Intip Foto Lawas Candi Borobudur yang Mengenaskan saat Ditemukan Pertama Kali

18 October 2018, pada 02:47
0
0
Intip Foto Lawas Candi Borobudur yang Mengenaskan saat Ditemukan Pertama Kali

Ramai dibagikan oleh seorang pengguna media sosial di laman Facebook yang memperlihatkan sederet foto hitam putih Candi Borobudur di masa lalu. Agustian yang mengunggah potret lawas dari Candi Budha terbesar di dunia itu.

Unggahan yang mencapai 1000 kali share ini, tertulis juga caption tentang penjelasan seputar penemuan candi yang dibangun pada masa Kerajaan Sailendra. Candi ini ditemukan pertama kali pada masa kepemimpinan Gubernur Jenderal Thomas Stamford Raffles pada tahun 1814.

Proses pembaharuan kembali untuk pertama kalinya dilakukan pada tahun 1907-1911 pada masa dibawah pemerintahan Hindia Belanda dan dipimpin oleh Theodore van Erp.

Candi yang berada di Kota Magelang ini memang terlihat megah nan mewah dengan segala relief reliefnya yang bercerita tentang kisah yang sangat melegenda. Salah satunya tentang Wiracarita Ramayana.

Intip Foto Lawas Candi Borobudur yang Mengenaskan saat Ditemukan Pertama Kali
facebook.com/indonesiatempodoeloe

Relief dan segala bagian bagian Candi Borobudur secara rutin dan berulang-ulang dilakukan perawatan dan pemugaran sampai hari ini. Demi menjaga sejarah yang ada. Bahkan kisah penemuan candi yang sempet dikabarkan nyaris hilang karena berbagai bencana alam.

Awalnya keajaiban dunia ini pertama kali terungkap ketika Letnan Gubernur-Jenderal Sir Stamford Raffles mendengar tentang penemuan monuman raksasa di daerah Magelang. Kini menjadi salah satu tempat yang mendunia.

Baca juga: 5 Tempat Bersejarah di Bali Ini Banyak Dikunjungi Wisatawan Asing, Masak Kamu Kalah?

Tapi bukan Sir Stamford Raffles sendiri yang mengungkapnya. Ia memberikan perintah kepada anak buahnya bernama Cornelius yang saat itu adalah seorang insinyur dari Belanda.

Saat Cornelius menemukan candi dengan tinggi 35 m ini, kondisinya sangat memprihatinkan. Banyak bagian candi yang mengalami kerusakan dan menjadi tempat untuk semak belukar tumbuh.

Intip Foto Lawas Candi Borobudur yang Mengenaskan saat Ditemukan Pertama Kali
facebook.com/indonesiatempodoeloe

Pada akhirnya dilakukanlah upaya pembersihan oleh dua ratus warga desa selama dua bulan lamanya. Foto-foto lawas ini bisa didapatkan di studio sejarah restorasi Candi Borobudur, yang berada tepat di dalam kompleks Taman Candi Borobudur, Magelang.

Kalau kamu pernah berkunjung ke Mahakarya Wangsa Sailendra ini pasti pernah masuk dan melihat-lihat sederet foto lawas. Kondisi Candi Borobudur yang sudah dijaga dengan baik dan selalu terawat, juga harus kita rawat.

Banyak upaya kecil yang bisa kita lakukan untuk merawat peninggalan bersejarah itu, dengan tidak melakukan pemotretan yang merusak bagian-bagian penting candi.

Ayo waktunya kita untuk ikut melestarikan Candi Budha terbesar di dunia yang sudah diwariskan kepada kita, Bangsa Indonesia!

0 Komentar