Jangan Abaikan 5 Hal Ini Saat Liburan di Bulan Puasa Biar Nggak Nyesel

07 May 2019, at 13:00
0
0
Jangan Abaikan 5 Hal Ini Saat Liburan di Bulan Puasa Biar Nggak Nyesel

Bulan Ramadhan juga puasa traveling? No way, kamu masih bisa kok liburan tanpa mengganggu ibadahmu.

Memang sih, liburan ya tinggal berangkat saja. Tapi jangan sampai deh kamu mengabaikan beberapa hal berikut ini, biar puasamu tetap lancar dan pastinya nggak 'bolong' sampai Lebaran nanti. Apa saja tuh tipsnya?

Baca juga: 5 Wisata di Purworejo Ini Makin Cantik Saat Bulan Puasa 2019!

1. Pilih Wisata yang Sejuk

rainbow garden floating market lembang
instagram.com/zoddy11

Tujuan liburan adalah refreshing. Banyak tempat wisata di Indonesia ini yang bisa kamu kunjungi kalau sekedar menghilangkan penat. Mulai dari yang bernuansa alam sampai buatan.

Nah, khusus di bulan puasa ini, lebih baik hindari dulu destinasi yang panas. Misalnya saja pantai tanpa ada pepohonan di sekitarnya.

Bayangkan saja kalau kamu datang ke sana pas puasa. Tentu hal tersebut bisa bikin tubuh cepat lelah, haus, dan lapar. Kalau nggak kuat godaan, bisa-bisa kamu batalin puasa tuh. Yakin nggak nyesel?

pink ice cream cirebon
instagram.com/almafatikha

Untuk itu, ada baiknya kunjungi tempat-tempat yang teduh dan sejuk. Misalnya kalau lagi di Bandung, kamu bisa datang ke Floating Market Lembang. Kalau di Bali, kamu bisa ke Taman Jinja yang punya spot apik bak Negeri Jepang. Atau kamu bisa mampir ke Pink Ice Cream yang merupakan wisata selfie baru di Cirebon.

Dimanapun lokasi liburanmu, pilih sesuai seleramu. Indonesia punya segudang destinasi wisata yang nggak kalah menarik dari luar negeri kok.

2. Kenali Wisata Tujuan dengan Baik

masjid cami tokyo
instagram.com/_asami114_

Kamu juga perlu mengenal baik tempat wisata tujuanmu. Apakah di sana disediakan tempat ibadah, atau beragam fasilitas untuk kebutuhanmu yang lain.

Selain itu, pastikan juga akses untuk menuju ke sana nggak terlalu memberatkan fisikmu. Bisa saja kamu pilih destinasi yang sejuk, misalnya kawasan air terjun di Indonesia nih. Tapi semua itu percuma kalau kamu masih perlu trekking dan melewati medan yang berat.

masjid
pexels.com/@ollivves

Jadi pilih saja destinasi yang nggak terlalu jauh dari rumah, kost atau penginapan. Selain itu, perhatikan ketersediaan fasilitasnya, dan pastikan juga lokasinya nggak terlalu jauh dari area parkir.

Atau kamu juga bisa pilih objek wisata yang menyediakan fasilitas transportasi mobil listrik atau kuda untuk mencapainya.

3. Waktu Tepat untuk Berangkat ke Tujuan

traveling pagi
pexels.com/@fr3nks

Tips liburan saat puasa selanjutnya adalah terkait waktu keberangkatan. Ini juga penting untuk dilakukan.

Kamu bisa berangkat pagi sekalian, mungkin setelah sahur atau salah subuh. Soalnya kalau terlalu siang, panasnya akan semakin terasa.

muslimah traveler
pexels.com/@vladvictoria

Bisa juga untuk berangkat saat sore menjelang berbuka. Selain matahari sudah nggak terlalu terik, kamu juga bisa sambil menunggu waktu berbuka.

Tapi kalau kamu pilih perjalanan di sore hari, pastikan juga untuk bawa bekal minuman atau sedikit camilan. Tujuannya untuk jaga-jaga kalau sudah memasuki waktu berbuka saat kamu masih di jalan.

4. Bawa Barang Seperlunya

backpacking
pexels.com/@bhuppigraphy

Nggak ada yang salah kalau kamu membawa barang banyak saat liburan. Tapi lebih baiknya lagi kalau kamu meninggalkan barang di rumah atau penginapan saat ingin menjelajah tempat wisata.

Baca juga: Barang-barang Ini Nggak Penting Dibawa Saat Liburan, Bikin Tasmu Makin Berat Saja!

Bukan cuma bisa merepotkan. Barang bawaan yang terlalu banyak apalagi berat bisa membuatmu cepat capek.

muslimah backpacking
pexels.com/@samsilitongajr

Ingat, ini adalah liburanmu di bulan puasa. Jadi tetap pastikan untuk hemat tenaga sampai waktu berbuka tiba.

Bawa saja barang-barang penting, seperti handphone, kamera, power bank. Kalau tasmu masih ada ruag kosong, selipkan camilan atau air mineral untuk jaga-jaga kalau waktu berbuka tiba, padahal kamu masih belum menemukan tempat makan.

5. Pastikan Waktu Istirahat dan Aktivitas Seimbang

cangar malang
instagram.com/novianaharyati

Kalau tips traveling satu ini pasti sering diabaikan oleh beberapa wisatawan. Kalau kamu jangan sampai mengulanginya deh. Siapa sih yang mau sakit-sakitan saat liburan?

Untuk itu, tetap pastikan tubuhmu mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Apalagi di bulan puasa ini. Jam timur nggak teratur dan terpotong saat sahur.

muslim traveler
videoblocks.com

Kurangi juga aktivitas berat yang bisa bikin tubuh cepat lelah. Liburan sih liburan. Tapi jangan sampai tubuhmu terlalu diforsir sampai kelelahan, lalu tidur pulas, dan akhirnya lupa sahur. Hayo, kamu nggak mau ini terjadi kan?

Nah, itulah tips traveling yang kadang sering diabaikan oleh wisatawan. Untuk itu, hindari jangan sampai mengulanginya ya, apalagi ini bulan puasa ini.

0 Comment