Inilah Penjelasan Medis Kenapa Orang Lapar Mudah Emosi

26 October 2018, pada 04:01
0
0
Inilah Penjelasan Medis Kenapa Orang Lapar Mudah Emosi

Lapar adalah sebuah reaksi alami tubuh ketika membutuhkan asupan makanan. Biasanya, saat lapar mulai terasa maka otak akan mengirimkan sinyal atau isyarat, seperti badan lemas, gemetar, bahkan perut berbunyi.

Perlu disadari juga, setiap manusia membutuhkan makan untuk tetap bertahan hidup. Sehingga tidak ada satu orang pun yang terbebas dari rasa lapar. Namun kebanyakan orang lebih suka menahan lapar karena berbagai alasan.

Inilah Penjelasan Medis Kenapa Orang Lapar Mudah Emosi
hellosehat.com

Padahal, menahan rasa lapar sangatlah menyiksa. Sebab, saat tubuh terasa lapar maka tubuh akan menjadi lemas dan perut akan terasa nyeri karena asam lambung naik. Jika terus dibiarkan, kemungkinan besar penyakit maag dan lambung akan menyerang.

Selain itu, ada hal lain yang dapat terjadi ketika lapar, salah satunya adalah mudah emosi atau cepat marah. Mungkin kamu pernah melihat atau mengalami sendiri, ketika perut lapar maka emosional menjadi kacau.

Kamu menjadi mudah marah, sensi, dan rasanya bad mood terus. Sedangkan saat perut sudah terisi, maka tiba-tiba suasana hati menjadi riang kembali. Emosional lebih terkontrol dan pikiran menjadi segar.

Baca juga: Berlebihan Makan Daging Bisa Picu Kanker Payudara, Hoax atau Fakta?

Inilah Penjelasan Medis Kenapa Orang Lapar Mudah Emosi
reddit.com

Banyak yang mengatakan hal ini cuma mitos, padahal bukan. Pasalnya, sebuah studi yang dilakukan oleh University of Guelph di Kanada menyatakan bahwa ketika seseorang lapar maka emosi akan memuncak.

Hal ini dikarenakan pada saat lapar kada glukosa dalam tubuh mengalamai penurunan secara drastis atau yang biasa disebut dengan hipoglikemia, sehingga kondisi tersebut menyebabkan efek besar pada suasana hati.

Penelitian lain juga dilakukan untuk meneliti tentang apa akibat dari penurunan kadar glukosa pada tikus, dengan kata lain penelitian ini menggunakan tikus sebagai objek penelitiannya.

Sebagian tikus disuntik untuk menurunkan kadar glukosa. Sementara, saat berada di ruangan lain, tikus-tikus tersebut diberi air.

Inilah Penjelasan Medis Kenapa Orang Lapar Mudah Emosi
otoritasnews.co.id

Hasilnya, ketika mereka diberi kesempatan untuk memilih ruangan, para tikus tersebut menghindari ruangan yang sebelumnya dijadikan tempat di mana mereka mengalami hipoglikemia karena merasa takut dan stres.

Rasa stres tersebut terjadi karena darah tikus yang mengalami hipoglikemia mengandung zat kortikosteron yaitu zat yang dapat mengindikasi rasa stres.

Walaupun demikian, para peneliti masih tetap terus mengembangkan penelitian mereka untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hubungan antara rasa lapar dan emosional yang tinggi.

Untuk itu, jangan biasakan diri untuk menahan lapar karena dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

0 Komentar