Jadi Hari Libur, Begini Fakta May Day yang Harus Kamu Ketahui

01 May 2019, at 11:00
0
0
Jadi Hari Libur, Begini Fakta May Day yang Harus Kamu Ketahui

May Day atau Hari Buruh selalu diperingati pada tanggal 1 Mei dan telah ditetapkan menjadi hari libur internasional.

Mungkin selama ini kamu nggak tahu mengapa tanggal tersebut yang dipilih dan apa yang membuat dunia harus memperingatinya.

Untuk itu, berikut ini fakta May Day atau Hari Buruh yang harus kamu ketahui mulai dari sejarah hingga keunikan lainnya.

Baca Juga: Negara-Negara Ini Punya Jam Istirahat Terpanjang, Jadi Pengen Pindah!

1. Sejarah May Day atau Hari Buruh

may day
fresnoalliance.com

May Day atau Hari Buruh dirayakan setiap tanggal 1 Mei dan merupakan perayaan yang dilakukan oleh seluruh dunia. Pencetusan nama dan tanggal tersebut dikaitan dengan peristiwa pergerakan orang Amerika pada tahun 1800-an.

sejarah may day
nomadepicureans.com

Pada tahun-tahun tersebut, rata-rata orang Amerika bekerja selama 12 jam sehari selama 7 hari penuh. Hal ini membuat lebih dari 300 ribu pekerja dari berbagai perusahaan melakukan aksi mogok pada 1 Mei 1886 dan diikuti oleh lebih banyak lagi setelah beberapa hari.

Akhirnya, pada tahun 1916 melalui UU Adamson, menjadikan penetapan jam kerja selama 8 jam sehari. Ini merupakan hukum federal pertama yang mengatur jam kerja perusahaan swasta.

2. Sempat Dilarang Pada Orde Baru

may day orba
era.id

Perayaan May Day atau Hari Buruh ini sempat dilarang di Indonesia pada masa Orde Baru yang daat itu dipimpin oleh Presiden Soeharto.

Bahkan, Presiden Soeharto sampai merombak kabinet demi menghilangkan Hari Buruh yang dinilai identik dengan ideologi komunisme.

3. May Day Menjadi Hari Libur

may day hari libur
cldc.org

May Day menjadi hari libur internasional untuk menghargai 4 buruh Chicago, Amerika Serikat yang ditembak mati oleh polisi saat menyuarakan dan menuntut keadilan bagi para buruh.

Pada tahun 1889, sebuah kelompok di Paris memutuskan untuk menghargai jasa keempat buruh tersebut dengan menjadikan 1 Mei sebagai hari libur.

Baca Juga: Fakta Peringatan Hari Perempuan Sedunia, Kamu Wajib Tahu!

4. May Day Nggak Selalu Berarti Hari Buruh

may day festival
independent.co.uk

Kamu tahu nggak sih, May Day nggak selalu diartikan sebagai Hari Buruh lho. Beberapa negara mengartikan May Day sebagai perayaan musim semi seperti Inggris yang memiliki Festival Beltane.

5. Identik dengan Demonstrasi

hari buruh
amny.com

Karena terlahir dari perjuangan kaum buruh untuk menuntut haknya dengan melakukan mogok kerja secara massal, May Day menjadi identik dengan demonstrasi.

Meskipun bukan mogok kerja, tapi sampai saat ini May Day masih selalu dihiasi dengan para buruh yang melakukan demi kesejahteraan mereka di berbagai belahan dunia.

6. May Day Jarang Dirayakan di Amerika

perayaan may day
thenation.com

May Day atau Hari Buruh memang telah menjadi perayaan internasional dan dijadikan sebagai hari libur.

Ada banyak negara dengan berbagai cara untuk merayakannya. Sayangnya, Amerika Serikat yang merupakan tempat pergerakan May Day dimulai justru sangat jarang merayakannya.

Nah, itu dia Sobat Qupas fakta-fakta tentang May Day atau Hari Buruh yang harus kamu ketahui. Selamat berlibur ya!

0 Comment