik melakukan aktivitas fisik, seperti berkebun, jalan-jalan, atau olahraga.

2. Junk Food

makan junk food
weeklygravy.com

Mungkin kamu sudah sadar akan hal ini, bukan? Yap, junk food adalah makanan rendah gizi yang memang sama sekali tidak memberikan manfaat baik bagi tubuh. Namun, sayangnya banyak orang yang tidak memperdulikannya. Padahal dari beberapa survei, ditemui hasil kalau junk food merupakan faktor utama dari kemunculan kanker, khususnya kanker payudara.

3. Merokok dan Alkohol

wanita merokok
satuterpenting.com

Seperti yang sering kamu dengar, merokok dan mengonsumsi alkohol adalah kebiasaan yang sama sekali tidak memberi manfaat. Bahkan, merugikan tubuh, baik dalam jangka waktu pendek ataupun panjang. Sebab kedua produk ini memiliki segudang racun dan zat berbahaya bagi tubuhmu yang akan memicu risiko komplikasi mengerikan bagi kesehatan, terutama organ keintiman seperti payudara dan sebagainya.

Baca Juga: 4 hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Menikahi Pria Perokok

4. Begadang

wanita begadang
netralnews.com

Kemudian, kanker payudara juga bisa disebabkan oleh kebiasaan begadang. Jika kamu adalah wanita karir, maka jangan pernah menggadaikan kesehatan hanya untuk pekerjaan. Ada waktunya bekerja dan ada waktunya istirahat. Memaksakan tubuh untuk bekerja di malam hari bukanlah keputusan yang tepat. Sebab, tidur adalah cara paling ampuh untuk mendetoks tubuh secara alami.

5. Radiasi Ponsel

radiasi ponsel
videoblocks.com

Nah, kalau yang satu ini wajib kamu perhatikan dan jangan pernah disepelekan. Radiasi ponsel disinyalir bisa memicu terjadinya kanker payudara di usia muda. Sebab, gelombang magnetik yang masuk ke dalam tubuh akan memecah sel baik dan membangkitkan sel-sel kanker secara bertahap. Sehingga semakin sering payudara terkena radiasi ponsel, semakin tinggi pula risikonya. Jadi, batasi penggunaan ponsel untuk menjaga kesehatan, terutama saat beranjak tidur di malam hari.

6. Polusi Udara

masker jalanan
carbonbrief.org

Bagi kamu yang memiliki rutinitas pada serta mobilitas tinggi, alangkah baiknya kamu mengenakan masker atau pelindung wajah. Sebab, ada banyak kajian medis yang menyebutkan bahwa kanker payudara juga bisa dipicu dari udara kotor yang dihirup setiap hari. Polusi udara itu akan membangkitkan sel-sel jahat di dalam tubuh, khususnya pada bagian payudara karena letaknya berdekatan dengan paru-paru.

Nah, itulah beberapa kebiasaan sepele yang bisa menjadi pemicu kanker payudara. Yuk jaga kesehatanmu dari sekarang!

0 Comment