Inilah Tual, Surga Tersembunyi di Maluku yang Jadi Lokasi Syuting Kapal Goyang Kapten

10 September 2019, at 15:00
0
0
Inilah Tual, Surga Tersembunyi di Maluku yang Jadi Lokasi Syuting Kapal Goyang Kapten

Nama Tual pasti masih asing buat sebagian traveler. Tapi setelah film Indonesia terbaru berjudul "Kapal Goyang Kapten" rilis, destinasi di Maluku tersebut seolah membuka mata kita bahwa masih banyak surga tersembunyi di Tanah Air.

Tual sendiri ada di Pulau Kei Kecil di Maluku sebelah Tenggara. Pulau ini berjajar dengan Pulau Kei Besar dan diapit oleh Banda dan Laut Arafura.

Dilansir dari Viva, secara geografis, Tual ada di sebelah tenggara Ambon, ibu kota Maluku. Dan perlu kamu tahu nih, Tual termasuk sebagai kota kepulauan, lho. Menarik ya?

pulau bair tual
instagram.com/hendisyahputra

Masyarakat Maluku pun sudah mengenal Tual sebagai daerah yang punya potensi wisata eksotis. Sayang, nggak banyak yang tahu tentang 'surga' di provinsi kelahiran pahlawan Pattimura ini. Tapi mungkin dengan adanya film Kapal Goyang Kapten, kecantikan wisata di Maluku bakal terekspos.

Buat kamu yang hobi bertualang dan pengen mengeksplorasi wisata alam di Indonesia, Tual recommended buat dikunjungi. Pasalnya keindahan lautm pulau, pantai, dan beberapa kawasan lain bakal kamu nikmati di sini. Seperti ini gambarannya.

1. Pulau Bair

pulau baer
instagram.com/rizasalahudin

Pulau Bair di Kota Tual ini sering disebut Raja Ampatnya Maluku. Destinasi ini punya air laut yang jernih dan dari kejauhan warnannya biru kehijauan.

Bukan cuma lautan, Pulau Bair Tual pun menyajikan beragam jenis mangrove. Tebing-tebing bebatuan tinggi pun bakal tersaji dihadapanmu saat berada di wisata Maluku ini.

Menariknya, saat air laut sedang surut, kamu juga bisa melihat beberapa pantai di sekitarnya. Kalau beruntung, ada kumpulan ikan hitu jenis Blackpit yang ada di sekitarnya.

pulau bair
instagram.com/elviraputriayu

Saat berada di sini, hunting foto pasti dilakukan sebagian besar traveler. Nah, salah satu spot selfie paling favorit di sini adalah kawasan 'Lorong Mati'. Nggak seseram namanya, tempat dengan tebing sempit di sisi kanan kirinya ini justru eksotis. Cocok buat yang doyan foto.

Selain cuma foto-foto, beberapa kegiatan yang pantang kamu lewatkan saat berada di pulau cantik di Maluku ini adalah berenang, snorkeling, memancing, atau sekadar keliling pulau.

Lokasi Pulai Bair : Kota Tual, Maluku Tenggara

Tiket masuk : Sewa speed boat sekitar Rp50 ribu sampai Rp75 ribuan (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Ada Miniatur Raja Ampat di NTT, Kamu Sudah Tahu?

2. Pantai Ngurbloat

pantai ngurbloat
instagram.com/tanyabaracchi

Ada pulau, pantai cantik pun ada di Kota Tual. Namanya Pantai Ngurbloat.

Nama Ngurbloat sendiri ternyata diambil dari Bahasa Kei, lho. Dimana 'Ngur' artinya pantai, sedangkan 'Bloat' berarti panjang. Jadi bisa juga diartikan kalau Ngurbloat berarti pantai berpasir panjang.

pantai pasir panjang ngurbloat
instagram.com/balnyes

Panjang pesisir ini sendiri sekitar 2 sampai 3 kilometer. Menariknya lagi, wilayah pesisir di Maluku ini disebut sebagai pantai dengan pasir terhalus nomor dua versi National Geographic.

Di sekitar pantai, terdapat banyak pohon kelapa yang rimbun. Deretan saung yang disewakan masyarakat lokal sudah tersedia di wisata pesisir Maluku ini. Bean bag pun juga ada. Cocok deh buat menikmati sunset yang dramatis di Ngurbloat.

Lokasi Pantai Ngurbloat : Ngurbloat, Tual, Kabupaten Maluku Tenggara

Tiket masuk : Parkir motor sekitar Rp5ribu dan mobil Rp20 ribu (harga bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Kampung Merah putih

kampung merah putih
instagram.com/tigamamikece

Sekilas melihat destinasi di Tual ini rasanya seperti melihat Kampung Warna Warni Malang. Bedanya, warna rumah di sini cuma didominasi oleh merah dan putih. Persis seperti bendera Indonesia.

Dulu, perkampungan ini kumuh. Sampai akhirnya ada perusahaan cat yang mendukung acara untuk mewarnai rumah-rumah di sini. Keren ya?

Bukan cuma sekedar diwarnai dengan cat merah dan putih, beberapa spot juga terdapat mural dengan beragam tema, seperti:

  • Persaudaraan
  • Bhinneka Tunggal Ika
  • Cerita soal Kei
  • Persatuan
  • Tokoh-tokoh pahlawan

Baca juga: Menilik Keindahan Banda Neira, Wisata Maluku yang Terpampang di Uang Seribu Rupiah

kampung merah putih tual
instagram.com/rendrahanggara

Saking menariknya, kampung yang diresmikan pada 28 Januari 2018 lalu ini pun menjadi daya tarik para traveler. Hmm, ternyata wisata di Maluku bukan cuma pantai ya?

Lokasi Kampung Merah Putih : Kota Tual, Kabupaten Maluku Tenggara

Tiket masuk : -

Sejatinya, Kota Tual yang jadi lokasi syuting film terbaru Indonesia, yaitu "Kapal Goyang Kapten" punya banyak wisata menarik. Bukan cuma pantai, wisata perkampungan instagenik pun ada. Nggak heran kalau tempat ini dijadikan sebagai lokasi pembuatan film hits.

0 Comment