Jangan Dianggap Sama, Kulit Kering dan Dehidrasi Itu Beda Lho

21 August 2019, at 18:00
0
0
Jangan Dianggap Sama, Kulit Kering dan Dehidrasi Itu Beda Lho

Salah paham di dunia kecantikan agaknya bukan hal yang baru lagi. Seperti yang akan Qupas bahas kali ini, yakni tentang istilah kulit kering dan dehidrasi.

Ternyata, banyak yang menganggap kedua istilah ini punya arti yang sama. Kamu juga?

Eits, padahal kulit kering dan dehidrasi punya makna yang sangat berbeda lho. Nah, biar kamu nggak salah paham lagi, simak penjelasan dari Qupas berikut ini sampai habis ya!

1. Kulit Kering vs Kulit Dehidrasi

kulit kering dan dehidrasi
v10plus.co.jp

Kulit kering bisa dikelompokkan ke dalam salah satu tipe kulit. Kondisi ini terjadi akibat kurangnya minyak alami di dalam kulit dan bisa dipengaruhi oleh faktor genetik.

Sedangkan kulit dehidrasi umumnya hanya bersifat sementara dan bisa terjadi pada semua jenis kulit, termasuk berminyak, kombinasi, dan kulit kering. Kondisi ini terjadi karena kurangnya cairan di dalam kulit.

2. Ciri-ciri

ciri ciri kulit kering dan dehidrasi
janoos.ca

Secara kasat mata, kulit kering terkadang terasa kaku, kasar, elastisitasnya berkurang, pori-pori hampir nggak terlihat, muncul garis halus, hingga tampak kusam. Dalam keadaan parah, kulit kering juga bisa jadi terkelupas, pecah-pecah, dan iritasi.

Sedangkan kulit dehidrasi bisa ditandai dengan munculnya garis-garis halus, kulit terasa tertarik meski dalam keadaan sangat berminyak, dan terlihat kusam. Sebenarnya nggak beda jauh dengan ciri-ciri kulit kering.

Baca juga: 6 Skincare Berbahan Kaktus yang Bagus untuk Kulit Kering dan Dehidrasi

3. Penyebab

penyebab kulit kering dan dehidrasi
instagram.com/innisfreeofficial

Penyebab kulit kering bermacam-macam, bisa karena faktor genetik, usia, atau ketidakseimbangan hormon. Meski masuk ke dalam tipe kulit, bukan berarti kondisi ini nggak bisa berubah.

Berbagai faktor eksternal seperti perubahan cuaca, musim, dan produk perawatan kulit juga bisa membuat kulit jadi kering.

Sedangkan kulit dehidrasi biasanya disebabkan oleh faktor eksternal seperti polusi, konsumsi obat, kafein, over eksfoliasi, perubahan cuaca, dan berbagai kondisi lain yang membuat kandungan air dalam kulit terkuras.

4. Perawatan kulit kering dan dehidrasi

cara mengatasi kulit dehidrasi
instagram.com/innisfreeusa

Untuk merawat kulit kering, kamu wajib memakai pelembab dengan formula moisturizing. Karena skincare yang satu ini mampu mengunci kelembaban sekaligus menjaga kadar minyak alami yang ada di kulit.

Sedangkan cara mengatasi kulit dehidrasi, kamu bisa memakai produk yang bersifat hydrating. Skincare ini bukan sekedar melembabkan tapi juga mampu menambah kadar air di dalam kulit.

Selain itu, memperbanyak minum air putih dan mengurangi konsumsi kafein juga bisa membantu mencegah kulit dehidrasi.

5. Skincare untuk kulit kering dan dehidrasi

pelembab untuk kulit kering
instagram.com/thebodyshopindo

Kalau kamu mencari skincare untuk kulit kering, coba The Body Shop Vitamin E Intense Moisture Cream. Formulanya  diperkaya dengan vitamin E dari wheatgerm oil, raspberry extract, hyaluronic acid, dan aloe vera.

Bahan-bahan tersebut diklaim bisa melembabkan kulit hingga 48 jam lamanya. Sedangkan skincare untuk kulit dehidrasi, Banila Co Dear Hydration Boosting Cream bisa jadi pilihan yang tepat.

Pelembab wajah dari Korea ini terbuat dari ekstrak mint, basil, dan daun neem. Bahan-bahan inilah yang akan melindungi kulit dari polusi, mengurangi stres, dan menghidrasi wajah sepanjang hari.

Baca juga: 7 Pelembab Wajah Terbaik untuk Kulit Kering yang Harus Kamu Coba Sekarang Juga

Nah, itulah serba-serbi tentang kulit kering dan dehidrasi. Gimana, nggak bingung lagi kan sekarang?

0 Comment