Jadi Bumbu Dapur Termahal di Dunia, Ini 5 Manfaat Saffron Bagi Kesehatan

11 November 2019, at 10:00
0
0
Jadi Bumbu Dapur Termahal di Dunia, Ini 5 Manfaat Saffron Bagi Kesehatan

Saffron merupakan bumbu dapur termahal di dunia. Berasal dari bunga Crocus Sativus, bumbu ini dijual dengan harga mencapai Rp70 juta setiap 1 pon atau 450 gram-nya.

Dengan harga yang fantastis tersebut, saffron ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Bahkan bumbu ini sudah digunakan sebagai bahan dasar obat tradisional sejak tahun 1500 M lho!

Lantas, apa saja sih manfaat saffron bagi kesehatan tubuh? Kalau penasaran, yuk simak ulasan Qupas berikut ini.

1. Meningkatkan Mood dan Mencegah Depresi

depresi
ergomotion.com

Salah satu manfaat saffron adalah dapat meningkatkan suasana hati dan membantu mencegah depresi. Pada sebuah penelitian, ditemukan bahwa mengonsumsi 30 mg gram saffron setiap harinya sama dengan meneguk flouxetine, imipramine, dan citalopram yang merupakan obat depresi.

Selain itu, mengonsumsi saffron akan memperkecil kemungkinan adanya efek samping dibandingkan dengan obat-obat tradisional. Meskipun demikian, studi lanjutan sangat dibutuhkan untuk mengetahui keefektifannya secara pasti.

2. Sumber Antioksidan

saffron
pishkeshmarket.com

Selain itu, saffron juga diklaim memiliki banyak antioksidan yang merupakan molekul pelindung sel tubuh dari radikal bebas dan stres oksidatif.

Kandungan antioksidan saffron meliputi crocin, crocetin, safranal, dan kaempferol. Senyawa-senyawa tersebut berfungsi untuk melindungi sel-sel otak terhadap kerusakan progresif, mengurangi peradangan, sifat antikanker, dan aktivitas antidepresan.

3. Mengurangi Gejala PMS

pms
stock.adobe.com

Selain itu, saffron juga bisa mengatasi PMS alias Pre-menstrual Syndrome yang menggambarkan gejala fisik, emosi, dan psikologis yang terjadi sebelum periode menstruasi pada perempuan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa mencium aroma saffron selama 20 menit dapat membantu mengurangi gejala PMS yaitu kecemasan yang terjadi karena hormon kortisol tinggi.

Baca Juga: Manfaat Ajaib Bawang Putih, dari Mengobati Sakit Gigi Hingga Mencegah Kanker

4. Mencegah dan Mengobati Kanker

manfaat saffron
123rf.com

Seperti yang telah disebutkan di atas, saffron memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dan dipercaya mampu menetralisir radikal bebas penyebab kanker.

Sebuah penelitian yang dilakukan menggunakan tabung reaksi membuktikan bahwa kandungan dalam saffron mampu membunuh sel-sel kanker usus besar secara efektif dan membiarkan sel-sel yang sehat dan normal.

Selain itu, crocin yang merupakan antioksidan utama dalam saffron juga bisa membuat sel kanker lebih sensitif terhadap obat kemoterapi.

5. Menurunkan Berat Badan

menurunkan berat badan
daiilymotion.com

Buat kamu yang sedang menjalankan program diet, ternyata saffron bisa menjadi salah satu bahan yang efektif lho.

Pasalnya, sebuah penelitian menemukan bahwa bumbu dapur tersebut dapat membantu mengurangi nafsu makan sehingga massa lemak total bisa berkurang secara signifikan.

Well, manfaat saffron memang cukup banyak ya Sobat Qupas! Kamu sudah pernah mencobanya belum nih?

0 Comment