Jangan Asal Mempekerjakan Babysitter, Ini Tanda-Tanda Mereka Punya Kejiwaan Tidak Stabil, Bahaya!

02 February 2019, at 05:00
0
0
Jangan Asal Mempekerjakan Babysitter, Ini Tanda-Tanda Mereka Punya Kejiwaan Tidak Stabil, Bahaya!

Beberapa hari yang lalu, Indonesia digemparkan dengan berita tentang babysitter yang terga membunuh anak majikannya. Menurut keterangan, hal tersebut ia lakukan karena bayi terus-menerus menangis.

Sebenarnya, kasus ini bukan pertama kali terjadi. Sudah cukup sering terdengar masalah pengasuh yang menculik anak asuhnya, memberinya obat tidur, atau bahkan menelantarkannya.

Hal-hal seperti ini tentunya membuat orang tua menjadi cemas untuk meninggalkan anaknya bersama pengasuh. Untuk itu, orang tua perlu tahu tanda-tanda babysitter buruk bagi anak berikut ini.

1. Merahasiakan Bagaimana Ia Mengasuh Anak

babysitter buruk merahasiakan bagaimana ia mengasuh anak
id.theasianparent.com

Orang tua berhak curiga apabila pengasuh tidak mau terbuka tentang bagaimana ia mengasuh anak. Aktivitas keseharian yang dilakukan tidak seharusnya disembunyikan darimu apabila tidak ada sesuatu yang salah.

Kamu bisa mengajukan berbagai pertanyaan kepada pengasuh. Apabila ia memberikan jawaban yang tidak jelas, usahakan untuk mempertegas komunikasi diantara kalian.

2. Suka Berbohong

pengasuh buruk suka berbohong
gettyimages.com

Babysitter yang suka berbohong tentu memiliki kecenderungan kejiwaan yang tidak stabil. Terlebih lagi kalau sudah terbukti ia melakukan pencurian dan lain sebagainya.

Tentunya, pengasuh yang seperni ini akan buruk bagi anak-anak dan tidak layak untuk dipertahankan.

Kebohongan-kebohongan kecil apabila sering dilakukan akan berbahaya juga bagi si kecil, lho. Hal ini juga bisa berpengaruh pada keadaan anak yang tidak kamu ketahui kebenarannya dari babysitter.

Baca Juga: Orang Tua Harus Tahu Arti Gestur-Gestur Bayi Seperti Ini

3. Kata-Katamu Tidak Didengarkan

bad babysitter kata katamu tidak didengar
money.com

Menyewa pengasuh berarti orang tua harus mempercayakan anaknya kepada orang lain. Namun, bukan berarti masalah tumbuh kembang buah hati ada di tangan babysitter sepenuhnya.

Kamu dan dia harus bekerjasama dalam merawat anak. Anak berhak mendapatkan yang terbaik dan sebagai orang tua kamu bisa menyarankan berbagai hal kepada pengasuh.

Jika ternyata dia tidak mendengarkanmu dan menganggap seolah-olah dia yang paling tahu segalanya, kamu harus berhati-hati.

4. Ia Sering Terlambat

bad babysitter sering terlambat
pexels.com/@feelartfeelant

Pengasuh yang baik bisa dilihat dari sikap disiplinnya. Apabila orang kamu pekerjakan sering telat tanpa alasan yang jelas, sudah pasti ia bukan orang yang tepat untuk mengasuh anakmu.

Orang tua juga harus memperhatikan hal seperti ini agar tidak terkecoh dengan kebohongan babysitter.

5. Anak Gelisah saat Melihatnya

babysitter buruk anak merasa gelisah
parents.com

Selain dapat dilihat dari sikapnya padamu, babysitter yang buruk juga akan terlihat dari tingkah buah hati.

Bagaimana pun, pengasuh tidak akan bisa menggantikan kenyamanan anak bersama orang tuanya. Tetapi apabila babysitter bersikap baik, anak akan merasa aman dan nyaman berada di dekatnya.

Jika anak menunjukkan tanda-tanda yang sebaliknya, orang tua perlu memeriksa ulang bagaimana pengasuh memperlakukannya.

6. Sering Terjadi Insiden pada Anak

pengasuh buruk membuat anak sering terjadi insiden
hellosehat.com

Babysitter memiliki tugas untuk menjaga dan merawat anak asuhannya. Sehingga, seharusnya ia tidak memalingkan pandangan dari si kecil.

Jika anak sering mengalami insiden-insiden yang seharusnya bisa dicegah oleh pengasuh, orang tua harus bertindak. Periksalah apa yang sebenarnya dilakukan oleh babysitter sehingga buah hati bisa terluka.

Baca Juga: Awas! Jangan Pakaikan Perhiasan pada Bayi, Bisa Fatal

7. Anak Sering Kotor dan Tidak Rapi

bad babysitter anak sering kotor dan tidak rapi
mommyasia.id

Seharusnya, babysitter memiliki keterampilan mendasar seperti memandikan dan menggantikan baju si kecil. Orang tua perlu curiga apabila anak sering terlihat kotor dan tidak rapi.

Apalagi jika ia menelantarkan anak dengan kondisi yang tidak selayaknya. Misalnya, basah karena hujan-hujan atau ketumpahan air. Jika dibiarkan, buah hati bisa menjadi korban dan terserang penyakit.

8. Dia Tidak Meminta Maaf

pengasuh buruk tidak meminta maaf

Tidak meminta maaf ketika berbuat kesalahan merupakan salah satu tanda bahwa ia bukanlah pengasuh yang baik.

Ia melakukan kesalahan yang disengaja namun bersikap seolah-olah tidak ada apa-apa. Hal ini perlu diwaspadai karena keselamatan anak merupakan risikonya.

Orang tua wajib tahu tanda-tanda babysitter yang buruk untuk mengasuh anaknya. Karena bukan hanya materi, namun nyawa anak juga bisa menjadi taruhannya.

Baca Juga: Jangan Salah Pilih, Ini Mainan yang Tepat untuk Si Buah Hati

Selain itu, kesehatan mental anak juga bisa terganggu apabila ditangani oleh pengasuh yang tidak baik. Oleh sebab itu, periksa ulang bagaimana babysitter memperlakukan buah hati kamu agar semua baik-baik saja.

Untuk mendapatkan lebih banyak tips, kamu bisa unduh aplikasi Qupas melalui Google Play Store atau Apple App Store.

0 Comment