Jangan Berlebihan, Begini Cara Tepat Memuji Anak Agar Si Kecil Tetap Percaya Diri

29 September 2019, at 20:00
0
0
Jangan Berlebihan, Begini Cara Tepat Memuji Anak Agar Si Kecil Tetap Percaya Diri

Siapa sih yang nggak suka apabila mendapatkan pujian? Mulai dari orang dewasa sampai anak-anak pun menyukai hal tersebut.

Ketika mendapatkan pujian, seseorang akan merasa diapresiasi atas apa yang telah dilakukannya. Meskipun demikian, memuji anak nggak boleh sembarangan lho. Yuk simak ulasan Qupas berikut ini.

Perlukah Memuji Anak?

memuji anak
123rf.com

Seperti yang telah diketahui, anak-anak dalam masa perkembangan selalu memperlajari berbagai hal setiap harinya. Si kecil perlu belajar bagaimana mengembangkan kemampuan tubuh, menerapkan perilaku baik, dan mengendalikan serta mengekspresikan emosi.

Untuk mencapai hal tersebut, Kids Health menyebutkan bahwa anak-anak membutuhkan harga diri sehingga merasa diterima, dicintai, dan dilindungi.

memuji anak kecil
shutterstock.com

Salah satu hal yang dapat membangun harga diri anak adalah dengan cara memujinya. Akan tetapi, memuji buah hati bukanlah perkara yang mudah.

Cara memuji yang berlebihan dan kurang tepat justru dapat berdampak buruk bagi perkembangan si kecil lho!

Cara Memuji Anak

1. Puji Secara Spesifik

pujian spesifik
appletreebsd.com

Cara pertama yang bisa orang tua terapkan adalah dengan memuji anak secara spesifik. Hindari mengungkapkan pujian yang general atau mencakup banyak hal.

Misalnya, saat anak bermain sepak bola orang tua bisa memuji secara detail bagian mana yang paling baik dilakukan oleh si kecil. Apakah menendang, menggiring, atau menjaga gawang.

Hal tersebut akan membuat buah hati lebih mudah mengetahui kemampuannya untuk dapat dikembangkan secara maksimal.

Baca Juga: 7 Cara Mudah Membangun Kepercayaan Diri Anak Sejak Dini

2. Puji Prosesnya, Bukan Hasilnya

cara memuji anak
neuralbalance.com

Hal lain yang perlu diperhatikan oleh orang tua yaitu memuji proses yang dilakukan anak, bukan sekadar hasil yang mereka dapatkan.

Lakukan hal tersebut secara wajar agar anak nggak hanya berfokus pada hasil dan bisa membangun kepercayaan dirinya.

3. Puji Secara Tulus

pujian tulus
youramazingteen.com

Selain dua hal di atas, orang tua juga harus memuji anak secara tulus. Agar nggak berlebihan, kamu perlu mengetahui waktu yang tepat untuk memberikan pujian.

Terlalu sering memuji anak akan berdampak buruk bagi perkembangannya. Si kecil juga bisa merasa nggak percaya lagi pada orang tua dan kesulitan membedakan mana pujian yang tulus dan mana yang hanya basa-basi.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa cara tepat memuji anak. Jangan salah memberi ya agar nggak memberikan dampak buruk bagi si kecil.

0 Comment