Jangan Diabaikan, Ini Pentingnya Mengetahui dan Menjaga Keseimbangan pH Wajah

04 July 2019, at 20:00
0
0
Jangan Diabaikan, Ini Pentingnya Mengetahui dan Menjaga Keseimbangan pH Wajah

Kamu mungkin sudah nggak asing lagi dengan istilah pH. Tapi tahu nggak sih makna dan kaitannya dengan kesehatan kulit wajahmu?

Ya, rahasia wajah yang sehat ternyata juga dipengaruhi oleh kadar pH kulit lho. Nah, biar skincare routine yang kamu lakukan menuai hasil yang maksimal, mendingan simak dulu yuk serba-serbi tentang pH wajah berikut ini!

1. Apa itu pH ideal kulit?

ph kulit wajah
instagram.com/haple.id

pH adalah singkatan dari potential hydrogen. Istilah ini merujuk pada kadar keasaman atau kebasaan suatu hal, termasuk kulit.

Nilai pH sendiri berada di kisaran angka 1-14. Dan pH kulit yang ideal atau normal, sedikit masuk ke golongan asam, yakni berada di angka 4,2-5,6.

2. Mengapa menyeimbangkan pH penting?

cara menyeimbangkan ph wajah
instagram.com/secretkey_official

Menjaga pH kulit wajah agar selalu dalam keadaan ideal itu penting. Karena kondisi yang sedikit asam ini jadi lingkungan yang tepat bagi enzim, bakteri, dan jamur baik yang bertugas menjaga kulit agar tetap terhidrasi dan melakukan eksfoliasi secara alami.

Ketika kadar pH kulit wajah keluar dari angka 'aman' ini, wajah jadi rentan terhadap berbagai masalah. Mulai dari gampang berjerawat, terasa kering, muncul kerutan, iritasi, dan sensitif.

Baca juga: Kamu Hobi Olahraga? Ini 5 Tips yang Harus Diikuti Biar Kulitmu Tetap Cantik

3. Cara mengetahui pH kulit

cara mengetahui ph kulit
stylecraze.com

Cara mengetahui pH kulit memang gampang-gampang susah. Tapi supaya lebih mudah, selalu perhatikan kondisi wajahmu.

Saat wajah terasa kering dan sensitif, bisa jadi pH kulitmu terlalu tinggi. Kalau kulit terasa berminyak dan mudah berjerawat, kemungkinan level pH kamu rendah.

4. Cara menyeimbangkan pH wajah secara alami

cara menyeimbangkan ph kulit
instagram.com/haple.id

Menjaga keseimbangan pH kulit wajah bisa dilakukan dengan cara alami. Yakni memakai cuka apel atau Apple Cider Vinegar (ACV).

Khasiat cuka apel untuk kecantikan memang sangat banyak, salah satunya bisa menjaga keseimbangan pH kulit wajah. Nggak perlu ribet, kamu bisa manfaatkan bahan alami ini sebagai toner atau face mist.

5. Cara memilih skincare yang tepat

memilih skincare yang bagus
instagram.com/theklog

Selain dengan cara alami, kamu bisa menjaga keseimbangan pH kulit wajah dengan memilih skincare yang tepat. Karena sabun atau kosmetik yang beredar di pasaran kebanyakan memiliki pH 8-10.

Untuk itu, hindari produk yang kadar pH-nya nggak lebih dari 5,6. Kemudian jangan memilih cleanser atau facial wash yang mengandung sabun dan detergen.

Sebagai solusinya, pilih produk yang mengandung active ingredients seperti vitamin dan anti-oksidan. Selain membantu menyehatkan kulit, keduanya mampu mempercepat proses regenerasi dan melindungi wajah dari berbagai ancaman.

Baca juga: Mengenal Kehebatan AHA, BHA, dan PHA, Asam dalam Skincare yang Bikin Wajah Flawless

Nah, itulah serba-serbi pH kulit wajah yang perlu kamu ketahui sekaligus cara menyeimbangkannya. Sudah tahu kan sekarang kalau memerhatikan pH wajah itu sangat penting.

0 Comment