Jangan Dipaksa, Ini Tanda Jika Hubunganmu Sudah Tak Bisa Dilanjutkan

14 January 2019, at 14:00
0
0
Jangan Dipaksa, Ini Tanda Jika Hubunganmu Sudah Tak Bisa Dilanjutkan

Memang tidak mudah menerima dan mengakui bahwa hubungan asmaramu mengalami masalah. Semua orang pasti menginginkan hubungan yang baik-baik saja.

Akan tetapi pada kenyatannya, setiap jalinan kasih pasti akan diterpa oleh cobaan yang bisa jadi bermacam-macam.

Diantara hubungan-hubungan tersebut, terdapat beberapa yang harus dipertahankan dan sisanya lebih baik untuk dilepaskan.

Jika tanda-tanda ini ada dalam hubunganmu, sebaiknya kamu sadar dan mengakui bahwa semua itu sudah tidak bisa dilanjutkan.

1. Menyimpan Rahasia

menyimpan rahasia
pexels.com/@freestocks

Hubungan yang baik seharusnya memelihara kejujuran di dalamnya. Lalu bagaimana apabila sepasang kekasih saling menyembunyikan sesuatu?

Hal tersebut dapat menyakiti perasaan pasangan. Apalagi jika hal tersebut berhubungan dengan hubungan.

Kamu dan pasangan akan terus bertanya-tanya dan menerka-nerka tentang banyak hal apabila masih ada rahasia dan kebohongan di antara kalian.

2. Tidak Saling Menghargai

tidak saling menghargai
pexels.com/@dtanpt

Pasangan akan menjadi harmonis jika memiliki tingkat toleransi yang tinggi dan mampu menghargai pasangannya

Jika kamu dan pasangan sudah tidak saling menghargai, kamu perlu mempertanyakan pada hatimu apakah hubungan asmara kalian masih bisa dilanjutkan.

Tidak saling menghargai membuatmu dan pasangan selalu curiga apakah yang pasangan katakan merupakan kebenaran, sindiran, atau penghinaan.

3. Satu Mendominasi, Satu Tersakiti

satu mendominasi, satu tersakiti
pexels.com/@vera-arsic-304265

Kamu selalu ingin mendominasi dalam sebuah hubungan? Coba bayangkan jika kamu ada di posisi pasangan, mungkin dia akan tersakiti dengan caramu.

Dorongan untuk mendominasi seringkali disalah artikan sebagai bentuk dari rasa sayang. Namun cara seperti ini akan membuat pasangan tertekan.

Jika kamu merupakan orang yang tersakiti dalam sebuah hubungan, jangan mengelak dan akuilah bahwa hubunganmu sudah tidak bisa dilanjutkan. Pasangan seharusnya memiliki porsi yang seimbang.

4. Cemburu Berlebihan

cemburu berlebihan
pexels.com/@pixabay

Cemburu dalam batasan normal memang merupakan sebuah tanda atau sebagai bentu rasa sayang pada pasangan.

Namun cemburu yang berlebihan akan membuat pasangan menjadi tidak nyaman dan bahkan bisa membuat pasangan menyembunyikan sesuatu.

Jelaskan pada pasangan bahwa hubungan kalian bisa bertahan jika ada rasa saling percaya di dalamnya. Jika tidak, hubungan tersebut akan penuh dengan rasa curiga dan kekecewaan.

Baca Juga: Cara Menyudahi Hubungan yang Hambar agar Tidak Semakin Mengenaskan

5. Tidak Cemburu

tidak cemburu
pexels.com/@pixabay

Tidak merasakan cemburu sama sekali ketika melihat pasangan dekat dengan orang lain juga merupakan tanda bahwa hubunganmu sudah tidak sehat, lho.

Apalagi jika hal tersebut kamu lakukan karena kamu juga memikirkan dan dekat dengan orang lain. Hmm, lebih baik akhiri saja hubungan kalian.

6. Membandingkan Pacar dengan Mantan

membandingkan pacar dengan mantan
pexels.com/@augi

Pacar sudah tidak lagi menjadi orang yang kamu bangga-banggakan pada orang lain. Kamu justru senang membandingkannya dengan mantanmu.

Hal ini mungkin karena kamu sudah tidak sayang atau merasa bahwa pasanganmu “kurang”.

Jika kamu ada di posisi yang dibandingkan, pasti menyakitkan, ya? Jangan mengelak dan mengatakan kamu baik-baik saja. Kalau sudah kuat, tidak ada salahnya untuk berhenti berjuang.

7. Terpenjara

terpenjara
pexels.com/@lucas-dutra-274472

Hasrat untuk memiliki merupakan hal yang wajar dalam sebuah hubungan asmara. Namun jika sudah kelewat batas dan kamu merasa terisolasi dari dunia luar, bagaimana? Hubunganmu dan pasangan sudah memasuki hubungan yang tidak wajar, lho.

Apalagi jika kamu sudah memutuskan hubungan dengan sahabat-sahabat tersayang karena dipaksa oleh pasangan yang posesif. Hmm, lebih baik hubungan kalian disudahi saja. Hubungan asmara seharusnya memberikan rasa aman, bukan terpenjara.

8. Kekarasan

kekerasan
pexels.com/@enginakyurt

Kalau untuk yang satu ini pasti sudah tahu kan kenapa menjadi indikator bahwa hubunganmu sudah tidak pantas berlanjut.

Baik kamu atau pasanganmu yang menggunakan kekerasan, hubungan kalian sudah tidak bisa dikategorikan sebagai hubungan yang sehat.

Jika kamu merupakan korban, sadar lah bahwa kamu harusnya pergi dari hubungan tersebut. Jika sulit, mintalah bantuan pada sahabat atau orang-orang terdekat.

Bagaimana, dari 8 tanda yang ada, ada hubunganmu dengan pasangan tidak? Kalau iya, jangan munafik. Melanjutkan jalinan asmara yang sudah tidak sehat tidak akan membuatmu dan pasangan bahagia.

Kalian justru akan merasa tersiksa dan saling menyakiti. Bukan karena sudah tidak saling mecintai, terkadang sebuah hubungan memang harusnya disudahi karena berbagai hal yang menyakiti.

0 Comment