Qupas Pop

Inilah yang Akan Terjadi Ketika Alasanmu Menikah Hanya Karena Takut Kesepian

26 January 2019, at 01:00
Inilah yang Akan Terjadi Ketika Alasanmu Menikah Hanya Karena Takut Kesepian

Pernikahan merupakan sesuatu yang sakral dan bermakna mendalam. Setiap orang menginginkan jalinan cinta yang harmonis, langgeng, dan bahagia.

Namun, bagaimana jika tujuan seseorang menikah hanya karena dia takut kesepian? Tentu hal ini bukanlah pilihan yang tepat. Sebab ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengusir kesepian.

Tetapi pernikahan terlalu besar untuk menanggungnya. Hal inilah yang akan terjadi padamu apabila kamu memaksa menikah hanya karena takut kesepian.

1. Tetap Kesepian

memaksa menikah karena kesepian akan tetap kesepian
pexels.com/@pixabay

Kesepian tidak disebabkan oleh berapa banyak orang yang ada di sekitarmu. Ini berasal dari dalam hatimu sendiri. Jika kamu menikah hanya karena takut kesepian, hal tersebut tidak akan mengubah apa pun.

makasa menikah karena takut kesepian akan membuat tetap kesepian
lifeloe.net

Perasaan tidak menyenangkan tersebut pasti akan tetap ada dalam dirimu. Mungkin, rasanya akan sedikit berkurang pada awalnya. Tetapi pada akhirnya kamu akan sadar bahwa itu hanya sementara.

Apalagi jika kamu menikahi orang yang tidak terlalu kamu cintai hanya untuk menutupi rasa itu. Kecuali, jika kamu telah menemukan orang yang tepat dan kamu merasakan ikatan yang sangat kuat terhadapnya.

Baca juga: Meski Diam Saja, ini Tanda Pasanganmu Sudah Tak Bahagia Lagi Denganmu

2. Menikahi Orang yang Salah

memaksa menikah karena kesepian bisa membuatmu menikahi orang yang salah
pexels.com/@pixabay

Ketika kamu memutuskan untuk menikah karena kesepian, hal itu akan berpengaruh pada pemilihan calon pasanganmu. Mungkin karena terburu-buru, kamu masih tidak yakin bagaimana perasaanmu padanya.

memaksa menikah karena takut kesepian bisa membuatmu salah memilih
pexels.com/@zun1412

Bisa jadi, kamu berakhir dengan menikahi orang yang salah karena ternyata tidak mencintainya. Padahal, akan percuma saja memiliki pasangan apabila kamu tidak merasakan kedekatan dan ikatan yang spesial dihatimu.

Kondisi ini justru akan menyiksa dirimu sendiri dan pasangan. Bukan kebahagiaan, justru masalah baru yang kamu dapat.

3. Menyakiti Pasangan

memaksa menikah karena kesepian membuatmu menyakiti pasangan
pexels.com/@juanpphotoandvideo

Kesepian membuat pandangan seseorang berubah. Pernikahanmu sejak awal tidak didasari oleh niat membangun rumah tangga dengan cinta. Hubunganmu dan pasangan menjadi timpang karena keegoisanmu.

kamu akan menyakiti pasangan jika memaksa menikah karena kesepian
pexels.com/@vera-arsic-304265

Orang yang kesepian cenderung menganggap sebuah hubungan tidak terlalu berarti. Hal ini akan berpengaruh pada perlakuanmu terhadap pasangan.

Secara tidak sadar, mungkin kamu akan menyakitinya dan dia akan merasa tidak dihargai dalam rumah tangga kalian.

Baca Juga: 5 Persiapan Pernikahan Ini Sering Diabaikan, Gak Melulu Tentang Pesta

4. Tidak Bahagia

memaksa menikah karena kesepian akan membuat tidak bahagia
pexels.com/@pixabay

Percayalah, ketika tujuan menikah hanya karena takut kesepian bukanlah jawaban yang tepat karena tidak menjamin kebahagiaan. Pernikahan adalah seseatu yang lebih besar daripada itu semua.

Komitmen seumur hidup ini harusnya didasari oleh rasa ingin berbagi kebahagiaan satu sama lain. Apabila kamu menikahinya karena takut kesepian, bagaimana kalian bisa saling bebagi?

kamu tidak bahagia jika memaksa menikah karena kesepian
pexels.com/@segopotso-makhutja-443819

Pada akhirnya kamu hanya akan menggantungkan diri pada pasangan. Bukalah pintu bagi orang lain untuk masuk dalam kehidupanmu setelah kamu bisa menerima dan membahagaikan dirimu sendiri.

5. Tidak Siap

memaksa meniikah karena takut kesepian akan membuatmu tidak siap
pexels.com/@kdbishopphotography

Kamu tidak akan siap dengan segala hal yang berhubungan dengan pernikahan. Kehidupan rumah tanggamu dengan pasangan akan menjadi tidak harmonis karena sebelumnya kamu tidak menyiapkan segala hal dengan matang.

memaksa menikah karena kesepian membuatmu tidak siap dalam pernikahan
pexels.com/@download-a-pic-donate-a-buck-8721

Memiliki anak misalnya. Jika alasanmu menikah hanya karena takut sendirian, kamu tidak akan siap dengan hal tersebut. Dampaknya bukan hanya pada dirimu sendiri, tetapi juga suami dan anakmu kelak.

Menikahlah ketika sudah siap dan telah menemukan orang yang tepat. Jangan menikah karena kesepian, ada banyak hal lain yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah tersebut.

Ingin mendapatkan tips tentang percintaan lebih banyak lagi? Kamu bisa mendapatkannya dengan mengunduh aplikasi Qupas pada Google Play Store atau Apple App Store secara gratis!