Inspiratif dan Romantis, Pria Ini Bersepeda ke Negeri China Demi Lamar Sang Kekasih

11 January 2019, at 17:00
0
0
Inspiratif dan Romantis, Pria Ini Bersepeda ke Negeri China Demi Lamar Sang Kekasih

Bagi sebagian orang, bersepeda merupakan hobi yang bisa dilakukan setiap akhir pekan atau liburan. Lain halnya dengan Luthfi Maizakusuma yang menganggap bersepeda merupakan jalan hidupnya.

Pemilik akun instagram @penggowes ini bahkan terkenal dengan sebutan “Bang Owes”. Pria asal Sambas, Kalimantan Barat ini sudah menggemari sepeda sejak kecil.

Hingga merantau ke Malang pun,dia tetap menggunakan sepeda sebagai transportasinya. Pada awal tahun 2014, Luthfi melakukan perjalanan menyusuri Indonesia bagian tengah dan timur.

gowes
instagram.com/penggowes

Awalnya hal tersebut dia lakukan untuk melarikan diri dari masalah keluarga yang cukup pelik. Selain itu, perjalanan tersebut juga membuatnya bisa berkonstribusi pada perkumpulan kolektif budaya lisan Debu Nusantara dengan mengumpulkan cerita rakyat.

Setelah setahun gowes sendirian, Luthfi memutuskan untuk kembali ke Malang pada tahun 2015. Hal ini dia lakukan untuk melanjutkan kuliahnya ke jenjang pasca.

Sembari kuliah, Luthi bekerja menjadi tourguide di sebuah outdoor store dan mengamen dengan biola.

Sebenarnya, biola lah yang mempertemukan Lutfi dan kekasihnya, Lukluk UI Muyasssaroh. Mereka sudah cukup lama berpacaran, yaitu sejak Maret 2015.

bersepeda bersama
instagram.com/penggowes

Pada tahun 2016, pacar Luthfii lulus dan mendapatkan beasiswa S2 di China.

Luthfi ingin melanjutkan perjalanan gowesnya dan menyusul pacarnya di China dengan bersepeda. Namun, dia harus meredam keinginan tersebut terlebih dahulu dan menargetkan harus lulus tahun 2017.

Cita-cita menyusul kekasih ke negeri China agak tersendat karena Luthfi mengalami masalah finansial karena dia keluar dari pekerjaannya demi menyelesaikan skripsi.

Biola menjadi satu-satunya yang menopang hidup Luthfi. Bahkan setelah lulus kuliah, dia menunda semua tawaran pekerjaan demi melanjutkan gowes dan menyusul Lukluk di negeri China untuk melamarnya. Perjalanan Luthfi tidak sebentar dan melalui banyak hal.

biola
instagram.com/penggowes

Dia melanjutkan perjalanannya ke Indoneia bagian Barat yang dimulai dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Barat agar bisa berlebaran di kampung halaman dengan modal uang sisa tabungan. Setelah lebaran, Luthfi kembali ke ke Malang untuk memodifikasi sepedanya agar bisa membawa biola.

Hampir seluruh Indonesia sudah dia telusuri. Lutfi mengamen biola pada setiap kota yang dia singgahi. Dengan target awal 30 juta, Luthfi bisa mengumpulkan sebanyak 28 juta selama 6 bulan dari 33 Provinsi di Indonesia.

luthfi gowes
instagram.com/penggowes

Januari 2018, Luthfi mulai masuk Singapura. Dari sana menuju China membutuhkan waktu sekitar 3 bulan. Akan tetapi Lukluk baru akan wisuda pada bulan Juli, sedangkan visa China Luthfi hanya satu bulan. Sehingga dia mengubah rencananya dan menyempatkan diri untuk mengelilingi Nepal dan India terlebih dahulu.

Hal ini menyebabkan biaya yang dikeluarkan Lutfi membengkak. Untungnya dia bisa mengamen di tempat-tempat wisata Nepal.

Perjalan Lutfi tidak mulus-mulus saja, dia beberapa kali mengalami kecelakaan yang menyebabkan ban dan setang sepedanya harus diganti.

Selain itu, dia juga pernah hampir kehilangan nyawa saat berhadapan dengan begal di India. Luthfi memilih untuk menyerakan uang daripada nyawanya melayang.

Baca Juga: 5 Kisah Pertemuan Tak Terduga ini Membuktikan ‘Kalau Jodoh Takkan Kemana’

melamar
instagram.com/penggowes

Setelah tiba di Quilin, tempat Lukluk kuliah, Luthfi tak langsung menemuinya. Dia membuat rencana dan mencari tempat yang tepat untuk menyematkan cincin yang dia bawa dari Indonesia.

Dia juga mencari tempat menginap mura untuk satu har meskipun kekasihnya sudah menyiapkan kos yang dibayar satu bulan.

Lutfi meminta Lukluk dating ke tempat yang telah ditentukan dengan menggunakan jaket mera pemberiannya agar baju mereka terliat serasi. Perjuangan dan kerja keras Lutfi terbayar ketika Lukluk menerima lamarannya.

menikah
instagram.com/penggowes

Saat ini mereka sudah kembali ke Indonesia dan menikah pada tanggal 14 Desember 2018 lalu.

Mereka menikah secara sederana dengan mahar unik berupa uang tunai sesuai hari H dan pop-up lucu yang menggambarkan perjuangan Lutfi menuju China untuk melamar Lukluk. Inspiratif dan romantic sekali, kan?

0 Comment