Jangan Dipaksa, Ini 6 Cara Mudah Membujuk Anak Minum Obat Tanpa Banyak Drama

17 November 2019, at 00:00
0
0
Jangan Dipaksa, Ini 6 Cara Mudah Membujuk Anak Minum Obat Tanpa Banyak Drama

Memasuki musim hujan, anak-anak biasanya rentan terhadap berbagai penyakit. Mulai dari flu, diare, dan lain sebagainya patut Bunda waspadai lho!

Apabila sudah terserang, si kecil mungkin akan lebih rewel dan membuat orang tua pusing tujuh keliling. Belum lagi kalau ia menolak minum obat, bisa-bisa muncul banyak drama!

Namun kamu nggak perlu khawatir, 6 tips berikut ini bisa kamu lakukan untuk membujuk anak minum obat tanpa banyak drama.

1. Tunjukkan Sikap Positif

membujuk anak minum obat
univision.com

Membujuk anak untuk minum obat memang terkadang bisa membuat orang tua menjadi frustasi. Meskipun demikian, ada baiknya apabila kamu nggak menunjukkan peraasaan tersebut kepada buah hati.

Sikap negatif tersebut akan membuat anak merasa terpojok dan dipaksa. Lebih baik, kamu menujukkan sikap positif seperti tenang dan sabar supaya buah hati merasa lebih nyaman dan percaya.

2. Beri Penjelasan

anak sakit
livecolliershill.com/

Selain menunjukkan sikap positif, kamu juga bisa memberikan penjelasan dengan cara yang sederhana kepada anak.

Cobalah untuk menjelaskan bagaimana cara kerja obat dan apa yang akan terjadi pada tubuhnya. Dengan demikian, anak akan mencoba memberanikan diri untuk meminumnya.

3. Biarkan Anak Memilih

anak minum obat
appletreebsd.com

Membiarkan anak memilih obat mana yang akan lebih dahulu diminumnya juga merupakan salah satu cara yang bisa Bunda gunakan.

Hal ini secara nggak langsung akan memberikan buah hati sebuah kontrol diri sehingga bisa mengatur sendiri bagaimana cara terbaik dan ternyaman versinya untuk mengonsumsi obat.

Baca Juga: Bunda Nggak Boleh Panik, Lakukan Ini Saat Si Kecil Sakit

4. Kombinasikan dengan Makanan

anak susah minum obat
appletreebsd.com

Cara lain yang dapat dilakukan untuk membujuk anak minum obat adalah dengan mengkombinasikannya dalam makanan kesukaan si kecil.

Akan tetapi, Bunda perlu berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu untuk mengetahui makanan apa saja yang aman dicampur dengan obat tersebut.

5. Berikan Hadiah dan Pujian

tips parenting
mammydaddy.co

Kamu juga bisa lho membujuk anak minum obat dengan iming-iming hadiah. Nggak perlu yang mahal, bahkan hadiah berupa waktu tambah untuk nonton Tv pun bisa digunakan.

Selain itu, jangan lupa untuk memberikan pujian kepada buah hati yang sudah mau dan berani minum obat ya!

6. Minta Bantuan Dokter

menghadapi anak sakit
flickr.com

Apabila kelima cara di atas nggak bisa membuat anak minum obat, Bunda bisa meminta bantuan dokter untuk membujuknya.

Dokter anak cenderung lebih terbiasa menghadapi situasi semacam itu sehingga membujuk anak minum obat bukanlah sesuatu hal yang baru dan lebih mudah untuk dilakukan.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa tips parenting terkait cara membujuk anak minum obat yang bisa kamu lakukan. Jangan dipaksa ya!

0 Comment