Jangan Dibuang! Ini 8 Manfaat Kulit Pisang Bagi Kesehatan yang Nggak Boleh Diabaikan

14 September 2019, at 15:00
0
0
Jangan Dibuang! Ini 8 Manfaat Kulit Pisang Bagi Kesehatan yang Nggak Boleh Diabaikan

Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki banyak penggemar. Bukan hanya karena rasanya yang enak, namun khasiatnya bagi kesehatan pun sudah nggak perlu dipertanyakan.

Selain daging buahnya, ternyata kulit pisang juga punya banyak manfaat lho. Namun, rasanya yang sepat cenderung membuat orang membuangnya begitu saja. Padahal kalau diolah dengan tepat, kandungan di dalamnya ternyata sangat berkhasiat.

Penelitian yang diterbitkan dalam Applied Biochemistry and Biotechnologi pada tahun 2011 menyebutkan bahwa kulit pisang mengandung banyak antioksidan seperti karetenoid dan polifenol. Lalu apa saja sih manfaatnya bagi kesehatan?

1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

sistem kekebalan tubuh
bodymag.fi

Salah satu manfaat kulit pisang bagi kesehatan yaitu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kondisi tersebut dapat terjadi karena kandungan seratnya yang sangat tinggi.

Serat pada kulit pisang bisa membantu menciptakan bakteri pribiotik di usus besar yang menjadikan proses detoksifikasi tubuh berjalan lancar sehingga sistem kekebalan tubuh membaik.

2. Mengurangi Risiko Kanker

kulit pisang
seattletimes.com

Selain dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kulit pisang juga bermanfaat untuk mengurangi risiko kanker. Hal tersebut diperkirakan karena adanya kandungan antioksidan tinggi di dalamnya.

Karetenoid dan polifenol dianggap mampu melindungi sel dari ancaman mutasi yang bisa menyebabkan tumor dan kanker. Akan tetapi, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan manfaat tersebut.

3. Menurunkan Kolesterol

kolesterol
smartdetoxplus.net

Dilansir dari OMTimes, kulit pisang memiliki serat larut dan nggak larut yang lebih tinggi daripada daging buahnya. Kandungan tersebut sendiri dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Mengonsumsinya secara rutin akan membuat kolesterol stabil sehingga kamu terhindar dari masalah kesehatan seperti jantung dan stroke.

4. Membantu Pembentukan Otot

otot sehat
sportadictos.com

Selain mengandung antioksidan dan serat yang tinggi, kulit pisang ternyata juga memiliki kalium dan elekrolit di dalamnya.

Kedua kandungan tersebut dapat membantu pembentukan otot, metabolisme karbohidrat, dan mengatur asam basa dalam tubuh lho.

Baca Juga: Sering Dibuang, 8 Bagian Makanan Ini Justru Baik untuk Kesehatan

5. Baik untuk Kulit

baik untuk kulit
tasteofhome.com

Nggak hanya bisa mencegah berbagai penyakit, kulit pisang juga sangat baik bagi tubuh. Masalah seperti jerawat, kutil, keriput, bekas gigitan nyamuk dan lain sebagainya dapat dibereskan dengan rajin mengonsumsinya.

Native American News mengatakan bahwa dengan mengoleskan bagian dalam kulit pisang ke kulit tubuh yang bermasalah dapat menyembuhkannya apabila dilakukan secara rutin.

6. Melancarkan Pencernaan

pencernaan lancar
hellosehat.com

Seperti yang telah disebutkan di atas, kulit pisang memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga sangat baik bagi sistem pencernaan.

Bagi kamu yang sering mengalami sembelit, cobalah untuk mengonsumsi kulit pisang secara rutin dan buktikan sendiri khasiatnya.

7. Mengurangi Risiko Katarak

mata sehat
/thehowdyindonesia.com

Nggak dapat dipungkiri, seiring dengan bertambahnya usia maka akan semakin tinggi pula risiko terkena masalah kesehatan termasuk katarak. Mengonsumsi kulit pisang ternyata bisa membantu mencegahnya lho.

Dilansir dari Livestrong.com, kulit pisang mengandung lutein atau antioksidan yang berfungsi untuk melindungi mata dari radikal bebas dan radiasi UV yang berbahaya dari matahari. Senyawa tersebut telah terbukti mengurangi risiko katarak dan degenerasi makula pada mata.

Baca Juga: Vitamin A Saja Tidak Cukup, Lakukan 8 Kebiasaan Ini untuk Menjaga Kesehatan Mata

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa manfaat kulit pisang bagi kesehatan yang sayang apabila kamu lewatkan.

Kamu bisa mengonsumsinya dengan cara langsung bersama daging buahnya, direbus, panggang, goreng, atau bahkan dijadikan smootie bersama buah-buahan lainnya untuk mengurangi rasa sepat.

Namun perlu diingat bahwa sangat penting untuk mencuci kulit pisang terlebih dahulu untuk menghilangkan kotoran, bakteri, dan sisa pestisida yang mungkin masih menempel.

0 Comment