Pernahkah kamu mendengar kalau saat istri sedang hamil, suami juga ikut ngidam? Yap, fenomena aneh ini memang menjadi tanda tanya besar bagi kebanyakan orang, khususnya pasangan yang baru saja menikah.

Sebab, bagaimanapun juga, yang seharusnya ngidam adalah wanita karena dia yang mengandung seorang bayi di dalam perutnya. Selain itu, ngidam pun bisa disebabkan oleh terganggunya hormon di dalam tubuh.

Nah, sedangkan pria sama sekali tidak terganggu hormonnya karena dia tidak sedang mengandung, tapi bagaimana bisa dia merasa ngidam?

Istri Hamil tapi Suami yang Ngidam, Kok Bisa?
sumber.com

Hal ini memang sudah menjadi perbicangan alot sejak dulu. Berangkat dari fenomena-fenomena yang terjadi tersebut, akhirnya membuat para pakar medis melakukan serangkaian penelitian untuk mencari tahu kebenarannya. Sebab, bisa dibilang mustahil kalau pria mengalami ngidam padahal dia sedang tidak mengandung.

Baca juga : Tanda Kehamilan Muda, Jangan Jangan Kamu Merasakannya?

Dari penelitian panjang serta survey yang melibatkan ratusan responden, ditemui hasil bahwa hal ini memang benar adanya. Istilah ngidam yang dialami oleh pria bisa disebut sebagai sindrom couvade.

Yap, sindrom couvade juga bisa dibilang sebagai kehamilan simpatik. Terjadinya ngidam itu bukan karena faktor lain, tapi lebih kepada perubahan mental dan psikis.

Istri Hamil tapi Suami yang Ngidam, Kok Bisa?
hellosehat.com

Di mana, para suami yang simpatik terhadap istrinya, merasakan hal yang sama. Bahkan tidak hanya ngidam saja yang akan dialami, tapi juga tingkah laku aneh lainnya, seperti mual, pusing, sembelit, mood tidak stabil, dan juga nafsu makan kacau.

Memang benar, semua tingkah itu sangat mirip seperti wanita yang hamil pada umumnya.

Munculnya pun tidak tentu, bisa awal kehamilan dan juga kadang pada akhir mendekati proses persalinan. Namun, umumnya sindrom couvade ini akan dialami pada trisemester pertama dan akan berakhir dengan sendirinya pada beberapa minggu selanjutnya.

Inti dari sindrom couvade adalah rasa cemas yang terlalu mendalam dari seorang suami. Ketika dia merasa cemas yang berlebihan, dia akan mengalami ngidam itu.

Cemasnya sendiri beraneka ragam, bisa berupa cemas akan kondisi istrinya, cemas dengan kondisi anaknya, cemas dengan kondisi finansialnya, dan cemas akan hal-hal lain yang menyangkut masa depan keluarga.

Istri Hamil tapi Suami yang Ngidam, Kok Bisa?
verywellfamily.com

Jadi, ketika kamu melihat ada pria atau suami yang ngidam saat istrinya sedang hamil, maka jangan khawatir. Ini bukanlah sebuah masalah serius yang harus dicemaskan. Justru, itu adalah pertanda baik, bahwa sejatinya si pria sangat memikirkan nasib serta masa depan keluarga.

Lebih dari 60 persen pria mengalami hal serupa. Umumnya, hal ini terjadi ketika istri sedang mengandung anak pertama, sebab masih belum ada pengalaman antara kedua belah pihak, baik istri maupun suami.

0 Komentar