Jangan Asal Gerus! Berikut Ini 5 Jenis Obat dan Cara Tepat Mengonsumsinya

06 September 2019, at 15:00
0
0
Jangan Asal Gerus! Berikut Ini 5 Jenis Obat dan Cara Tepat Mengonsumsinya

Pengguna media sosial twitter sedang ramai membicarakan tentang aturan minum obat yang tepat. Hal tersebut disebabkan oleh unggahan akun @evobloodletters yang membagikan caranya mengonsumsi obat yaitu dengan digerus.

Bagi sebagian orang, minum obat sekali teguk memang bukan sesuatu yang mudah. Oleh sebab itu, menggerusnya merupakan salah satu alternatif yang dirasa tepat.

Padahal, obat memiliki banyak bentuk dan cara penggunaan yang berbeda-beda lho. Meskipun demikian, memang tablet dan kapsul lah yang paling sering ditemui.

twitter
twitter.com/Evobloodletters

Dilansir dari detikhealth, Prof. Zullies Ikawati, Apt., farmatolog dari Universitas Gajah Mada mengungkapkan bahwa nggak semua jenis obat bisa dikonsumsi dengan cara digerus karena telah didesain sedemikian rupa agar lebih mudah dicerna.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini jenis-jenis obat dan cara tepat untuk mengonsumsinya yang perlu kamu ketahui.

1. Tablet Biasa

tablet biasa
gettyimages.com

Bentuk tablet biasa merupakan jenis obat yang paling umum ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Apabila diminum, obat ini akan hancur dalam lambung atau usus kemudian melepaskan zat aktifnya untuk diserap oleh tubuh.

Menurut Prof. Zullies, obat dengan bentuk tablet biasa akan tetap aman dikonsumsi dengan cara digerus atau dibelah.

2. Tablet Salut Enterik

tablet salut enterik
nypost.com

Obat tablet salut enterik merupakan obat yang dibuat dengan dilapisi atau bersalut dengan maksud agar dapat diserap oleh usus saja, bukan lambung.

Oleh sebab itu, bentuk obat tablet salut enteri sebaiknya dikonsumsi secara langsung tanpa digerus terlebih dahulu. Pasalnya, hal terebut dapat membuat obat nggak berfungsi secara maksimal atau bahkan menyebabkan iritasi pada lambung.

3. Tablet Kunyah

tablet kunyah
shutterstock.com

Seperti namanya, teblet kunyah merupakan obat yang bekerja secara maksimal apabila dikonsumsi dengan cara dikunyah terlebih dahulu sebelum ditelan.

Biasanya bentuk tablet kunyah ini diaplikasikan pada obat maag dengan rasa yang nggak pahit. Sehingga, nggak masalah apabila kamu mengonsumsinya dengan cara digerus.

Baca Juga: Sering Dilakukan, Begini Bahaya Minum Antibiotik Tanpa Arahan Dokter

4. Tablet Lepas Lambat

tablet lepas lambat
verywellhealth.com

Jenis obat selanjutnya berbentuk tablet lepas lambat yang biasanya disebut dengan sustained release atau extended release. Kamu bisa menemukan tulisan SR atau ER sebagai penanda pada tebletnya.

Obat jenis ini didesain sedemikian rupa dengan tujuan untuk melepaskan zat aktif secara perlahan di saluran cerna. Sehingga, kamu nggak disarankan untuk mengonsumsinya dengan cara digerus atau dibelah.

Tablet dengan label SR atau ER memang dirancang agar lambat diserap oleh tubuh. Apabila kamu membelah atau menggerusnya, obat akan dilepaskan terlalu cepat dan bisa menyebabkan kelebihan dosis.

5. Kapsul

kapsul
medium.com

Jenis obat lainnya tersedia dalam bentuk kapsul. Pada umumnya, zat aktif obat dimasukkan dalam cangkang kapsul gelatin agar pasien nggak merasakan pahit.

Untuk mengonsumsi obat ini, kamu boleh mengeluarkan zat aktif dari kapsulnya dan mencampurnya dengan air asalkan kuat dengan rasa pahitnya.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa jenis obat dan cara mengonsumsinya yang perlu kamu ketahui. Jangan asal gerus lagi ya!

0 Comment