Qupas Family

Jangan Dipercaya, 5 Mitos Hamil Anak Kembar Ini Perlu Kamu Ketahui Faktanya

28 May 2020, at 05:00
Jangan Dipercaya, 5 Mitos Hamil Anak Kembar Ini Perlu Kamu Ketahui Faktanya

Mengandung anak kembar merupakan kebahagiaan tersendiri bagi ibu. Akan tetapi, selain rasa bahagia calon orang tua juga mungkin merasakan banyak kekhawatiran.

Apalagi, ada banyak mitos hamil anak kembar yang beredar dan masih dipercaya oleh banyak orang. Kira-kira apa saja ya?

1. Morning Sickness Parah Berarti Hamil Anak Kembar

Hamil Anak Kembar (Foto: health.com)
health.com

Pernah mendengar bahwa orang yang hamil anak kembar akan mengalami morning sickness parah? Muntah dan mual pada ibu hamil dipengaruhi oleh hormon HCG yang diproduksi lebih banyak pada kehamilan kembar.

Akan tetapi, bukan berarti mengalami morning sickness parah selalu menjadi tanda hamil anak kembar lho! Faktanya, kondisi tersebut dapat dipengaruhi oleh banyak hal termasuk kesehatan ibu hamil.

2. Hamil Anak Kembar Nggak Bisa Melahirkan Normal

Mitos Hamil Anak Kembar (Foto: romper.com)
romper.com

Mitos hamil anak kembar lainnya adalah nggak bisa melahirkan normal. Faktanya, tetap ada kemungkinan untuk melakukan persalinan normal kok!

Hal tersebut dipengaruhi oleh posisi janin. Pada kehamilan kembar, ibu bisa melahirkan secara normal apabila kepala bayi berada di jalan lahir.

3. Semua Anak Kembar Lahir Prematur

Hamil Bayi Kembar (Foto: verywellfamily.com)
verywellfamily.com

Ada banyak orang yang percaya bahwa anak kembar akan selalu lahir prematur (sebelum minggu ke-37 kehamilan). Bahkan, The March of Dimes menyebutkan bahwa semakin tinggi kelipatan jumlah bayi dalam kandungan, maka semakin besar risiko ibu untuk melahirkan prematur.

Meskipun demikian, bukan berarti semua ibu yang hamil anak kembar akan melahirkan sebelum waktunya. Kelahiran prematur dapat dicegah dengan menjalani pola hidup sehat selama masa kehamilan.

Baca juga: 6 Tanda Hamil Anak Laki-Laki Ini Ternyata Cuma Mitos, Kamu Masih Percaya?

4. Bayi yang Keluar Pertama Adalah Adik

Mitos Hamil Kembar (Foto: 123rf.com)
123rf.com

Sekali dalam seumur hidup, kamu pasti pernah mendengar mitos tentang hamil anak kembar yang satu ini. Katanya, bayi yang lahir pertama adalah adik sedangkan yang lahir kemudian adalah kakak karena ia rela berkorban agar saudaranya keluar terlebih dahulu.

Kamu percaya sama mitos ini? Faktanya, secara medis bayi yang keluar terlebih dahulu tetap tercatat sebagai kakak lho!

5. Salah Satu Bayi Mengalami Kurang Gizi

Mitos Hamil Bayi Kembar (Foto: s-momclub.com)
s-momclub.com

Ada juga mitos yang menyebutkan bahwa saat hamil anak kembar, salah satu bayi pasti akan mengalami kurang gizi atau kelainan.

Meskipun nggak sepenuhnya mitos karena hal tersebut mungkin saja terjadi, akan tetapi nggak semua ibu hamil kembar mengalaminya kok! Pastikan kamu melakukan konsultasi rutin dengan dokter kandungan sehingga bisa mendeteksi perkembangan janin.

Itu dia 5 mitos hamil anak kembar yang mungkin pernah kamu dengar dan percayai. Sekarang sudah tahu faktanya, kan?