Jadi Tuan Rumah Liga Surfing Dunia 2020, Yuk Intip Keindahan Pantai Plengkung di Banyuwangi

06 November 2019, at 15:00
0
0
Jadi Tuan Rumah Liga Surfing Dunia 2020, Yuk Intip Keindahan Pantai Plengkung di Banyuwangi

Pantai Plengkung atau juga dikenal dengan nama G-Land merupakan objek wisata bahari di Banyuwangi yang baru saja terpilih menjadi lokasi Liga Surfing Dunia atau World Surf League (WSL) seri ke-3 pada tanggal 4 sampai 14 Juni 2020 mendatang.

Selain Pantai Plengkung, 11 seri yang akan digerlar oleh WSL Championship Tour tahun depan akan dilaksanakan pada pantai-pantai terbaik dunia termasuk di Australia, Amerika Serikat, Hawaii, Brazil, Afrika Selatan, Portugal, bahkan Prancis.

Pihak WSL mengatakan bahwa Pantai Plengkung dipilih bukan hanya karena ombaknya yang bagus, namun juga lokasinya yang memiliki keindahan tersendiri. Penasaran seperti apa? Yuk simak ulasan Qupas berikut ini.

1. Menyuguhkan Pemandangan yang Menawan

g-land
instagram.com/aqilamaulidiyaa

Mengunjungi Pantai Plengkung alias G-Land, kamu akan disuguhi dengan pemandangan yang menyegarkan mata. Perpaduan antara pasir putih yang lembut di kaki, bebatuan karang yang eksotis, air yang jernih, serta deburan ombak dan langit biru akan mewarnai liburanmu.

Selain itu, letaknya yang tersembunyi di dalam Taman Nasional Alas Purwo membuat objek wisata Banyuwangi yang satu ini masih sangat terjaga kealamaian serta keasriannya. Nggak jarang, wisatawan akan bertemu dengan rusa atau kera liar di pinggir pantai.

2. Surganya Para Surfer

pantai plengkung
instagram.com/jp.christo

Menjadi tuan rumah bagi ajang bergensi World Surf League, Pantai Plengkung memang terkenal dengan ombak besarnya sejak lama. Hal tersebut karena pantai yang satu ini berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

Ombak di destinasi Banyuwangi ini tingginya bisa mencapai 6 sampai 8 meter dengan panjang 2 kilometer lho! Wah, pantas saja banyak yang menyebut Pantai Plengkung sebagai surganya para surfer.

3. Menyaksikan Sunset di Pantai Plengkung

liga surfing dunia
instagram.com/trubavinphoto

Selain memiliki ombak yang besar dan pemandangan sekitar yang menawan, kamu juga akan dimanjakan dengan matahari terbenam atau sunset yang luar biasa indah di pantai ini.

Langit yang bersemu jingga berpadu dengan deburan ombak dan kicauan burung-burung dijamin akan membuat liburanmu semakin berkesan.

Baca Juga: 5 Wisata Alam di Banyuwangi yang Keindahannya Sangat Menawan

4. Waktu Terbaik Mengunjungi Pantai Plengkung

world surfing league
instagram.com/jejesslynsw

Bagi kamu yang suka dengan olahraga surfing, waktu terbaik untuk mengunjungi Pantai Plengkung yaitu mulai April sampai Oktober. Pada bulan-bulan tersebut lah, ombak akan menjadi lebih garang dan menantang.

Sedangkan buat kamu yang nggak suka berselancar dan ingin melakukan kegiatan santai seperti memancing, cobalah untuk mengunjungi wisata bahari cantik ini pada bulan November sampai Maret saat ombaknya nggak terlalu besar.

5. Cara ke Pantai Plengkung

lokasi pantai plengkung
instagram.com/bagaasha

Lokasi Pantai Plengkung alias G-Land terletak di dalam Taman Nasional Alas Purwo, Desa Kalipait, Kecamatan Tegaldlimo, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Perjalanan yang ditempuh mungkin akan cukup melelahkan, namun semuanya akan terbayar tuntas.

Berjarak sekitar 86 Km dari pusat Kota Banyuwangi, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi sampai pintu masuk Taman Nasional Alas Purwo. Setelahnya, kamu perlu menempuh jarak 22 Km menuju Pantai Plengkung menggunakan mobil penjaga yang bisa disewa dengan tarif Rp200 ribu.

Baca Juga: Pantai Nyanyi Tabanan, Wisata Tersembunyi di Bali yang Cocok Bagi Para Surfer

Selain itu, kamu juga perlu membayar tiket masuk Taman Nasional Alas Purwo terlebih dahulu sebesar Rp15 ribu untuk wisatawan domestik dan Rp150 ribu untuk turis mancanegara.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa hal yang perlu kamu ketahui tentang Pantai Plengkung di Banyuwangi. Menarik, kan? Buat kamu yang hobi surfing, rugi deh kalau nggak main ke sini!

0 Comment