Istilah Populer yang Hanya Muncul Saat Bulan Puasa, Kamu Pernah Denger?

30 May 2018, at 08:43
1
0
Istilah Populer yang Hanya Muncul Saat Bulan Puasa, Kamu Pernah Denger?

Bulan Ramadhan disambut dengan meriah, selama sebulan itu juga seluruh umat islam menjalankan ibadah puasa. Berbagai kemeriahan yang ada di bulan ramadhan akan dilaksanakan untuk memeriahkan bulan penuh berkah ini. Salah satunya, dengan istilah populer yang muncul saat bulan puasa. Masih ingat apa aja istilah itu? Dan tahu artinya apa saja? Wajib baca artikel ini sampai habis ya.

 

1. Takjil

 

Takjil yang berarti menyegerakan. Saat bulan puasa, para umat muslim yang menjalankan ibadah puasa wajib hukumnya untuk segera membatalkan puasanya saat adzan magrib mulai terdengar. Walau hanya dengan seteguk air. Namun, di Indonesia Takjil diartikan sebuah makanan atau minuman pembuka yang manis saat berbuka puasa.

 

2. Ngabuburit

 

Ngabuburit berasal dari kata sunda “burit” yang artinya adalah waktu menjelang sore. Sedangkan secara umum, ngabuburit diartikan sebagai waktu untuk menunggu adzan magrib. Biasanya waktu ngabuburit tidak dilakukan hanya untuk duduk berdiam diri dan menunggu datangnya adzan. Namun, untuk berjalan berkeliling daerah rumah, jika sedang beruntung bisa mendapatkan takjil gratis.

 

3. Bukber

 

Bukber merupaka singkatan dari Buka Bersama. Kata “Bukber” sendiri biasanya digunakan untuk menyebutkan acara bersama teman saat buka puasa tiba. Untuk sebagaian orang, bukber merupakan acara bertemu dengan teman lama dan menjalin tali silahturami agar lebih erat. Bukber juga biasa diadakan di restoran, maka dari itu booking tempat makan enak buat bukber mu di bulan ramadhan besok ya.

 

4. Puasa bedug

 

Istilah puasa ini, biasa digunakan oleh anak kecil berumur 5 sampai 7 tahun untuk melatihnya menahan lapar dan haus. Bedug merupakan istilah waktu sholat dhuhur sekitar jam 12 siang sampai 3 sore. Jadi, untuk kamu yang memiliki anak berusia 5-7tahun, kamu bisa menggunakan metode puasa bedug untuk buah hatimu.

 

5. SOTR

 

Istilah ini juga merupakan singkatan dari Sahur on the Road. Sengaja disingkat agar tidak panjang saat menuliskannya. Berbeda dengan istilah yang lainnya, istilah ini biasa ditemukan di beberapa sosial media. Sangat jarang saat mengucapkannya. SOTR merupakan kegiatan amal dengan cara membagikan santap sahur untuk orang orang yang membutuhkan dijalan.

Setelah mengetahui istilah populer dan artinya, kamu wajib menggunakan istilah tersebut saat bulan puasa nanti tiba ya!

 

Sumber : intisari.grid.id

0 Comment