Insomnia Sulit Hilang? Atasi dengan 6 Tips Ampuh ini!

20 September 2018, at 01:28
0
0
Insomnia Sulit Hilang? Atasi dengan 6 Tips Ampuh ini!

Insomnia adalah sebuah sindrom atau kelainan yang ditandai dengan munculnya rasa sulit untuk tidur. Orang yang menderita kelainan ini biasanya selalu mengeluhkan kondisinya dan ingin segera sembuh agar bisa hidup normal dengan mendapatkan kualitas tidur yang baik.

Sebab, ketika kualitas tidur memburuk, apalagi waktunya berkurang, bisa berdampak buruk bagi kesehatan dalam jangka panjang. Selain itu, kurang tidur di malam hari juga bisa membuat tubuh tidak bugar serta menurunkan produktivitas sehingga bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

insomnia
standard.al

Banyak yang menyebutkan kalau insomnia itu berawal dari rasa cemas yang teramat besar. Rasa cemas itu akan membuat kognitif dan motorik menjadi terganggu sehingga terjadilah gelisah yang menyebabkan seseorang menjadi susah tidur. Namun, tidak sebatas itu saja, masih banyak penyebab lainnya yang perlu kamu perhatikan.

Nah, buat kamu yang bosan dengan belenggu insomnia, sebenarnya ada banyak cara yang bisa kamu lakukan agar terbebas dari masalah ini. Daripada penasaran, berikut adalah beberapa caranya, simak ya!

Baca juga : Menderita Hipersomnia, Wanita ini Pecahkan Rekor Tidur Terlama Sampai 3 Hari

1. Tenangkan Diri

mengatasi insomnia
hellosehat.com

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, insomnia adalah gangguan yang disebabkan oleh kecemasan. Jadi, sebisa mungkin kamu harus membuang kecemasan itu dengan menenangkan diri. Kamu bisa mendengarkan musik, pijat, ataupun relaksasi yang tujuannya adalah untuk membuang rasa cemas itu jauh-jauh.

2. Ciptakan Kenyamanan

insomnia
standard.co.uk

Nyaman di sini bisa diartikan dalam banyak hal, namun intinya kamu harus berada pada kondisi senyaman mungkin. Baik itu memerbaiki posisi tidur, merapikan kasur, ataupun menata kembali ruangan tidur sehingga rasa nyaman itu muncul. Semakin nyaman yang kamu rasakan, maka semakin baik pula untuk mempercepat proses tidurmu.

3. Atur Suhu Ruangan

tidur
nypost.com

Selanjutnya, kamu bisa mengatur suhu ruanganmu. Jangan sampai terlalu pengap, ataupun terlalu dingin. Aturlah sesuai dengan kebutuhan tubuh masing-masing. Sebab, suhu adalah salah satu faktor yang bisa meningkatkan rasa kantuk agar datang lebih cepat.

4. Mandi Sebelum Tidur

mandi sebelum tidur
riliv.co

Mungkin hal ini terdengar sedikit aneh karena mandi di malam hari. Namun, cara ini telah terbukti dan telah digunakan sejak dulu. Dengan mandi, kamu akan merasa tubuhmu menjadi lebih rileks sehingga bisa tertidur dengan cepat. Selain itu, suhu tubuhmu juga akan normal yang akan membuat sirkulasi darah dan oksigen semakin lancar.

5. Jangan Konsumsi Kafein

konsumsi kafein
merdekagoal.com

Ada berbagai teori yang menyebutkan bahwa kafein merupakan salah satu biang kerok dari susahnya tidur. Bahkan, ada pula yang menyebutkan bahwa efek dari kafein bisa bertahan sampai 6 jam! Sehingga disarankan agar kamu tidak mengonsumsi kafein, 6 jam sebelum tidur. Artinya, kamu hanya boleh mengonsumsi kafein di pagi dan siang hari saja.

6. Konsumsi Susu atau Cokelat

minum susu
npr.org

Jika kafein dilarang, maka kamu bisa mengonsumsi susu atau cokelat. Sebab, kedua produk makanan dan minuman ini bisa merangsang otak melepaskan hormon endorfin, yakni hormon bahagia. Jadi, rasa cemas dan stres akan berkurang ketika kamu mengonsumsi susu atau cokelat sebelum tidur. Namun ingat, konsumsinya jangan menggunakan gula berlebih karena bisa membuat obesitas atau diabetes.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk terbebas dari insomnia. Selamat mencoba, ya!

0 Comment