Jangan Asal Coba, Ini Bahaya Tester Makeup yang Bisa Mengancam Wajah Cantikmu

06 January 2019, at 08:00
1
0
Jangan Asal Coba, Ini Bahaya Tester Makeup yang Bisa Mengancam Wajah Cantikmu

Mencoba tester yang disediakan di counter kosmetik jadi hal yang lumrah dilakukan para wanita. Hal ini demi memastikan tekstur dan warnanya sesuai dengan keinginan.

Sayangnya, produk tester menyimpan bahaya yang belum banyak disadari. Lipstik, maskara, foundation, bedak, dan berbagai alat makeup lainnya bisa jadi medium penebar penyakit.

Tester makeup pasti telah disentuh dan dicoba banyak orang. Higienis? Sudah tentu tidak.

mencoba tester lipstik
allure.com

Selain itu, produk yang dipajang sebagai tester rentan jadi sarang bakteri dan kuman lainnya. Mencobanya tentu akan meningkatkan risiko terkena iritasi atau alergi kosmetik yang mengancam wajah cantikmu.

Reaksi alergi ini bermacam-macam. Mulai dari gatal, kemerahan, ruam, terasa perih, bahkan kulit wajah bisa mengelupas.

Tak berhenti disitu saja, bakteri dan kuman yang terkumpul dalam produk tester bisa mengancam kesehatan. Seperti yang pernah dialami seorang wanita asal California.

mencoba tester lipstik
liveabout.com

Dikutip dari cnnindonesia.com, wanita yang diketahui bernama Elena Davoyan tersebut didiagnosa terkena herpes oral akibat mencoba tester lipstik di sebuah toko kosmetik ternama.

Penyebaran penyakit melalui tester makeup ini pun dibenarkan oleh Amreen Bashir, seorang dosen Ilmu Biomedis Aston University. Patogen penyebab herpes memang bisa ditemukan pada produk kosmetik. Apalagi produk yang tak tersimpan dengan baik di toko.

Baca juga: Cara Mudah Tes Skincare dan Makeup untuk Mengetahui Aman atau Tidak bagi Kulit

Bashir juga menambahkan, efek kebutaan juga bisa mengintai wanita yang sering mencoba maskara sembarangan.

mencoba tester maskara
glamrada.com

Biasanya, gejala yang muncul akan diawali seperti efek alergi kosmetik. Area kulit disekitar mata akan memerah dan membengkak. Kemudian warna mata juga ikut memerah yang kemudian membuat pengelihatan jadi terganggu.

Nah, itulah beberapa bahaya yang mengintai apabila kamu sering mencoba produk tester secara sembarangan. Tak hanya wajah cantikmu yang bisa terancam, kesehatan pun juga jadi taruhannya.

Supaya terhindar dari efek mengerikan tersebut, Qupas punya tips yang harus disimak. Yang pertama, jangan pernah mencoba tester makeup apapun langsung pada kulit wajah.

Untuk foundation misalnya, kamu bisa mengaplikasikannya sedikit pada leher bila ingin mengetahui tekstur serta warnanya.

mencoba lipstik di tangan
blogspot.com

Sedangkan untuk lipstik, blush, dan eyeshadow, kamu bisa swatch sedikit pada bagian punggung tangan lalu sejajarkan di samping wajah untuk memastikan warnanya cocok dengan tone kulitmu atau tidak.

Sebelum mengaplikasikan produk tester ke kulitmu, jangan lupa untuk memeriksa tanggal kadaluarsa dan membersihkan aplikator, mulut botol, juga ujung lipstik menggunakan tisu. Begitu pula setelah selesai mencobanya.

Segeralah membersihkan produk yang menempel di leher atau punggung tangan dengan makeup remover atau tisu basah untuk mencegah risiko alergi ataupun penyebaran penyakit berbahaya.

0 Comment