Intip deh Keindahan Pulau Sapudi yang Sempat Diguncang Gempa Situbondo

12 October 2018, at 02:53
0
0
Intip deh Keindahan Pulau Sapudi yang Sempat Diguncang Gempa Situbondo

Gempa Situbondo yang sempat mengguncang sebagian daerah di Jawa Timur dengan kekuatan 6,4 SR itu telah merobohkan banyak bangunan dan menewaskan korban jiwa. Ada tiga orang yang harus merenggang nyawa karena bencana alam tersebut.

Ketiganya tinggal di daerah Sumenep, Pulau Madura. Pulau yang dikenal sebagai penghasil garam ini memang daerah yang paling terkena gempa. Di daerah timur Pulau Madura masih terdapat pula gugusan pulau, salah satunya Pulau Sapudi.

Ada dua kecamatan di sana, Kecamatan Gayam dan Kecamatan Nonggunong. Tapi, di Kecamatan Gayamlah yang mengalami kerusakan rumah dan banyak memakan korban jiwa luka-luka hingga meninggal dunia.

Dibalik tragedi menyedihkan itu, Pulau Sapudi memiliki keindahan yang mempesona dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal hingga internasional. Karena alamnya yang masih natural dan budayanya yang kental menjadi daya tarik tersendiri.

pulau sapudi madura
instagram.com/exploresapudi

Kalau kamu ingin berlibur ke sana, tentu kamu harus menggunakan perahu tradisional dari pelabuhan Kalianget atau Dungkek. Dari pintu masuk menuju ke sana saja sudah pasti memikat para pelancong ya.

Sesampainya di sana, kamu akan melihat hijaunya hutan mangrove di pinggiran pantai. Nggak salah kalau Pulau Sapudi menjadi pulau yang asri. Selain itu juga kalau kamu ingin berkeliling di pinggir pantai bisa menggunakan delman. Seru kah?

Sekalian ada di pantai kurang lengkap kalau nggak sekalian berenang di lautnya. Di sana ada padang terumbu karang yang cantik dan ukurannya luas banget.

keindahan pulau sapudi madura
instagram.com/exploresapudi

Jadi kalau kamu melakukan snorkeling di sana, kamu bisa menikmati pesona mengagumkan padang lamun yang luas. Apalagi kalau air sedang surut, maka padang lamun bisa kamu lihat hanya dari tepi pantai saja.

Baca juga: 6 Wisata Madura yang Membuatmu Jadi Malas ke Bali

Tapi kamu tetap harus menjaga ekosistem laut dengan nggak melakukan larangan hanya untuk menyenangkan hatimu. Jadi jangan merusak terumbu karang yang ada di sana ya.

karapan sapi madura
instagram.com/careynataliady

Nggak cuman itu saja loh, ada juga atraksi karapan sapi yang menjadi budaya asli pulau Madura. Pulau Sapudi yang dikenal dengan Pulau Podhay ini memang tempat asalnya budaya karapan sapi. Tentu atraksi ini hanya ada saat waktu tertentu saja.

Untuk bisa melihat atraksi apik ini, kamu wajib mengecek jadwal di laman website pemerintah setempat. Selain itu juga, saat kamu melancong ke sana kamu bisa menyambangi sentra sapi yang digunakan untuk atraksi. Sekalian liburan, sekalian belajar budaya daerah. Seru bukan?

pelabuhan di pulau sapudi
instagram.com/donialfauzi

Mumpung masih ada di Pulau Sapudi yang indah, masih ada destinasi wisata menarik yang ada di sana. Destinasi itu adalah wisata religi. Ada dua makan Sunan, Sunan Wirokromo dan Sunan Wirobroto.

Wah, asik banget ya. Liburan di satu daerah, tapi bisa mendapatkan banyak pengalaman yang tak terlupakan. Mantap deh! Jadi kamu kapan mau ke sana nih?

0 Comment